dc.contributor.author | PASCAEKA, Lintang | |
dc.date.accessioned | 2023-08-08T03:40:42Z | |
dc.date.available | 2023-08-08T03:40:42Z | |
dc.date.issued | 2023-05-30 | |
dc.identifier.nim | 190210102097 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/117520 | |
dc.description | validasi_repo_firli_agustus_2023_4 | en_US |
dc.description.abstract | Ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang pesat dan berdampak
signifikan terhadap sistem pendidikan global pada era globalisasi ini. Akibatnya
muncul persaingan pada bidang pendidikan. Namun, banyak dari teknologi yang
semula digunakan sebagai alat dan sumber belajar dalam proses pembelajaran
disalahgunakan. Hal ini mengurangi kemampuan bernalar dan sikap ilmiah siswa.
Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan dengan salah satu guru fisika di SMA
Negeri Lumajang mengatakan bahwa siswa dalam proses kemampuan penalaran
ilmiah dan sikap ilmiah sudah pernah ada namun belum maksimal. Kebanyakan
dari siswa sulit memahami konsep fisika dengan baik, dan terdapat kesalahan dalam
menjelaskan secara ilmiah untuk klaim dan bukti yang ada. Penelitian ini
diperlukan untuk mengetahui pengaruh kemampuan penalaran ilmiah dan sikap
ilmiah pada sejumlah siswa dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing
berbantuan vee map.
Terdapat 2 tujuan penelitian: pertama, mengkaji pengaruh penerapan model
pembelajaran inkuiri terbimbing dengan vee map terhadap kemampuan scientific
reasoning siswa SMA pada materi suhu dan kalor. Kedua, mengkaji pengaruh
penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan vee map terhadap sikap
ilmiah siswa SMA pada materi suhu dan kalor.
Penelitian ini merupakan penelitian true experiment dengan desain pretestposttest control group design. Pemilihan tempat penelitian ini menggunakan
metode purposive sampling area. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Pasirian,
Kabupaten Lumajang, tahun ajaran 2022/2023. Populasi penelitian ini adalah kelas
XI MIPA. Penentuan sampel menggunakan uji homogenitas terhadap populasi dari
nilai ulangan harian materi fluida statis pada semester genap dengan menggunakan
metode cluster random sampling. Sampel pada penelitian ini yaitu kelas XI MIPA
1 sebagai kelas kontrol dan XI MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah
siswa masing-masing sebanyak 35 siswa. Metode pengumpulan data penelitian ini
yaitu wawancara, observasi, tes, angket, dan dokumentasi. Uji hipotesis dilakukan
dengan teknik independent t-test, uji nonparametrik dengan uji Wilcoxon
menggunakan software IBM SPSS 26. Materi yang digunakan pada penelitian ini
adalah materi suhu dan kalor.
Data kemampuan scientific reasoning yang diperoleh dilakukan uji
normalitas. Hasil uji normalitas menunjukkan bahwa data tidak terdistribusi normal
karena nilai Sig.< 0,05. Selanjutnya nilai kemampuan scientific reasoning dianalisis
dengan uji nonparametrik menggunakan uji Wilcoxon. Hasil uji Wilcoxon diperoleh
nilai Asymp. Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 maka 𝐻0 ditolak dan 𝐻𝑎 diterima. Dapat
disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara kemampuan scientific
reasoning pada kelas eksperimen dan kelas kontrol.
Hasil sikap ilmiah siswa diperoleh dari angket yang disebar pada kelas
eksperimen dan kontrol. Hasil uji normalitas data sikap ilmiah menunjukkan data
terdistribusi normal karena nilai Sig. 0,131 > 0,05 pada kelas kontrol dan nilai Sig.
0,072 > 0,05 pada kelas eksperimen. Selanjutnya dianalisis dengan uji independent
sample t-test. Hasil uji Levene’s Test for Equality of Variances data sikap ilmiah
menunjukkan data tersebut homogen karena nilai Sig. 0,508 > 0.05. Uji hipotesis
menggunakan teknik independent sample t-test diperoleh nilai Sig. (2-tailed)
sebesar 0,000 < 0,05 sehingga 𝐻0
ditolak dan 𝐻𝑎 diterima.
Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan, diperoleh kesimpulan yaitu,
1) terdapat pengaruh signifikan penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing
dengan vee map terhadap kemampuan scientific reasoning fisika siswa SMA pada
materi suhu dan kalor dan 2) terdapat pengaruh signifikan penerapan model
pembelajaran inkuiri terbimbing dengan vee map terhadap sikap ilmiah siswa SMA
pada materi suhu dan kalor. | en_US |
dc.description.sponsorship | Dr. Singgih Bektiarso, M.Pd.
Drs. Alex Harijanto, M.Si. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | MODEL PEMBELAJARAN | en_US |
dc.subject | METODE INKUIRI | en_US |
dc.subject | PEMBELAJARAN FISIKA | en_US |
dc.subject | VEE MAP | en_US |
dc.title | Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Vee Map Terhadap Kemampuan Scientific Reasoning dan Sikap Ilmiah Siswa SMA pada Materi Suhu dan Kalor | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Pendidikan Fisika | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Dr. Singgih Bektiarso, M.Pd. | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Drs. Alex Harijanto, M.Si. | en_US |
dc.identifier.validator | validasi_repo_firli_agustus_2023_4 | en_US |
dc.identifier.finalization | 0a67b73d_2023_08_tanggal 08 | en_US |