• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERKARAKTER BERBASIS QUANTUM TEACHING PADA POKOK BAHASAN ARITMATIKA SOSIAL KELAS VII SMP

    Thumbnail
    View/Open
    Ahmad Adi Setiawan_1.pdf (1.773Mb)
    Date
    2013-12-24
    Author
    Ahmad Adi Setiawan
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Setelah uji coba perangkat pembelajaran matematika dilakukan, diberikan angket respon siswa kepada objek uji coba untuk mengetahui bagaimana respon siswa terhadap pembelajaran matematika berkarakter berbasis quantum teaching. Berdasarkan hasil analisis data angket respon siswa, diperoleh rata-rata persentase respon siswa yang memberi respon positif terhadap semua aspek pembelajaran matematika yaitu sebesar 98,21%. Dengan demikian pembelajaran matematika berkarakter berbasis quantum teaching sangat perlu untuk diaplikasikan dalam pembelajaran pembelajaran di kelas. Selain itu pada pertemuan ketiga juga dilaksanakan tes hasil belajar dengan alokasi waktu selama 2x40 menit. Soal tes hasil belajar berupa enam soal uraian dengan bobot soal yaitu no.1,4,5, dan 6 masingmasing adalah 15 poin sedangkan untuk no.2 dan 3 masing-masing adalah 20 poin. Berdasarkan analisis data nilai tes hasil belajar yang diperoleh siswa, diperoleh bahwa jumlah siswa yang mencapai nilai ≥ 60 sebanyak 37 siswa dari total 42 siswa, hal itu berarti bahwa persentase siswa yang mencapai nilai ≥ 60 adalah sebesar 88,095%. Dengan demikian pembelajaran matematika berkarakter berbasis quantum teaching telah memenuhi kriteria keefektifan. Berdasarkan hasil analisis data di atas, maka dihasilkan sebuah perangkat pembelajaran matematika berkarakter berbasis quantum teaching pada pokok bahasan aritmatika sosial yang memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Dengan demikian, perangkat pembelajaran tersebut sudah dapat dijadikan sebagai pedoman oleh guru dalam melaksanakan pembelajaran matematika pada pokok aritmatika sosial.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/11743
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15435]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository