Show simple item record

dc.contributor.authorTUBAGUS, Okky Putra Begawan
dc.date.accessioned2023-08-16T07:29:42Z
dc.date.available2023-08-16T07:29:42Z
dc.date.issued2023-05-10
dc.identifier.nim190210104068en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/117634
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 16 Agustus 2023_Kurnadien_US
dc.description.abstractPembelajaran abad ke 21 merupakan pembaharuan dari pembelajaran era sebelumnya. Saat ini pengetahuan siswa dalam materi tidak akan cukup untuk menjamin kesuksesan apabila tidak dibarengi keterampilan khusus. 4 C merupakan keterampilan yang dibutuhkan oleh siswa untuk menghadapi kemajuan IPTEK di era ini. 4 C terdiri dari empat keterampilan dasar, yang salah satunya keterampilan kolaborasi. Keterampilan kolaborasi merupakan keterampilan untuk saling bekerja sama dalam tim dengan tujuan meraih kesuksesan bersama-sama. Keterampilan ini dibutuhkan oleh siswa karena dapat melatih kerja sama, tanggung jawab, komunikasi, disiplin, dan manajemen waktu. Apabila keterampilan ini tidak dilatih maka akan berdampak negatif pada kehidupan individu seperti mempengaruhi cara pandang terhadap orang lain, bersikap individual/egois, tidak mampu bekerja dalam satu tim, bahkan bisa saja dijauhi oleh rekan. Fakta menunjukkan bahwa keterampilan kolaborasi siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Ajung rendah. Hal ini disebabkan karena kurangnya penggunaan bahan ajar yang cocok untuk melatih keterampilan kolaborasi siswa. Dalam hal ini, peneliti mengembangkan E-LKPD berbasis komik untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi siswa. E-LKPD berbasis komik dapat dikatakan layak dan dapat digunakan harus memenuhi tiga syarat yaitu valid, praktis, dan efektif. Oleh sebab itu, tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) mengkaji validitas E-LKPD berbasis komik pada materi sistem pencernaan manusia dalam meningkatkan keterampilan kolaborasi siswa SMP kelas VIII; (2) mengkaji kepraktisan E-LKPD berbasis komik pada materi sistem pencernaan manusia dalam meningkatkan keterampilan kolaborasi siswa SMP kelas VIII; (3) mengkaji keefektifan E-LKPD berbasis komik pada materi sistem pencernaan manusia dalam meningkatkan keterampilan kolaborasi siswa SMP kelas VIII. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan atau research and development (R&D). Desain penelitian yang digunakan adalah desain ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu: analyze, design, development, implementation, dan evaluation. Teknik analisis data yang digunakan untuk mengetahui validitas produk yaitu angket validasi, untuk mengetahui kepraktisan produk yaitu dengan angket keterlaksanaan pembelajaran dan angket respons siswa terhadap produk, serta angket penilaian keterampilan kolaborasi siswa untuk mengetahui keefektifan. Hasil validitas E-LKPD berbasis komik sebesar 84% dengan kategori valid. Hasil tersebut diperoleh dari rata-rata nilai aspek keterbacaan, kegrafikan, dan kelayakan isi. Hasil kepraktisan E-LKPD berbasis komik berdasarkan keterlaksanaan pembelajaran sebesar 89,19% dengan kategori sangat praktis dan respons siswa sebesar 87% dengan kategori sangat positif. Berdasarkan hasil tersebut produk pengembangan dapat memenuhi kepraktisan. Hasil keefektifan diperoleh dari penilaian keterampilan kolaborasi siswa. Penilaian keterampilan kolaborasi pertemuan 1 sebesar 36,04%, pertemuan 2 sebesar 58,91%, dan pertemuan 3 sebesar 82,86%. Dapat diketahui bahwa terdapat peningkatan pada setiap pertemuan sehingga dapat disimpulkan bahwa E-LKPD berbasis komik cukup efektif dalam meningkatkan keterampilan kolaborasi siswa. Berdasarkan penilaian tersebut, dapat disimpulkan bahwa E-LKPD berbasis komik memenuhi syarat keefektifan. Berdasarkan data penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa E-LKPD berbasis komik pada materi sistem pencernaan manusia untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi siswa SMP kelas VIII SMP telah memenuhi syarat valid, praktis, dan efektif. Dengan demikian, E-LKPD berbasis komik dapat dikatakan layak dan dapat digunakan sebagai bahan ajar pada materi sistem pencernaan manusia untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi siswa SMP kelas VIII.en_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing utama : Prof. Dr. I Ketut Mahardika, M.Si. Dosen Pembimbing anggota : Aris Singgih Budiarso, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectE-LKPDen_US
dc.subjectPENGEMBANGANen_US
dc.subjectKETRAMPILAN KOLABORASI SISWAen_US
dc.titlePengembangan E-LKPD Berbasis Komik pada Materi Sistem Pencernaan Manusia untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Siswa SMP Kelas VIIIen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan IPAen_US
dc.identifier.pembimbing1Prof. Dr. I Ketut Mahardika, M.Si.en_US
dc.identifier.pembimbing2Aris Singgih Budiarso, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_iswahyudi_juni_2023_23en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record