dc.contributor.author | LOVITA, Tri Indah | |
dc.date.accessioned | 2023-09-11T22:48:23Z | |
dc.date.available | 2023-09-11T22:48:23Z | |
dc.date.issued | 2023-05-31 | |
dc.identifier.nim | 190210205053 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/117850 | |
dc.description | Finalisasi repositori 12 September 2023_Kurnadi | en_US |
dc.description.abstract | Strategi pemasaran lembaga sekolah merupakan taktik yang dilakukan oleh
pihak sekolah dalam memasarkan lembaga sekolahnya dengan memberikan
pelayanan terbaik dalam rangka menjaring minat konsumen jasa. Untuk
mempertahankan grafik jumlah peserta didik, dalam hal ini pihak lembaga
memerlukan beberapa bentuk strategi diantaranya strategi produk, strategi biaya,
strategi distribusi/penyaluran, dan strategi kreativitas/perlombaan. Berdasarkan
hasil observasi di KB Al Baitul Amien Jember terdapat peningkatan jumlah peserta
didik hampir 50% dari tahun sebelumnya oleh karena itu, strategi apa yang
digunakan pihak lembaga untuk meningkatkan dan mempertahankan grafik jumlah
peserta didik. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana strategi pemasaran
lembaga sekolah di Kelompok Bermain Al Baitul Amien Jember Kecamatan
Patrang Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2022 / 2023? sehingga, tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi pemasaran lembaga sekolah di
Kelompok Bermain Al Baitul Amien Jember Kecamatan Patrang Kabupaten
Jember Tahun Pelajaran 2022 / 2023.
Penelitian yang digunakan yakni penelitian deskriptif kualitatif. Subjek
penelitiannya adalah Kepala Sekolah, guru, dan orangtua di KB Al Baitul Amien
Jember Kecamatan Patrang Kabupaten Jember. Metode pengumpulan data yang
dipakai dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik
analisis data yang digunakan yakni pengumpulan data, reduksi data, penyajian data
dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil dari penelitian, strategi pemasaran lembaga di KB Al
Baitul Amien Jember meliputi strategi produk, strategi biaya, strategi distribusi/ penyaluran, dan strategi kreativitas/ perlombaan. Untuk strategi produk yang
dihasilkan oleh KB Al Baitul Amien Jember adalah peserta didik yang memiliki
banyak prestasi, lulusan dari KB tersebut minimal bisa tilawati PAUD, keunggulan
sekolah yang memiliki beragam ektrakurikuler, dan menerapkan kurikulum
merdeka. Strategi biaya yang dibebankan oleh konsumen jasa hanya dibebankan di
awal dan dapat diangsur sampai sebelum peserta didik masuk kegiatan
pembelajaran, selain itu ada beberapa program pembiayaan khusus yang diberikan
oleh lembaga untuk meringankan beban pembiayaan sekolah. Untuk strategi
distribusi/ penyaluran, lokasi sekolah sangat strategis, nyaman, aman dan memiliki
beragam fasilitas yang sangat layak untuk penunjang pembelajaran sekolah. Selain
itu, tenaga pendidik yang mengajar di KB Al Baitul Amien Jember sebagian besar
sudah berkualifikasi S1 PAUD sehingga tidak dapat diragukan lagi ke
profesionalannya. Untuk strategi kreativitas dan perlombaan, di KB Al Baitul
Amien Jember memiliki program perlombaan sebagai ajang promosi sekolah
dengan mengenalkan keunggulan-keunggulan sekolah serta mudah menarik
orangtua agar mendaftarkan anaknya di KB tersebut.
Saran dari peneliti untuk KB Al Baitul Amien Jember Kecamatan Patrang
Kabupaten Jember yaitu dalam program perlombaan “GEMAS” seharusnya lebih
banyak membuat inovasi perlombaan untuk usia sebelum masuk PAUD sehingga
peluang peserta didik baru dari ajang perlombaan tersebut semakin banyak. | en_US |
dc.description.sponsorship | Dosen Pembimbing 1 : Laily Nur Aisiyah, S.Pd., M.Pd.
Dosen Pembimbing 2 : Ahmad Afandi, M.Pd.I | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | Pemasaran Lembaga Sekolah | en_US |
dc.subject | Kelompok Bermain | en_US |
dc.subject | Kabupaten Jember | en_US |
dc.title | Strategi Pemasaran Lembaga Sekolah di Kelompok Bermain Al Baitul Amien Jember Kecamatan Patrang Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2022 / 2023 | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Laily Nur Aisiyah,S.Pd. M.Pd | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Ahmad Afandi, M.Pd.I | en_US |
dc.identifier.validator | Kacung- 4 Juli 2023 | en_US |