dc.contributor.author | ALIM, Sameeha | |
dc.date.accessioned | 2023-08-16T06:57:01Z | |
dc.date.available | 2023-08-16T06:57:01Z | |
dc.date.issued | 2023-02-17 | |
dc.identifier.nim | 170210402115 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/117625 | |
dc.description | validasi_repo_firli_juni_2023_22
Finalisasi unggah file repositori tanggal 15 Agustus 2023_Kurnadi | en_US |
dc.description.abstract | Bahasa merupakan alat yang cukup penting dalam segala aspek kehidupan, khususnya dalam aspek pendidikkan. Pembelajaran bahasa pada hakikatnya diarahkan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam berkomunikasi baik secara lisan maupun tulis dengan baik dan benar. Beberapa kesalahan penggunaan bahasa yang sering terjadi antara lain: kesalahan penggunaan ejaan
dan pemilihan kata, kesalahan pembentuk kata, kesalahan penyusunan kalimat.
Kesalahan tersebut merupakan kesalahan yang sering dilakukan oleh siswa dan termasuk kesalahan berbahasa dalam aspek penggunaan ejaan dan pemilihan kata. Permasalahan yang sering ditemui guru dalam mengajarkan bahasa dengan keterampilann menulis dalam karangan ini berkaitan dengan kemampuan berbahasa siswa, sehingga memungkinkan banyak terjadi kesalahan berbahasa
pada siswa terutama dalam aspek penggunaan ejaan dan pemilihan kata. Oleh karena itu analisis kesalahan penggunaan ejaan dan pemilihan kata tersebut perlu dilakukan sehingga guru dapat mencari alternatif untuk memperbaikinya.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana bentuk kesalahan berbahasa tataran ejaan pada karangan narasi siswa Kelas VII SMP Mahad As-saqafah Al-Islamiah Patani (Thailand Selatan)? 2) Bagaimana bentuk kesalahan berbahasa tataran pemilihan kata pada karangan narasi siswa Kelas VII SMP Mahad As-saqafah Al-Islamiah Patani (Thailand Selatan)? Adapun
tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggali dan mendeskripsikan bentuk kesalahan berbahasa pada tataran ejaan dan pemilihan kata dalam karangan narasi karya siswi kelas VII SMP Mahad As-safaqah Al-Islamiah Patani (Thailand Selatan).
Penelitian ini dilaksanakan di Mahad As-saqafah Al-Islamiah Patani (Thailand Selatan). Dengan jumlah siswa kelas VII SMP sebanyak 25 orang, yang terdiri dari 13 laki-laki dan 12 perempuan. Rancangan penelitian ini yakni penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data penelitian ini berupa
kalimat yang diindikasikan terdapat kesalahan penggunaan tataran ejaan dan pemilihan kata pada karangan narasi karya siswa kelas VII SMP Mahad Assafaqah Al-Islamiah Patani (Thailand Selatan),
Hasil dan pembahasan penelitian menunjukkan bahwa (1) kesalahan penggunaan huruf kapital pada karangan narasi siswa Kelas VII SMP Mahad AsSaqafah Al-Islamiah Patani (Thailand Selatan) meliputi kesalahan penulisan pada judul karangan kesalahan penulisan kata di awal kalimat, kesalahan penulisan unsur nama orang, kesalahan penulisan pada huruf pertama nama tahun, bulan,
hari, dan hari raya, kesalahan penulisan nama khas geografi, dan kesalahan penulisan kata yang menunjukkan hubungan kekerabatan Kesalahan pemilihan kata pada karangan narasi meliputi kesalahan penggunaan kata bersinonim, kesalahan penggunaan kata umum dan khusus, dikarenakan interferensi bahasa ibu terhadap bahasa kedua, kurangnya pemahaman siswa mengenai aturan
penggunaan huruf kapital dan pemilihan kata, sikap siswa yang kurang peduli terhadap penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
Saran yang dapat diberikan berdasarkan hasil penelitian yang berjudul “Kesalahan Berbahasa pada Karangan Narasi Siswa Kelas VII SMP Mahad AsSaqafah Al-Islamiah Patani (Thailand Selatan)” yaitu (1) bagi mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia bisa dijadikan sebagai contoh untuk
melakukan penelitian sejenis berkaitan dengan kesalahan berbahasa dengan mengembangkan topik secara lebih menarik dan mengkaji lebih dalam mengenai topik bahasan; (2) bagi peneliti lain yang sebidang ilmu, disarankan untuk mengembangkan aspek-aspek lain yang tidak terjangkau oleh peneliti sehingga dihasilkan penelitian selanjutnya. | en_US |
dc.description.sponsorship | Dosen Pembimbing utama : Dr. Parto, M.Pd;
Dosen Pembimbing anggota : Ahmad Syukron, S.Pd., M.Pd | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | KESALAHAN BERBAHASA | en_US |
dc.subject | KESALAHAN EJAAN | en_US |
dc.subject | PEMILIHAN KATA | en_US |
dc.subject | KARANGAN NARASI | en_US |
dc.title | Kesalahan Berbahasa pada Karangan Narasi Siswa Kelas VII SMP Mahad Assaqafah Al-Islamiah Patani (Thailand Selatan) | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia | en_US |
dc.identifier.nidk | 198407222015041001 | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Dr.Parto, M.Pd. | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Ahmad Syukron, S.Pd., M.Pd. | en_US |
dc.identifier.validator | validasi_repo_firli_juni_2023_22 | en_US |