Show simple item record

dc.contributor.authorIva Rahmawati
dc.date.accessioned2013-12-24T01:12:43Z
dc.date.available2013-12-24T01:12:43Z
dc.date.issued2013-12-24
dc.identifier.nimNIM070210191162
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/11735
dc.description.abstractPendidikan karakter merupakan bagian dari proses pembentukan akhlak anak bangsa. Memperhatikan pentingnya pendidikan karakter, perlu kiranya untuk memasukkan muatan pendidikan karakter pada setiap bidang studi khususnya matematika . Pendidikan karakter di sekolah sangat terkait dengan manajemen atau pengelolaan sekolah. Pengelolaan tersebut antara lain nilai-nilai yang perlu ditanamkan, muatan kurikulum, pembelajaran, penilaian, pendidik dan tenaga kependidikan, dan komponen terkait lainnya. Tenaga pendidik yang berkompeten harus memiliki bahan ajar yang digunakan sebagai acuan yang relevan dan petunjuk praktis sebagai salah satu media yang efektif dalam pendidikan karakter di sekolah. Oleh karena itu, pengembangan bahan ajar matematika dilakukan sebagai upaya untuk menyelenggarakan pembelajaran yang lebih baik dan hasil belajar siswa maksimal. Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) dipilih sebagai patokan dalam penyusunan bahan ajar karena dianggap akan dapat menumbuhkan dan memahatkan karakter-karakter seperti kemandirian, demokrasi, toleransi, tanggung jawab, dan kejujuran. Permasalahan nyata dalam kehidupan sehari-hari digunakan sebagai titik tolak pembelajaran matematika. Tujuan penelitian adalah untuk mengembangkan bahan ajar matematika berbasis karakter dengan pendekatan matematika realistik dan menganalisis proses atau tahapan pengembangannya. Penelitian menggunakan model pengembangan 4-D yang diadaptasi menjadi 3-P. Model 3-P terdiri atas tahap pendefinisian, perancangan, dan pengembangan. Tahap pendefinisian dilakukan analisis awal-akhir, analisis siswa, analisis konsep, analisis tugas, dan perumusan tujuan pembelajaran. Tahap perancangan dilakukan penyusunan tes, pemilihan media dan format pembelajaran, serta perancangan draft bahan ajar. Proses ini menghasilkan dua RPP dan dua LKS, buku siswa dan instrumen tes berupa soal essai yang disebut draf 1. Tahap pengembangan dilakukan penilaian oleh tiga validator yang terdiri dari dosen pendidikan matematika, dan guru mitra. Hasil penilaian dan validasi menunjukkan bahwa draft bahan ajar memiliki validitas yang baik dengan rata-rata nilai validasi 0,87; 0,89; 0,91; 0,93 berturut-turut untuk RPP, LKS, buku siswa dan alat evaluasi.. Hasil tersebut digunakan untuk memperbaiki draf 1 dan hasilnya disebut sebagai draf 2. Draf 2, beberapa kalimat dalam bahan ajar diperbaiki, dan beberapa gambar diganti. Uji coba dilakukan sebanyak tiga kali pertemuan di SMP Negeri 1 Mayang mulai 17 Desember 2011 hingga 22 Desember 2011. Pertemuan I dan pertemuan II digunakan untuk menerapkan bahan ajar matematika (draf 2). Hasil pengamatan pengelolaan pembelajaran menunjukkan pembelajaran dengan menggunakan perangkat bahan ajar berjalan dengan baik untuk setiap kegiatan pembelajaran. Hasil pengamatan aktivitas siswa menunjukkan rata-rata persentase aktivitas siswa mencapai 89,12%. Pertemuan III digunakan untuk mengevaluasi hasil belajar siswa menggunakan intrumen tes hasil pengembangan. Hasilnya rata-rata nilai siswa mencapai 81,88 dengan 82% siswa mendapat nilai ujian ≥ 75. Hasil penyebaran angket, respon siswa terhadap proses pembelajaran cukup positif. Hasil uji coba digunakan untuk memperbaiki draf 2 dan hasilnya disebut sebagai draf 3. Revisi draf 2 dilakukan dengan memperbaiki kalimat dan kata-kata yang salah pada bahan ajar, tampilan bahan ajar dibuat menjadi lebih menarik. Draf 3 merupakan produk bahan ajar untuk pokok bahasan aritmetika sosial. Berdasarkan hasil pada tahap pengembangan, produk bahan ajar matematika memenuhi kriteria pengembangan yang ditetapkan peneliti.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210191162;
dc.subjectMATEMATIKA BERBASIS KARAKTER DENGAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK POKOK BAHASAN ARITMETIKA SOSIALen_US
dc.titlePENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS KARAKTER DENGAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK POKOK BAHASAN ARITMETIKA SOSIAL KELAS VII SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2011/2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record