PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUB POKOK BAHASAN OPERASI BILANGAN PECAHAN KELAS VIIA SEMESTER GANJIL SMP NEGERI 1 MUNCAR TAHUN AJARAN 2012/2013
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas
VIIA SMPN 1 Muncar. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 30 Oktober sampai
8 November 2012. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang
menggunakan dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Siklus I terdapat 2 kali
pembelajaran dan 1 kali tes akhir siklus. Pembelajaran 1 membahas operasi
penjumlahan pecahan, pembelajaran 2 membahas operasi pengurangan pecahan, dan
tes siklus 1 berisi tentang materi penjumlahan dan pengurangan pecahan. Siklus II
juga terdiri dari dua pembelajaran dan 1 kali tes akhir siklus. Pembelajaran 3
membahas operasi perkalian pecahan, pembelajaran 4 membahas operasi pembagian
dan perpangkatan pecahan serta tes siklus II berisi tentang materi
perkalian,pembagian dan perpangkatan pecahan. Metode pengumpulan data yang
dilakukan observasi sebelum dan pada saat penelitian, wawancara kepada guru dan
siswa, dokumentasi, dan tes pada akhir siklus I dan siklus II.
Berdasarkan hasil penelitian, aktivitas guru dalam menerapkan
pembelajaran kooperatif NHT adalah 88,35% pada siklus I menjadi 91,65% pada
siklus II. Aktivitas siswa (individu) meningkat dari 68% pada siklus I menjadi 82,4%
pada siklus II. Selain aktivitas individu, aktivitas kelompok juga dianalisis. Hasil
analisisnya yaitu 51,9% pada siklus I menjadi 60,9% pada siklus II, yang berarti juga
mengalami peningkatan. Hasil belajar siswa pada siklus I belum mencapai
ketuntasan dengan persentase 40,6% sedangkan pada siklus II telah mencapai
ketuntasan dengan persentase 75%. Berdasarkan data-data tersebut, diketahui bahwa
terdapat peningkatan hasil belajar siswa selama menggunakan pembelajaran
kooperatif tipe NHT.