dc.contributor.author | MISLUBI, Muhammad Ali Ridlo | |
dc.date.accessioned | 2023-08-15T03:24:31Z | |
dc.date.available | 2023-08-15T03:24:31Z | |
dc.date.issued | 2023-04-11 | |
dc.identifier.nim | 180910202097 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/117617 | |
dc.description | Finalisasi unggah file repositori tanggal 15 Agustus 2023_Kurnadi | en_US |
dc.description.abstract | Pengaruh Brand Image dan Brand Trust terhadap Keputusan Pembelian
Konsumen Smartphone Xiaomi di Jember; Muhammad Ali Ridlo Mislubi;
180910202097; 2023; 104 halaman; Program Studi Administrasi Bisnis Fakultas
Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Jember.
Penggunaan smartphone di Indonesia dalam beberapa tahun ini semakin banyak.
Mengutip laporan dari we are social (2022) menunjukkan bahwa pengguna
smartphone di Indonesia melebihi total populasi penduduknya. Menurut data
tersebut, total populasi penduduk Indonesia tahun 2022 sebanyak 277,7 juta (tahun
2021: 274,9 juta/naik 1%), dan pengguna smartphone mencapai 370,1 juta. Data
tersebut didukung dengan total penjualan smartphone di Indonesia pada tahun 2021
menurut International Data Corporation (IDC) yang mencapai 40,9 juta unit atau
meningkat 11% (year on year).
Salah satu merek smartphone yang populer di Indonesia adalah Xiaomi. Menurut
laporan IDC Indonesia tahun 2021, penjualan smartphone Xiaomi berada di posisi
kedua dengan pangsa pasar sebesar 19,8%, dan jumlah total pengiriman sebesar 8,1
juta unit atau mengalami pertumbuhan tertinggi sebesar 34,2% year on year (yoy).
Brand image memiliki posisi penting dalam mempengaruhi keputusan pembelian
konsumen, karena salah satu keputusan dalam struktur pembelian adalah keputusan
mengenai pilihan merek. Konsumen tidak hanya membeli suatu produk sebagai
komoditas, tetapi juga membeli nilai simbolis yang terkandung pada merek.
Konsumen akan lebih mudah untuk mengidentifikasi merek yang telah tertanam di
benak mereka. Brand trust merupakan suatu kondisi ketika salah satu pihak yang
terlibat dalam proses pertukaran percaya pada keandalan dan integritas pihak lain.
Brand trust adalah suatu harapan yang tinggi bahwa suatu merek akan memberikan
hasil yang positif, dan perasaan aman yang dimiliki konsumen dalam interaksinya
dengan suatu merek yang didasarkan pada persepsi bahwa merek dapat diandalkan
dan bertanggung jawab terhadap kepentingan dan kesejahteraan konsumen.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand image dan brand trust
terhadap keputusan pembelian smartphone Xiaomi melalui sudut pandang
konsumen Xiaomi Shop Grand Cellular Jember. Teknik pengambilan sampel yang
digunakan adalah non probability sampling dengan metode purposive sampling
yang memberikan kriteria-kriteria tertentu pada responden dengan jumlah sampel
sebanyak 105 responden. Penelitian ini menggunakan data primer yang
dikumpulkan dengan kuisioner. Metode analisis yang digunakan yaitu analisis
regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini telah diuji dengan hasil bahwa
brand image (X₁) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen
(Y); brand trust (X₂) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian
konsumen (Y), brand image (X₁) dan brand trust (X₂) secara simultan berpengaruh
terhadap keputusan pembelian konsumen (Y). | en_US |
dc.description.sponsorship | Dosen Pembimbing utama : Dr. Edy Wahyudi, S.Sos., M.M
Dosen Pembimbing anggota : Drs. Didik Eko Julianto, M.AB | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik | en_US |
dc.subject | BRAND IMAGE | en_US |
dc.subject | BRAND TRUST | en_US |
dc.subject | KEPUTUSAN PEMBELIAN | en_US |
dc.title | Pengaruh Brand Image dan Brand Trust terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Smartphone Xiaomi di Jember | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Ilmu Administrasi Bisnis | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Dr. Edy Wahyudi, S.Sos., M.M | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Drs. Didik Eko Julianto, M.AB | en_US |
dc.identifier.validator | validasi_repo_iswahyudi_juni_2023_21 | en_US |