Show simple item record

dc.contributor.authorFIRDAUS, Yossy Zam Zam
dc.date.accessioned2023-10-02T05:06:37Z
dc.date.available2023-10-02T05:06:37Z
dc.date.issued2023-06-05
dc.identifier.nim170210302054en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/118089
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 2 Oktober 2023_Kurnadien_US
dc.description.abstractPembelajaran sejarah memiliki peran penting dalam membentuk karakter peserta didik dan berperan penting dalam memberikan pemahaman nilai-nilai peristiwa di masa lampau kepada peserta didik sebagai generasi penerus bangsa (Afwan, dkk. 2020). Pembelajaran sejarah diharapkan dapat mengikuti perkembangan zaman, terutama dalam perkembangan teknologi, karena perkembangan teknologi saat ini dapat mendorong keleluasaan ilmu pengetahuan dalam menembus dimensi ruang dan waktu. Berdasarkan latar belakang di atas, dilakukan penelitian tentang ketersediaan media pembelajaran sejarah. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini sebagai berikut: (1) bagaimana ketersediaan media pembelajaran sejarah di SMAN Ambulu?; (2) bagaimana ketersediaan media pembelajaran sejarah yang sesuai dengan tuntutan kurikulum merdeka di SMAN Ambulu? Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mengetahui ketersediaan media pembelajaran sejarah di SMAN Ambulu; (2) mengetahui ketersediaan media pembelajaran sejarah yang sesuai dengan tuntutan kurikulum merdeka di SMAN Ambulu. Pada penelitian ini jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian deskriptif adalah jenis penelitian yang berfokus pada suatu keadaan atau fenomena (Sugiyono, 2017:7). Metode observasi adalah metode yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini. Dalam penelitian ini metode observasi yang digunakan oleh peneliti berupa pengamatan dan pencatatan terkait dengan ketersediaan media pembelajaran sejarah. Lembar observasi ketersediaan media pembelajaran merupakan teknik pengumpulan data yang menjadi salah satu acuan peneliti dalam menganalisis ketersediaan media di sekolah yang akan diteliti. Tujuan dilakukannya penelitian ini guna untuk mengidentifikasi serta mendeskripsikan ketersediaan media pembelajaran sejarah yang terdapat di SMAN Ambulu Hasil penelitian menunjukkan bawha; (1) ketersediaan media pembelajaran berupa media gambar dan poster, (2) ketersediaan media pembelajaran berupa media foto,(3) ketersediaan media pembelajaran berupa media rekaman, (4) ketersediaan media pembelajaran berupa media film, (5) ketersediaan media pembelajaran berupa media video, (6) ketersediaan media pembelajaran berupa media buku teks, (7) ketersediaan media pembelajaran berupa media modul dan teks terprogram, (8) ketersediaan media pembelajaran berupa permainan seperti media teka-teki dan simulasi, (9) ketersediaan media pembelajaran berupa media teleconference bentuknya berupa media zoom meeting, (10) ketersediaan media pembelajaran berupa media artificial intelligence (AI) seperti quizziz.. Kesimpulan menunjukkan bahwa: (1) teridentifikasi berdasarkan observasi, 100% pendidik mata pelajaran sejarah di SMAN Ambulu menggunakan media visual yang diproyeksikan dan media cetak. Bentuk media yang digunakan yakni berupa gambar, poster, foto, buku, teks, modul, dan teks terprogram; (2) teridentifikasi berdasarkan observasi, beberapa pendidik menggunakan media digital untuk mendukung terlaksanakannya program kurikulum merdeka. 100% pendidik mata pelajaran sejarah di SMAN Ambulu menggunakan media berbasis telekomunikasi berbentuk teleconference seperti zoom meeting. 50% pendidik di SMAN Ambulu menggunakan media artificiall intelegence (AI) seperti quizziz. Berdasarkan hasil analisis deskripsi data penelitian yang telah dilakukan, maka saran yang dapat diberikan adalah; (1) bagi peneliti yang akan melakukan penelitian sejenis, penelitian ini dapat digunakan sebagai referensi untuk dikembangkan dalam instrument penelitian dan populasi yang lebih luas; (2) bagi pendidik mata pelajaran sejarah, diharapkan hasil penelitian ini dapat membantu dalam menentukan Langkah perencanaan persiapan pembelajaran dan membantu mendapat informasi terkait letak keterbatasan media pembelajaran sejarah di masing-masing sekolah sehingga dapat menentukan Langkah inovasi, modifikasi, dan variasi dalam pembelajaran sejarah sehingga mampu mencapai tingkat keberhasilan yang ingin dicapai; (3) bagi peneliti selanjutnya agar mengidentifikasi media pembelajaran secara khusus yang digunakan dalam pembelajaran sejarahen_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing Utama : Dr. Nurul Umamah, M.Pd. Dosen Pembimbing Anggota : Dr. Sumardi, M.Hum.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectAnalisis Ketersediaanen_US
dc.subjectPembelajran Sejarahen_US
dc.subjectKabupaten Jemberen_US
dc.titleAnalisis Ketersediaan Media Pembelajaran Sejarah di SMAN Ambuluen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Sejarahen_US
dc.identifier.pembimbing1Dr. Nurul Umamah, M.Pden_US
dc.identifier.pembimbing2Dr. Sumardi M.Humen_US
dc.identifier.validatorKacung- 7 Juli 2023en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record