• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUB POKOK BAHASAN OPERASI BILANGAN PECAHAN KELAS VIIA SEMESTER GANJIL SMP NEGERI 1 MUNCAR TAHUN AJARAN 2012/2013

    Thumbnail
    View/Open
    Bilvia Priscanita_1.pdf (414.8Kb)
    Date
    2013-12-24
    Author
    Bilvia Priscanita
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIIA SMPN 1 Muncar. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 30 Oktober sampai 8 November 2012. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang menggunakan dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Siklus I terdapat 2 kali pembelajaran dan 1 kali tes akhir siklus. Pembelajaran 1 membahas operasi penjumlahan pecahan, pembelajaran 2 membahas operasi pengurangan pecahan, dan tes siklus 1 berisi tentang materi penjumlahan dan pengurangan pecahan. Siklus II juga terdiri dari dua pembelajaran dan 1 kali tes akhir siklus. Pembelajaran 3 membahas operasi perkalian pecahan, pembelajaran 4 membahas operasi pembagian dan perpangkatan pecahan serta tes siklus II berisi tentang materi perkalian,pembagian dan perpangkatan pecahan. Metode pengumpulan data yang dilakukan observasi sebelum dan pada saat penelitian, wawancara kepada guru dan siswa, dokumentasi, dan tes pada akhir siklus I dan siklus II. Berdasarkan hasil penelitian, aktivitas guru dalam menerapkan pembelajaran kooperatif NHT adalah 88,35% pada siklus I menjadi 91,65% pada siklus II. Aktivitas siswa (individu) meningkat dari 68% pada siklus I menjadi 82,4% pada siklus II. Selain aktivitas individu, aktivitas kelompok juga dianalisis. Hasil analisisnya yaitu 51,9% pada siklus I menjadi 60,9% pada siklus II, yang berarti juga mengalami peningkatan. Hasil belajar siswa pada siklus I belum mencapai ketuntasan dengan persentase 40,6% sedangkan pada siklus II telah mencapai ketuntasan dengan persentase 75%. Berdasarkan data-data tersebut, diketahui bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa selama menggunakan pembelajaran kooperatif tipe NHT.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/11777
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15435]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository