dc.contributor.author | MAULIDIA, Ayunita | |
dc.date.accessioned | 2023-06-25T22:48:06Z | |
dc.date.available | 2023-06-25T22:48:06Z | |
dc.date.issued | 2023-03-17 | |
dc.identifier.nim | 180210204161 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/117077 | |
dc.description | Finalisasi oleh Taufik Tgl 26 Juni 2023 | en_US |
dc.description.abstract | Proses pembelajaran terdapat tiga penilaian, salah satunya yaitu penialain dalam ranah kognitif yang berkaitan dengan kemampuan berpikir siswa. Menurut taksonomi bloom revisi Anderson dan Krathwohl keenam jenjang pada ranah kognitif dibagi menjadi dua bagian yaitu LOTS(tingkat kognitif C1–C3) dan HOTS (C4-C6). Kegiatan analisis soal perlu dilakukan untuk
meningkatkan kualitas soal, dan memilah soal yang efektif dan sesuai dengan tujuan yang harus dicapai siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persentase distribusi ranah kognitif latihan soal yang ada pada buku siswa kelas V tema Ekosistem. Metode yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Dari 144 butir soal yang ada didalam buku siswa kelas V tema Ekosistem terdapat 63,5% atau 91 butir soal dengan tingkat berpikir rendah (LOTS) dan 36,5% atau sebanyak 53 butir soal dengan tingkat berpikir tinggi (HOTS). Jadi, dapat disimplkan bahwa soal berpikir tingkat rendah lebih
dominan dari pada soal berpikir tingkat tinggi. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | TAKSONOMI BLOOM | en_US |
dc.title | Analisis Ranah Kognitif Berdasarkan Taksonomi Bloom pada Latihan Soal Buku Siswa Kelas V Tema Ekosistem | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Agustiningsih, S.Pd., M.Pd. | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Kendid Mahmudi, S.Pd., M.PFis. | en_US |
dc.identifier.validator | Validasi unggah file repository_Iswahyudi_Mei 2023 tanggal 31 | en_US |
dc.identifier.finalization | Taufik | en_US |