PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERKARAKTER BERBASIS QUANTUM TEACHING PADA POKOK BAHASAN ARITMATIKA SOSIAL KELAS VII SMP
Abstract
Setelah uji coba perangkat pembelajaran matematika dilakukan, diberikan
angket respon siswa kepada objek uji coba untuk mengetahui bagaimana respon siswa
terhadap pembelajaran matematika berkarakter berbasis quantum teaching.
Berdasarkan hasil analisis data angket respon siswa, diperoleh rata-rata persentase
respon siswa yang memberi respon positif terhadap semua aspek pembelajaran
matematika yaitu sebesar 98,21%. Dengan demikian pembelajaran matematika
berkarakter berbasis quantum teaching sangat perlu untuk diaplikasikan dalam
pembelajaran pembelajaran di kelas. Selain itu pada pertemuan ketiga juga
dilaksanakan tes hasil belajar dengan alokasi waktu selama 2x40 menit. Soal tes hasil
belajar berupa enam soal uraian dengan bobot soal yaitu no.1,4,5, dan 6 masingmasing
adalah 15 poin sedangkan untuk no.2 dan 3 masing-masing adalah 20 poin.
Berdasarkan analisis data nilai tes hasil belajar yang diperoleh siswa, diperoleh
bahwa jumlah siswa yang mencapai nilai ≥ 60 sebanyak 37 siswa dari total 42 siswa,
hal itu berarti bahwa persentase siswa yang mencapai nilai ≥ 60 adalah sebesar
88,095%. Dengan demikian pembelajaran matematika berkarakter berbasis quantum
teaching telah memenuhi kriteria keefektifan.
Berdasarkan hasil analisis data di atas, maka dihasilkan sebuah perangkat
pembelajaran matematika berkarakter berbasis quantum teaching pada pokok bahasan
aritmatika sosial yang memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan.
Dengan demikian, perangkat pembelajaran tersebut sudah dapat dijadikan sebagai
pedoman oleh guru dalam melaksanakan pembelajaran matematika pada pokok
aritmatika sosial.