Show simple item record

dc.contributor.authorAZIZ, Abdul
dc.date.accessioned2023-10-04T06:54:22Z
dc.date.available2023-10-04T06:54:22Z
dc.date.issued2023-01-16
dc.identifier.nim190803104058en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/118135
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 4 Oktober 2023_Kurnadien_US
dc.description.abstractSejak diberlakukannya sistem pemerintahan desentralisasi, kecamatan memiliki peranan penting dalam proses penyelenggaraan pemerintahan. Oleh karena itu, pemerintah kecamatan saat ini harus mampu mengelola sistem informasi yang baik sehingga dapat digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan. Kecamatan Kalisat merupakan salah satu kecamatan dibawah naungan pemerintah Kabupaten Jember yang tidak terlepas dari transaksi penggajian. Menurut Mulyadi (2001), gaji didefinisikan sebagai pembayaran atas penyerahan jasa yang dilakukan oleh karyawan yang mempunyai jenjang jabatan, sedangkan upah umumnya merupakan pembayaran atas penyerahan jasa yang dilakukan oleh karyawan pelaksana. Umumnya gaji dibayarkan secara tetap per bulan, sedangkan upah dibayarkan berdasarkan hari kerja, jam kerja atau jumlah satuan produk yang dihasilkan. Sehingga proses penggajian dapat dijalankan dengan baik tanpa adanya penyelewengan yang terjadi. Kesalahan perhitungan gaji dapat diminimalisir dengan keberadaan sistem informasi dan pengendalian internal penggajian. Pengendalian internal sangat penting dalam sistem informasi akuntansi karena merupakan kebijakan dan prosedur yang melindungi aktiva dari penyalahgunaan, memastikan bahwa informasi akurat, dan memastikan bahwa peraturan dipatuhi sebagaimana mestinya. Dengan adanya sistem informasi akuntansi yang memadai pada sistem penggajian tersebut, maka pemerintah kecamatan Kalisat dapat menghasilkan informasi yang berguna untuk kepentingan lembaga pendidikan. Guna memastikan sistem perencanaan dan pengelolaan keuangan dapat berjalan dengan baik, saat ini kecamatan telah menggunakan aplikasi Sistem Informasi Kepegawaian dan Kinerja ASN Online (SIKEREN). Sikeren Merupakan singkatan dari Sistem Informasi Kepegawaian dan Kinerja ASN Online. Aplikasi ini berfungsi untuk meningkatkan kinerja ASN. Aplikasi Sikeren terintegrasi dengan data kepegawaian dan pengembangan sumber daya manusia yang berhubungan dengan pendapatan dan tunjangan yang akan diterima oleh ASN di Jember. Aplikasi ini diharapkan dapat membantu dalam proses perencanaan dan pengelolaan keuangan khususnya di wilayah Jember. Sehingga dalam proses perencanaan dan pengelolaan keuangan, instansi pemerintah tidak lagi mengelola secara manual. Salah satunya pada Kabupaten Jember khususnya Kecamatan Kalisat yang telah menerapkan aplikasi Sikeren. Kantor Kecamatan Kalisat telah menggunakan aplikasi ini sejak tahun 2021.en_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing utama : Rochman Effendi, S.E., M.Si., Ak. Dan Dosen Pembimbing anggota : Moch. Shulthoni, S.E, MSA., CSRAen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Ekonomi dan Bisnisen_US
dc.subjectASNen_US
dc.subjectAplikasi SIKERENen_US
dc.titlePenerapan Tambahan Penghasilan Pegawai ASN Menggunakan Aplikasi SiKeren pada Kantor Kecamatan Kalisaten_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiAkuntansien_US
dc.identifier.pembimbing1Rochman Effendi SE., MSi., Aken_US
dc.identifier.pembimbing2Moch. Shulthoni SE, MSA., CRSAen_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_ratna_juli_2023_14en_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record