PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING UNTUK MENGURANGI KESALAHAN MENYELESAIKAN SOAL PERSAMAAN KUADRAT SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 JEMBER TAHUN AJARAN 2012/2013
Abstract
Penelitian dilaksanakan di SMK Negeri 1 Jember kelas X AP 3 dengan subjek
penelitian sebanyak 37 siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini
adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pendekatan penelitian yang digunakan
adalah pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data adalah
metode observasi, wawancara, dan tes. Dalam penelitian ini menggunakan dua siklus.
Data yang dianalisis meliputi persentase aktivitas siswa melalui observasi dan
kesalahan siswa menyelesaikan soal tes.
Berdasarkan analisis data, diperoleh bahwa pembelajaran kooperatif tipe
snowball throwing berjalan sesuai rencana dan dapat menumbuhkan keaktifan siswa
dalam kegiatan pembelajaran. Aktivitas siswa pada siklus I tergolong aktif dengan
persentase sebesar 74,67% dan pada siklus II tergolong sangat aktif dengan
persentase sebesar 80,63%. Kecenderungan kesalahan yang dilakukan siswa adalah
kesalahan teknik. Hal ini dikarenakan siswa kurang teliti dalam menyelesaikan soal.
Jumlah persentase kesalahan pada tes pendahuluan sebesar 70,18%, pada tes akhir I
sebesar 45,28%, dan pada tes akhir II sebesar 11,83%. Berdasarkan hasil analisis
tersebut, diketahui bahwa pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing mampu
mengurangi kesalahan yang dilakukan siswa kelas X SMK Negeri 1 Jember dalam
menyelesaikan soal persamaan kuadrat.