ANALISIS LOYALITAS MEREK (BRAND LOYALTY) PADA KARTU SELULER MEREK IM3, SIMPATI, AS DIKALANGAN MASYARAKAT JEMBER
Abstract
Penelitian ini berjudul “Analisis loyalitas Merek (Brand Loyalty) Pada Kartu
Seluler Merek IM3, simPATI, As Dikalangan Masyarakat Jember. Tujuan
penelitian untuk menganalisis loyalitas merek (brand loyalty) pada konsumen
kartu seluler merek IM3, simPATI dan As di kalangan masyarakat Jember dan
untuk menganalisis kemungkinan perpindahan kartu seluler merek IM3, simPATI
dan As di kalangan masyarakat Jember. Penelitian ini menggunakan data primer
yang diambil dari respon atas kuesioner yang telah dibagikan kepada masyarakat
Jember yang sedang menggunakan kartu seluler IM3, simPATI dan As. Tehnik
Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling,
dengan jumlah sampel sebanyak 90 orang. Alat analisis yang digunakan adalah
alat analisis pengujian instrumen yaitu uji validitas Person Product Moment, uji
Reliability Cronbach Alpha. Metode analisis data yang digunakan adalah rata-
rata, standar deviasi, Brand Switching Pattern Matrix, dan Piramida Brand
Loyalty. Berdasarkan analisis Brand Loyalty kartu seluler merek IM3, simPATI
dan As telah memiliki tingkat loyalitas merek yang medekati tingkat loyalitas
merek yang kuat. Kartu seluler merek IM3 memiliki konsumen terbanyak pada
tingkat satisfied buyer sebesar 70%, kartu seluler simPATI memiliki konsumen
terbanyak pada tingkat liking the brand sebesar 83,33% dan kartu seluler As
memiliki konsumen terbanyak pada tingkat liking the brand sebesar 86,66%.
Berdasarkan matrik perpindahan merek (brand switching pattern matrix,), kartu
seluler IM3 memiliki tingkat kemungkinan perpindahan merek sebesar 22,31%,
kartu seluler merek simPATI memiliki kemungkinan perpindahan merek sebesar
35,67% dan kartu seluler As memiliki tingkat kemungkinan perpindahan merek
sebesar 40,55%.