dc.contributor.author | JANUARIZKI, Chaliza Dini | |
dc.date.accessioned | 2023-08-30T05:11:03Z | |
dc.date.available | 2023-08-30T05:11:03Z | |
dc.date.issued | 2023-05-19 | |
dc.identifier.nim | 190210204280 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/117766 | |
dc.description | validasi_repo_firli_agustus_2023_15;Finalisasi oleh Taufik Tgl 30 Agustus 2023 | en_US |
dc.description.abstract | Pembelajaran Bahasa di SD perlu diberikan sebagai penunjang keberhasilan
siswa mempelajari bidang studi lainnya. Peranan bahasa bagi siswa diantaranya
dapat melakukan komunikasi dalam pembelajaran khususnya keterampilan
menulis. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara guru kelas IV tanggal
11 Oktober 2022 di SDN 4 Sumberberas, Kecamatan Muncar, Kabupaten
Banyuwangi diketahui bahwa siswa masih kurang mampu dalam mengembangkan
kreativitas dan imajinasinya untuk membuat ide dan gagasan dalam bentuk tulis.
Siswa cenderung kesulitan tentang apa yang hendak ditulis. Oleh karena itu, perlu
adanya model pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan permasalahan yang ada,
misalnya model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write. Pengertian model
pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write merupakan model pembelajaran
yang secara umum menghendaki terbentuknya siswa belajar secara berkelompok.
Terdapat tiga tahapan penting dalam model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk
Write yaitu berpikir, berbicara, dan menulis.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu “adakah pengaruh yang
signifikan dalam model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write dengan
media kartu gambar terhadap keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas IV
SDN 4 Sumberberas Banyuwangi?” Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk
mengetahui pengaruh yang signifikan dalam model pembelajaran kooperatif tipe
Think Talk Write dengan media kartu gambar terhadap keterampilan menulis
karangan narasi siswa kelas IV SDN 4 Sumberberas Banyuwangi.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, yaitu dengan cara
memberikan perlakuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif
tipe Think Talk Write dengan media kartu gambar terhadap keterampilan menulis
karangan narasi siswa kelas IV SDN 4 Sumberberas Banyuwangi. Penelitian ini
menggunakan 2 kelas yaitu sebagai kelas kontrol dan kelas eksperimen. Sampel
yang digunakan ialah kelas IV 1 dan IV 2 SDN 4 Sumberberas Banyuwangi
semester genap tahun pelajaran 2022/2023. Penentuan sampel penelitian dengan
random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan ialah observasi,
wawancara, tes kinerja, validasi data, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang
digunakan ialah independent sample t-test.
Hasil perhitungan independent sample t-test menunjukkan bahwa nilai
𝑡ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 yang diperoleh adalah sebesar 4,087 sedangkan nilai 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 pada taraf
signifikansi 5% adalah 2,003. Jika kedua nilai ini dibandingkan maka didapat
𝑡ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 > 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙, sehingga dapat diputuskan bahwa hipotesis penelitian diterima.
Artinya ada pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran kooperatif tipe
Think Talk Write dengan media kartu gambar terhadap keterampilan menulis
karangan narasi siswa kelas IV SDN 4 Sumberberas Banyuwangi. Saran dalam
penelitian ini, sebaiknya model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write
dikreasikan dengan media pembelajaran dan mata pelajaran yang berbeda agar
menghasilkan penelitian lebih luas. | en_US |
dc.description.sponsorship | Hari Satrijono, M.Pd dan Nindya Nurdianasari, S.Pd., M.Pd. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Pendidikan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | MODEL PEMBELAJARAN | en_US |
dc.subject | PEMBELAJARAN KOOPERATIF | en_US |
dc.subject | THINK TALK WRITE | en_US |
dc.subject | KETERAMPILAN MENULIS | en_US |
dc.subject | PEMBELAJARAN BAHASA | en_US |
dc.title | Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write dengan Media Kartu Gambar Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas IV SDN 4 Sumberberas Banyuwangi | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Hari Satrijono, M.Pd. | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Nindya Nurdianasari, S.Pd., M.Pd. | en_US |
dc.identifier.validator | validasi_repo_firli_agustus_2023_15 | en_US |
dc.identifier.finalization | Taufik | en_US |