dc.contributor.author | LESTARI, Ayu | |
dc.date.accessioned | 2023-08-23T22:12:02Z | |
dc.date.available | 2023-08-23T22:12:02Z | |
dc.date.issued | 2023-05-31 | |
dc.identifier.nim | 190210204140 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/117697 | |
dc.description | validasi_repo_firli_juni_2023_23
Finalisasi repositori 23 Agustus 2023_Kurnadi | en_US |
dc.description.abstract | Kemendikbud merumuskan bahwa dalam strategi pembelajaran di abad-21
menguatkan proses pembelajaran yang menekan pada keterampilan berfikir kritis,
kreatif & inovatif, kolaboratif, komunikatif dan bertumpu pada siswa Salah satu
upaya mencapai strategi pembelajaran abad-21 yaitu konsep pembelajaran creativity
and innovation yang artinya siswa pada konsep ini membiasakan dirinya untuk
melakukan serta menjelaskan tiap ide yang muncul dipikirannya. Penerapan konsep
kreatif dalam abad-21 diperlukan model pembelajaran yang mengarahkan siswa
untuk aktif dan berkreasi dalam menemukan gagasan yang baru. Salah satu model
pembelajaran yang sesuai untuk meningkatkan kreatifitas siswa yaitu model projectbased learning dengan model ini siswa mampu mengeksplor ilmu pengetahuan
dalam pengalaman yang nyata dilingkungan sekitar. Upaya yang dapat dilakukan
guru untuk mengembangkan kreativitas siswa dengan menggunakan model
pembelajaran interaktif salah satunya yaitu model project-based learning berbasis
pemanfaatan barang bekas karena siswa bebas mengeksplor dan berkreasi sesuai
kemampuannya dengan mengintegrasikan pemanfaatan barang bekas sebagai media
pembelajaran untuk membantu pemahaman siswa pada materi siklus air.Tujuan
penelitian untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model project-based
learning berbasis pemanfaatan barang bekas terhadap kemampuan berpikir kreatif
siswa kelas V SDN Kotakulon 1 Bondowoso pada materi siklus air.
Jenis penelitian yang digunakan eksperimen dengan desain quasi eksperimen
pola Non Equivalent Control Group. Adapun dalam kelas kontrol dan kelas
eksperimen ditentukan menggunakan uji homogenitas. Setiap kelas diberikan pretest
dalam mengukur kemampuan siswa sebelum mendapatkan materi. Kelompok
kontrol tidak diberikan perlakuan sedangkan kelompok eksperimen diberikan
perlakuan (treatment). Tempat penelitian di SDN Kotakulon 1 yang berada di
Kecamatan Bondowoso, Kabupaten Bondowoso Jawa Timur pada semester genap
tahun pelajaran 2022/2023. Data pendukung dari dilakukannya penelitian ini yaitu
hasil wawancara dan observasi bersama guru kelas V dan nilai penilaian tengah
semester (PTS) .
Hasil analisis uji-t bahwa thitung ≥ ttabel yaitu 4,725 ≥ 1,988. Berdasarkan data
yang diperoleh data tersebut Ha diterima H0 ditolak dengan pernyataan bahwa
terdapat pengaruh model project-based learning berbasis pemanfaatan barang bekas
terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas V SDN Kotakulon 1 Bondowoso
pada materi siklus air. Hasil uji keefektifan relatif menunjukkan hasil penggunaan
model project-based learning berbasis pemanfaatan barang bekas 33% lebih efektif
dari penggunaan model small group discussion.
Kesimpulan yang dapat ditarik bahwa model project-based learning berbasis
pemanfaatan barang bekas pada materi siklus air memberikan pengaruh terhadap
kemampuan berpikir kreatif siswa V SDN Kotakulon 1 Bondowoso. Saran pada
penelitian ini bagi guru guru dapat memperkenalkan bahwa barang-barang bekas
yang tak terpakai bisa menjadi barang yang berguna sebagai proyek dalam
pembelajaran selain itu guru dapat mengelola kelas saat siswa berdiskusi dan
mengerjakan lembar kerja membuat kelas menjadi lebih efektif dan kondusif.
Penggunaan model project-based learning dapat mengembangkan kemampuan
berpikir kreatif dan menciptakan kemampuan yang dimiliki siswa dan siswa
dibebaskan dalam mengekspresikan dirinya serta menimbulkan ketertarikan dalam
mengikuti pembelajaran. Bagi peneliti lain dapat menjadi salah satu sumber referensi
dalam mengembangkan penelitian berikutnya. Peneliti lain dapat mengintegrasikan
barang bekas dalam proyek pembelajaran, selain itu dalam menentukan barang bekas
yang dibuat sebagai proyek perlu dipertimbangkan agar mudah ditemukan. | en_US |
dc.description.sponsorship | Dosen Pembimbing Utama : Agustiningsih, S.Pd.,M.Pd.
Dosen Pembimbing Anggota : Arik Aguk Wardoyo, S.Pd.,M.Pfis. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | PROJECT-BASED LEARNING | en_US |
dc.subject | BERPIKIR KREATIF | en_US |
dc.subject | SIKLUS AIR | en_US |
dc.subject | PEMBELAJARAN TEMATIK | en_US |
dc.title | Pengaruh Model Project-based Learning berbasis Pemanfaatan Barang Bekas terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas V SDN Kotakulon Bondowoso pada Materi Siklus Air | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Agustiningsih, S.Pd.,M.Pd. | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Arik Aguk Wardoyo, S.Pd.,M.Pfis. | en_US |
dc.identifier.validator | validasi_repo_firli_juni_2023_23 | en_US |