Show simple item record

dc.contributor.authorALIM, Sameeha
dc.date.accessioned2023-08-16T06:57:01Z
dc.date.available2023-08-16T06:57:01Z
dc.date.issued2023-02-17
dc.identifier.nim170210402115en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/117625
dc.descriptionvalidasi_repo_firli_juni_2023_22 Finalisasi unggah file repositori tanggal 15 Agustus 2023_Kurnadien_US
dc.description.abstractBahasa merupakan alat yang cukup penting dalam segala aspek kehidupan, khususnya dalam aspek pendidikkan. Pembelajaran bahasa pada hakikatnya diarahkan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam berkomunikasi baik secara lisan maupun tulis dengan baik dan benar. Beberapa kesalahan penggunaan bahasa yang sering terjadi antara lain: kesalahan penggunaan ejaan dan pemilihan kata, kesalahan pembentuk kata, kesalahan penyusunan kalimat. Kesalahan tersebut merupakan kesalahan yang sering dilakukan oleh siswa dan termasuk kesalahan berbahasa dalam aspek penggunaan ejaan dan pemilihan kata. Permasalahan yang sering ditemui guru dalam mengajarkan bahasa dengan keterampilann menulis dalam karangan ini berkaitan dengan kemampuan berbahasa siswa, sehingga memungkinkan banyak terjadi kesalahan berbahasa pada siswa terutama dalam aspek penggunaan ejaan dan pemilihan kata. Oleh karena itu analisis kesalahan penggunaan ejaan dan pemilihan kata tersebut perlu dilakukan sehingga guru dapat mencari alternatif untuk memperbaikinya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana bentuk kesalahan berbahasa tataran ejaan pada karangan narasi siswa Kelas VII SMP Mahad As-saqafah Al-Islamiah Patani (Thailand Selatan)? 2) Bagaimana bentuk kesalahan berbahasa tataran pemilihan kata pada karangan narasi siswa Kelas VII SMP Mahad As-saqafah Al-Islamiah Patani (Thailand Selatan)? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggali dan mendeskripsikan bentuk kesalahan berbahasa pada tataran ejaan dan pemilihan kata dalam karangan narasi karya siswi kelas VII SMP Mahad As-safaqah Al-Islamiah Patani (Thailand Selatan). Penelitian ini dilaksanakan di Mahad As-saqafah Al-Islamiah Patani (Thailand Selatan). Dengan jumlah siswa kelas VII SMP sebanyak 25 orang, yang terdiri dari 13 laki-laki dan 12 perempuan. Rancangan penelitian ini yakni penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data penelitian ini berupa kalimat yang diindikasikan terdapat kesalahan penggunaan tataran ejaan dan pemilihan kata pada karangan narasi karya siswa kelas VII SMP Mahad Assafaqah Al-Islamiah Patani (Thailand Selatan), Hasil dan pembahasan penelitian menunjukkan bahwa (1) kesalahan penggunaan huruf kapital pada karangan narasi siswa Kelas VII SMP Mahad AsSaqafah Al-Islamiah Patani (Thailand Selatan) meliputi kesalahan penulisan pada judul karangan kesalahan penulisan kata di awal kalimat, kesalahan penulisan unsur nama orang, kesalahan penulisan pada huruf pertama nama tahun, bulan, hari, dan hari raya, kesalahan penulisan nama khas geografi, dan kesalahan penulisan kata yang menunjukkan hubungan kekerabatan Kesalahan pemilihan kata pada karangan narasi meliputi kesalahan penggunaan kata bersinonim, kesalahan penggunaan kata umum dan khusus, dikarenakan interferensi bahasa ibu terhadap bahasa kedua, kurangnya pemahaman siswa mengenai aturan penggunaan huruf kapital dan pemilihan kata, sikap siswa yang kurang peduli terhadap penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Saran yang dapat diberikan berdasarkan hasil penelitian yang berjudul “Kesalahan Berbahasa pada Karangan Narasi Siswa Kelas VII SMP Mahad AsSaqafah Al-Islamiah Patani (Thailand Selatan)” yaitu (1) bagi mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia bisa dijadikan sebagai contoh untuk melakukan penelitian sejenis berkaitan dengan kesalahan berbahasa dengan mengembangkan topik secara lebih menarik dan mengkaji lebih dalam mengenai topik bahasan; (2) bagi peneliti lain yang sebidang ilmu, disarankan untuk mengembangkan aspek-aspek lain yang tidak terjangkau oleh peneliti sehingga dihasilkan penelitian selanjutnya.en_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing utama : Dr. Parto, M.Pd; Dosen Pembimbing anggota : Ahmad Syukron, S.Pd., M.Pden_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectKESALAHAN BERBAHASAen_US
dc.subjectKESALAHAN EJAANen_US
dc.subjectPEMILIHAN KATAen_US
dc.subjectKARANGAN NARASIen_US
dc.titleKesalahan Berbahasa pada Karangan Narasi Siswa Kelas VII SMP Mahad Assaqafah Al-Islamiah Patani (Thailand Selatan)en_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesiaen_US
dc.identifier.nidk198407222015041001en_US
dc.identifier.pembimbing1Dr.Parto, M.Pd.en_US
dc.identifier.pembimbing2Ahmad Syukron, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_firli_juni_2023_22en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record