Show simple item record

dc.contributor.authorAZIS, Mohammad Abdul
dc.date.accessioned2023-08-07T03:37:53Z
dc.date.available2023-08-07T03:37:53Z
dc.date.issued2023-01-27
dc.date.submitted
dc.identifier.nim200220104002en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/117475
dc.descriptionvalidasi_repo_firli_juli_2023_14en_US
dc.description.abstractKabupaten Jember menjadi penghasil komoditas kopi terbesar dan terbaik di Indonesia khususnya di kopi robusta. Namun semakin berjalannya waktu produksi kopi di Kabupaten Jember tampak semakin menurun, menurunnya produktivitas kopi di Kabupaten Jember dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya: 1) luas lahan semakin sempit, 2) jumlah petani kopi menurun, 3) keberlanjutan profesi petani kopi rendah. Mengikuti Peraturan Pemerintah UU Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, yaitu kurikulum pada semua jenjang dikembangkan dengan prinsip diversifikasi sesuai dengan satuan pendidikan, potensi daerah. Namun, pada kenyataannya di sekolah masih jarang guru menggunakan bahan ajar yang berbasis potensi lokal dalam proses pembelajarannya. Pendidikan di negara-negara maju sudah mulai menerapkan konsep multidisiplin ilmu, yaitu pendidikan Science, Technology, Enginering and Mathematics (STEM). Hal ini berhubungan dengan tuntutan pendidikan abad 21 yang pada terapannya tidak bisa hanya diselesaikan dengan satu disiplin ilmu saja. Integrasi aspek-aspek STEM tersebut dapat mendukung peningkatan hasil belajar siswa di sekolah. Pendekatan yang dapat membantu siswa untuk dapat bersaing di pendidikan abad 21 dengan menanamkan kemampuan ilmiah pada siswa. Pendekatan STEM sedang banyak digunakan oleh peneliti yang diintegrasikan dengan bahan ajar, inovasi dalam bahan ajar adalah diperlukan untuk menghasilkan bahan ajar yang baik, salah satunya dengan mengembangkan bahan ajar siswa tentang pendekatan STEM di sekolah. Aspek yang paling penting dan dibutuhkan di abad 21 selain kemampuan dari STEM ialah unsur literasi sains. kemampuan literasi sains berguna untuk membentuk siswa yang mampu berpikir solutif untuk mengatasi permasalahan yang berkembang di lingkungan. Namun pada kenyataanya di beberapa hasil penelitian terdapat hasil yang kurang. Oleh karena itu perlu dikembangkan Buku Ajar IPA berbasis STEM Terintegrasi dan Potensi Lokal Agroekosistem Kopi untuk meningkatkan kemampuan literasi sains siswa SMP. Tujuan yang dicapai dalam penelitian ini adalah mengkaji validitas, kemampuan literasi sains siswa, dan respon siswa dengan menggunakan Buku Ajar IPA berbasis STEM Terintegrasi dan Potensi Lokal dalam pembelajaran IPA. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan prosedur penelitian menurut Branch yang meliputi analysis, design, develop, implement, dan evaluate. Prosedur dari Branch dijabarkan sebagai berikut: (1) Pengumpulan data, (2) desain produk, (3) validasi desain, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) ujicoba produk, dan (7) evaluasi produk. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen lembar angket validasi, instrumen tes, dan instrumen lembar angket respon siswa. Teknik pengolahan data dilakukan ialah teknik validasi, tes, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan teknik persentase untuk mengetahui validitas buku ajar yang dikembangkan, teknik persentase untuk mengukur kemampuan literasi sains siswa melalui N-gain melalui tes, dan teknik percentage of agreement untuk mengukur respon siswa untuk mengetahui kepraktisan buku ajar. Data yang diperoleh adalah data validasi ahli, data pretest dan posttest, serta data respon siswa. Hasil belajar siswa dalam pembelajaran menggunakan buku ajar IPA menunjukkan hasil yang meningkat baik kemampuan literasi sains siswa. Rata-rata pretest dan posttest kelas adalah 27,6 dan 83,4 dengan nilai N-Gain sebesar 0,77. Analisis nilai pretest dan posttest tersebut menunjukkan kriteria tinggi yang artinya bahwa hasil pembelajaran dengan penggunaan buku ajar IPA termasuk dalam produk yang efektif untuk pembelajaran IPA. Kesimpulan pada penelitian ini adalah menghasilkan buku ajar IPA dalam pembelajaran IPA berupa produk yang valid berdasarkan penilaian ahli, buku ajar IPA efektif untuk meningkatkan kemampuan literasi energi didasarkan pada nilai pretest dan posttest siswa, dan buku ajar IPA praktis digunakan untuk siswa berdasarkan hasil nilai angket respon siswa.en_US
dc.description.sponsorshipDr. Sudarti, M.Kesen_US
dc.language.isoenen_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectMEDIA PEMBELAJARANen_US
dc.subjectBUKU AJARen_US
dc.subjectPEMBELAJARAN IPAen_US
dc.subjectSTEM EDUCATIONen_US
dc.titlePengembangan dan Implementasi Buku Ajar IPA berbasis STEM Terintegrasi dan Potensi Lokal Agroekosistem Kopi untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa SMPen_US
dc.typeTesisen_US
dc.identifier.prodiMagister Pendidikan IPAen_US
dc.identifier.nidn196201231988022001en_US
dc.identifier.nidk196201231988022001en_US
dc.identifier.pembimbing1Dr. Sudarti, M.Kesen_US
dc.identifier.pembimbing2Bevo Wahono, S.Pd., M.Pd., Ph.Den_US
dc.identifier.validatorvalidasi_repo_firli_juli_2023_14en_US
dc.identifier.finalization0a67b73d_2023_08_tanggal 07en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record