• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARIAS (ASSURANCE, RELEVANCE, INTEREST, ASSESMENT, SATISFACTION) UNTUK MENGURANGI KESALAHAN MENYELESAIKANSOAL KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 JEMBER TAHUN AJARAN 2012/201

    Thumbnail
    View/Open
    Azmy Juhayla_1.pdf (356.9Kb)
    Date
    2013-12-24
    Author
    Azmy Juhayla
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Jember kelas X AP1 dengan subyek penelitian sebanyak 37 siswa pada tanggal 16 Februari 2013 sampai tanggal 11 April 2013. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data pada penelitian ini adalah metode observasi, wawancara, dan tes. Data yang dianalisis adalah persentase aktivitas siswa berdasarkan hasil observasi dan persentase kesalahan siswa berdasarkan tes pendahuluan, tes akhir 1, dan tes akhir 2. Berdasarkan jumlah persentase kesalahan siswa tampak kesalahan siswa berkurang. Pada tes pendahuluan jumlah persentase kesalahan siswa adalah 98,11% dengan rata-rata persentase kesalahan sebesar 19,62%. Pada tes akhir 1 jumlah persentase kesalahan siswa sebesar 97,64% dengan rata-rata persentase kesalahan sebesar 19,53%. Tetapi pada tes akhir 1 terjadi peningkatan pada beberapa jenis kesalahan. Peningkatan tersebut tidak terlalu besar. Pada tes akhir 2 jumlah persentase ini menurun menjadi 45,95% dengan rata-rata persentase kesalahan sebesar 9,19%. Hasil tes siswa menunjukkan bahwa pada tes pendahuluan, tes akhir 1, dan tes akhir 2 mengalami peningkatan. Berdasarkan hasil tes dan analisis kesalahan dapat dikatakan bahwa secara umum persentase kesalahan siswa mempengaruhi nilai rata-rata siswa, tetapi secara individu persentase kesalahan siswa tidak mempengaruhi nilai siswa. Hal ini terjadi karena kesalahan yang banyak terjadi adalah kesalahan-kesalahan kecil seperti tidak lengkap memasukkan data (tidak menuliskan satuan) sehingga tidak terlalu mempengaruhi nilai siswa. Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat dilihat bahwa penerapan model pembelajaran ARIAS dapat mengurangi kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal keliling dan luas bangun datar sehingga pembelajaran ini dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran matematika.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/11768
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15435]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository