Show simple item record

dc.contributor.authorAKMAL, Muhamad Arju Nabilul
dc.date.accessioned2023-08-21T22:04:22Z
dc.date.available2023-08-21T22:04:22Z
dc.date.issued2022-12-14
dc.identifier.nim181910701028en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/117653
dc.descriptionvalidasi_repo_firli_juli_2023_10 Finalisasi repositori 22 Agustus 2023_Kurnadien_US
dc.description.abstractLaut Indonesia sebagai salah satu aset negara memberikan banyak manfaat bagi kehidupan manusia. Karena itu banyak kegiatan atau aktivitas laut di wilayah perairan Indonesia, seperti pada daerah Puger Jember, Jawa timur. Puger adalah salah satu kecamatan yang berada di Kabupaten Jember, yang mayoritas penduduk memiliki mata pencaharian sebagai nelayan. Kapal ikan nelayan khas daerah pantai selatan khususnya di Jember dari waktu kewaktu mengalami perkembangan bentuk. Dalam pembangunan kapal masih terpaku pada pengalaman pembangunan sebelumnya tanpa dasar perencanaan desain yaitu, sebagian besar masih dikerjakan secara konvensional dengan acuan secara turun temurun menyesuaian kondisi perairan laut setempat. Kondisi kapal harus mampu menghadapi segala situasi di perairan ketika berlayar. Namun pada situasi tertentu, tidak semua kapal bisa bertahan menghadapi kondisi buruk tersebut. Terbukti terjadi kecelakaan kapal nelayan terbalik di perairan selatan puger pada bulan juli tahun 2018 yang menyebabkan 9 orang meninggal dunia. Kapal harus memililki spesifikasi yang mampu menstabilkan dinamika kapal dimana ketika mendapatkan momen gelombang cukup besar dari luar, kapal harus bisa kembali tegak ke kondisi normal. Berdasarkan hal tersebut, penulis mencobamemodifikasi desain kapal ikan puger dengan menambahan skeg pada bagian lambung kapal. Skeg adalah salah satu bentuk modifikasi seperti sirip pada bagian lambung kapal untuk menjaga olah gerak kapal saat menerima gelombang dari luar. Penelitian dengan judul “Analisis Pengaruh Penambahan Skeg Terhadap Gerak Rolling Pada Kapal Nelayan Di Puger Menggunakan Metode Strip-Theory” ini, melakukan perbandingan besarnya nilai seakeeping kapal dari kapal ikan dengan skeg dan tanpa skeg serta pengaruh variasi ukuran dan dimensi skeg terhadap seakeeping kapal. Diharapkan hasil penelitian dapat memberikan informasi dan rekomendasi desain mengenai pengaruh skeg untuk mengurangi gerak rolling kapal nelayan di Puger. Hasil analisis seakeeping kapal menunjukan hasil nilai RMS roll kapal menggunakan skeg lebih kecil dibandingkan kapal tanpa menggunakan skeg. Pada heading 90 deg saat kecepatan kapal 13 knot dan tinggi gelombang 2 meter, kapal tanpa skeg menghasilkan nilai RMS roll 0.654 deg/m. Lalu untuk hasil pengujian kapal menggunakan skeg, kemiringan roll kapal dapat diredam sebesar 17% sehingga menghasilkan nilai RMS roll sebesar 0.5387 deg/m. Dapat dikatakan bahwa penambahan skeg pada desain lambung kapal nelayan di Puger memberikan efek positif untuk meredam gerak rolling kapal. Pengujian selanjutnya yaitu menentukan bentuk optimal skeg. Berdasarkan hasil analisis, dari empat variasi bentuk (A, B, C, dan D), bentuk B adalah bentuk skeg opotimal yang menghasilkan nilai roll yang paling rendah yaitu RMS roll sebesar 0.5381 deg/m. Pengujian terakhir merupakan aspek dimensi skeg yang paling opotimal.Berdasarkan hasil analisis, variasi dimensi skeg dari aspek hambatan variasi C dinilai terlalu besar kenaikannya yaitu 11% dari variasi B. Sedangkan, jika dilihat dari aspek nilai rolling kapal, terjadi penurunan yang tidak terlalu besar dari variasi B ke C yaitu sebesar 0.14 %. Sehingga ditentukan variasi dimensi B merupakan dimensi yang optimal.en_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing Utama : Hery Indria Dwi Puspita, S.Si., M.T Dosen Pembimbing Anggota : Ahmad Yasim, S.T., M.T.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Tekniken_US
dc.subjectGERAK KAPALen_US
dc.subjectGERAK ROLLINGen_US
dc.subjectMETODE STRIP-THEORYen_US
dc.subjectTEORI SEAKEEPINGen_US
dc.titleAnalisis Pengaruh Penambahan Skeg Terhadap Gerak Rolling pada Kapal Nelayan di Puger Menggunakan Metode Strip-Theoryen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiTeknik Konstruksi Perkapalanen_US
dc.identifier.pembimbing1Hery Indria Dwi Puspita, S.Si., M.Ten_US
dc.identifier.pembimbing2Ahmad Yasim, S.T., M.T.en_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_firli_juli_2023_10en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record