Show simple item record

dc.contributor.authorLOVITA, Tri Indah
dc.date.accessioned2023-09-11T22:48:23Z
dc.date.available2023-09-11T22:48:23Z
dc.date.issued2023-05-31
dc.identifier.nim190210205053en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/117850
dc.descriptionFinalisasi repositori 12 September 2023_Kurnadien_US
dc.description.abstractStrategi pemasaran lembaga sekolah merupakan taktik yang dilakukan oleh pihak sekolah dalam memasarkan lembaga sekolahnya dengan memberikan pelayanan terbaik dalam rangka menjaring minat konsumen jasa. Untuk mempertahankan grafik jumlah peserta didik, dalam hal ini pihak lembaga memerlukan beberapa bentuk strategi diantaranya strategi produk, strategi biaya, strategi distribusi/penyaluran, dan strategi kreativitas/perlombaan. Berdasarkan hasil observasi di KB Al Baitul Amien Jember terdapat peningkatan jumlah peserta didik hampir 50% dari tahun sebelumnya oleh karena itu, strategi apa yang digunakan pihak lembaga untuk meningkatkan dan mempertahankan grafik jumlah peserta didik. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana strategi pemasaran lembaga sekolah di Kelompok Bermain Al Baitul Amien Jember Kecamatan Patrang Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2022 / 2023? sehingga, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi pemasaran lembaga sekolah di Kelompok Bermain Al Baitul Amien Jember Kecamatan Patrang Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2022 / 2023. Penelitian yang digunakan yakni penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitiannya adalah Kepala Sekolah, guru, dan orangtua di KB Al Baitul Amien Jember Kecamatan Patrang Kabupaten Jember. Metode pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yakni pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil dari penelitian, strategi pemasaran lembaga di KB Al Baitul Amien Jember meliputi strategi produk, strategi biaya, strategi distribusi/ penyaluran, dan strategi kreativitas/ perlombaan. Untuk strategi produk yang dihasilkan oleh KB Al Baitul Amien Jember adalah peserta didik yang memiliki banyak prestasi, lulusan dari KB tersebut minimal bisa tilawati PAUD, keunggulan sekolah yang memiliki beragam ektrakurikuler, dan menerapkan kurikulum merdeka. Strategi biaya yang dibebankan oleh konsumen jasa hanya dibebankan di awal dan dapat diangsur sampai sebelum peserta didik masuk kegiatan pembelajaran, selain itu ada beberapa program pembiayaan khusus yang diberikan oleh lembaga untuk meringankan beban pembiayaan sekolah. Untuk strategi distribusi/ penyaluran, lokasi sekolah sangat strategis, nyaman, aman dan memiliki beragam fasilitas yang sangat layak untuk penunjang pembelajaran sekolah. Selain itu, tenaga pendidik yang mengajar di KB Al Baitul Amien Jember sebagian besar sudah berkualifikasi S1 PAUD sehingga tidak dapat diragukan lagi ke profesionalannya. Untuk strategi kreativitas dan perlombaan, di KB Al Baitul Amien Jember memiliki program perlombaan sebagai ajang promosi sekolah dengan mengenalkan keunggulan-keunggulan sekolah serta mudah menarik orangtua agar mendaftarkan anaknya di KB tersebut. Saran dari peneliti untuk KB Al Baitul Amien Jember Kecamatan Patrang Kabupaten Jember yaitu dalam program perlombaan “GEMAS” seharusnya lebih banyak membuat inovasi perlombaan untuk usia sebelum masuk PAUD sehingga peluang peserta didik baru dari ajang perlombaan tersebut semakin banyak.en_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing 1 : Laily Nur Aisiyah, S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing 2 : Ahmad Afandi, M.Pd.Ien_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectPemasaran Lembaga Sekolahen_US
dc.subjectKelompok Bermainen_US
dc.subjectKabupaten Jemberen_US
dc.titleStrategi Pemasaran Lembaga Sekolah di Kelompok Bermain Al Baitul Amien Jember Kecamatan Patrang Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2022 / 2023en_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dinien_US
dc.identifier.pembimbing1Laily Nur Aisiyah,S.Pd. M.Pden_US
dc.identifier.pembimbing2Ahmad Afandi, M.Pd.Ien_US
dc.identifier.validatorKacung- 4 Juli 2023en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record