Show simple item record

dc.contributor.authorJANUARIZKI, Chaliza Dini
dc.date.accessioned2023-08-30T05:11:03Z
dc.date.available2023-08-30T05:11:03Z
dc.date.issued2023-05-19
dc.identifier.nim190210204280en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/117766
dc.descriptionvalidasi_repo_firli_agustus_2023_15;Finalisasi oleh Taufik Tgl 30 Agustus 2023en_US
dc.description.abstractPembelajaran Bahasa di SD perlu diberikan sebagai penunjang keberhasilan siswa mempelajari bidang studi lainnya. Peranan bahasa bagi siswa diantaranya dapat melakukan komunikasi dalam pembelajaran khususnya keterampilan menulis. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara guru kelas IV tanggal 11 Oktober 2022 di SDN 4 Sumberberas, Kecamatan Muncar, Kabupaten Banyuwangi diketahui bahwa siswa masih kurang mampu dalam mengembangkan kreativitas dan imajinasinya untuk membuat ide dan gagasan dalam bentuk tulis. Siswa cenderung kesulitan tentang apa yang hendak ditulis. Oleh karena itu, perlu adanya model pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan permasalahan yang ada, misalnya model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write. Pengertian model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write merupakan model pembelajaran yang secara umum menghendaki terbentuknya siswa belajar secara berkelompok. Terdapat tiga tahapan penting dalam model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write yaitu berpikir, berbicara, dan menulis. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu “adakah pengaruh yang signifikan dalam model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write dengan media kartu gambar terhadap keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas IV SDN 4 Sumberberas Banyuwangi?” Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh yang signifikan dalam model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write dengan media kartu gambar terhadap keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas IV SDN 4 Sumberberas Banyuwangi. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, yaitu dengan cara memberikan perlakuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write dengan media kartu gambar terhadap keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas IV SDN 4 Sumberberas Banyuwangi. Penelitian ini menggunakan 2 kelas yaitu sebagai kelas kontrol dan kelas eksperimen. Sampel yang digunakan ialah kelas IV 1 dan IV 2 SDN 4 Sumberberas Banyuwangi semester genap tahun pelajaran 2022/2023. Penentuan sampel penelitian dengan random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, wawancara, tes kinerja, validasi data, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan ialah independent sample t-test. Hasil perhitungan independent sample t-test menunjukkan bahwa nilai 𝑡ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 yang diperoleh adalah sebesar 4,087 sedangkan nilai 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 pada taraf signifikansi 5% adalah 2,003. Jika kedua nilai ini dibandingkan maka didapat 𝑡ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 > 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙, sehingga dapat diputuskan bahwa hipotesis penelitian diterima. Artinya ada pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write dengan media kartu gambar terhadap keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas IV SDN 4 Sumberberas Banyuwangi. Saran dalam penelitian ini, sebaiknya model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write dikreasikan dengan media pembelajaran dan mata pelajaran yang berbeda agar menghasilkan penelitian lebih luas.en_US
dc.description.sponsorshipHari Satrijono, M.Pd dan Nindya Nurdianasari, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Pendidikan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectMODEL PEMBELAJARANen_US
dc.subjectPEMBELAJARAN KOOPERATIFen_US
dc.subjectTHINK TALK WRITEen_US
dc.subjectKETERAMPILAN MENULISen_US
dc.subjectPEMBELAJARAN BAHASAen_US
dc.titlePengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write dengan Media Kartu Gambar Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas IV SDN 4 Sumberberas Banyuwangien_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Guru Sekolah Dasaren_US
dc.identifier.pembimbing1Hari Satrijono, M.Pd.en_US
dc.identifier.pembimbing2Nindya Nurdianasari, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_firli_agustus_2023_15en_US
dc.identifier.finalizationTaufiken_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record