Show simple item record

dc.contributor.authorFADILLA, Haslina Nur
dc.date.accessioned2023-08-01T04:06:37Z
dc.date.available2023-08-01T04:06:37Z
dc.date.issued2023-01-30
dc.identifier.nim180910201073en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/117417
dc.descriptionFinalisasi oleh Taufik Tgl 1 Agustus 2023en_US
dc.description.abstractPenelitian ini dilakukan di Desa Sawentar, Kecamatan Kanigoro, Kabupaten Blitar dengan tujuan untuk mendeskripsikan proses implementasi serta faktor-faktor yang memengaruhi kinerja implementasi kebijakan penyelenggaraan Administrasi Kependudukan di Desa Sawentar, Kecamatan Kanigoro, Kabupaten Blitar. Penyelenggaraan administrasi kependudukan di desa/kelurahan merupakan kebijakan yang dikeluarkan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Blitar melalui Peraturan Bupati Blitar Nomor 21 Tahun 2022 tentang Peraturan Pelaksanaan Peraturan Daerah Kabupaten Blitar Nomor 3 Tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan. Awal mula dibentuknya kebijakan penyelenggaraan administrasi kependudukan di desa/kelurahan karena untuk mengatasi permasalahan banyaknya antrean dan kerumunan di tengah pandemi Covid-19. Tujuan penyelenggaraan administrasi kependudukan di desa/kelurahan adalah untuk mengatasi permasalahan tersebut serta menyediakan layanan yang cepat dan dekat sehingga lebih mudah dijangkau oleh masyarakat ketika mengurus administrasi kependudukan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif deskriptif. Obyek penelitian dalam penelitian ini adalah Desa Sawentar dengan fokusnya yaitu proses implementasi serta faktor-faktor yang memengaruhi kinerja implementasi kebijakan penyelenggaraan Administrasi Kependudukan di Desa Sawentar, Kecamatan Kanigoro, Kabupaten Blitar menggunakan model Van Meter dan Van Horn (1975). Data dan informasi yang dibutuhkan dikumpulkan menggunakan teknik triangulasi sumber dan dianalisa menggunakan teknik analisa data kualitatif menurut Miles, Huberman, dan Saldana (2014). Hasil dari penelitian ini adalah sumber daya untuk penyelenggaraan administrasi kependudukan di Desa Sawentar berupa sumber pendanaan dan sarana prasarana sudah tercukupi. Pemerintah Desa Sawentar telah melakukan sosialisasi ke masyarakat walaupun hasilnya masih kurang maksimal karena keterbatasan infomasi masyarakat mengenai kelengkapan berkas yang dibutuhkan untuk mengajukan administrasi kependudukan. Komunikasi yang terjalin antara Dispendukcapil Kabupaten Blitar dengan Pemerintah Desa Sawentar berjalan dengan baik namun komunikasi Pemerintah Desa Sawentar ke warga masih kurang maksimal terkait penyampaian kelengkapan berkas. Sikap Petugas Registrasi Desa Sawentar responsif dan cepat dalam melayani warga yang mengurus administrasi kependudukan walaupun perlu adanya perbaikan terhadap kelengkapan berkas ketika pengumpulan berkas ke Petugas Jebol Dispendukcapil Kabupaten Blitar. Terdapat kendala sosial yang dialami dalam penyelenggaraan administrasi kependudukan di Desa Sawentar, namun dapat diatasi dengan baik oleh pelaksana kebijakan. Fase transisi Petugas Registrasi Desa Sawentar juga mengakibatkan kendala dalam pelaksanaan penyelenggaraan administrasi kependudukan di Desa Sawentar.en_US
dc.description.sponsorshipDrs. Boedijono, M.Si., Abul Haris Suryo Negoro, S.IP., M.Sien_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politiken_US
dc.subjectADMINISTRASI KEPENDUDUKANen_US
dc.subjectDESAen_US
dc.subjectIMPLEMENTASIen_US
dc.subjectKEBIJAKANen_US
dc.titleImplementasi Kebijakan Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan di Desa Sawentar, Kecamatan Kanigoro, Kabupaten Blitaren_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiAdministrasi Negaraen_US
dc.identifier.pembimbing1Drs. Boedijono, M.Sien_US
dc.identifier.pembimbing2Abul Haris Suryo Negoro, S.IP., M.Sien_US
dc.identifier.validatorTaufiken_US
dc.identifier.finalizationTaufiken_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record