dc.contributor.author | APRILIA, Eka Putri | |
dc.date.accessioned | 2023-06-19T22:24:42Z | |
dc.date.available | 2023-06-19T22:24:42Z | |
dc.date.issued | 2023-04-17 | |
dc.identifier.nim | 190210102095 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/116995 | |
dc.description | Finalisasi repositori 20 Juni 2023_Kurnadi | en_US |
dc.description.abstract | Kegiatan pembelajaran menuntut siswa untuk perperan aktif sejak
berlakunya kurikulum 2013. Hal tersebut menjadi tantangan bagi guru dalam
melalukan proses pembelajaran. Pengaplikasian materi hukum gravitasi Newton
diperlukan visualisasi pembelajaran fisika karena materi hukum gravitasi Newton
memuat materi alam jagad raya yang tidak dapat diamati secara langsung sehingga
siswa dituntut untuk dapat membayangkan materi tersebut. Adobe Animate CC
dapat memvisualisasikan materi dengan penggambaran menggunakan animasianimasinya sehingga cocok digunakan pada materi hukum gravitasi Newton.
Tujuan penelitian ini ada dua diambil dari rumusan masalah yang dikaji oleh
penulis. Pertama yaitu mengkaji pengaruh signifikan Penerapan media
pembelajaran interaktif berbasis Adobe Animate CC terhadap hasil belajar fisika
siswa SMA. Tujuan kedua yaitu mendeskripsikan hasil respon siswa setelah
penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Animate CC.
Jenis penelitian ini adalah pre-experimental design yang dilakukan pada
semester genap di SMAN 1 Sine. Desain penelitian ini yaitu One group pretestposttest design. Data hasil belajar siswa diperoleh dari tes berupa pretest dan
posttest. Teknik analisis data yang digunakan untuk hasil belajar menggunakan uji
paired sample t-test dengan bantuan SPSS 23 dari data hasil belajar fisika siswa
sebelum penerapan media pembelajaran dan setelah penerapan media pembelajaran
fisika selesai untuk melihat perbandingan nilai rata-rata hasil belajar dengan media
pebelajaran Animate CC dan sebelum menggunakan media. Data respon siswa
diperoleh dari nilai angket respon siswa. Teknik analisis data yang digunakan untuk
respon siswa berupa penilaian angket respon siswa melalui skala linkert dengan
lima skala penilaian.
DIGITAL REPOSITORY UNIVERSITAS JEMBER
DIGITAL REPOSITORY UNIVERSITAS JEMBER
ix
Hasil penelitian mengenai pengaruh media pembelajaran interaktif berbasis
Adobe Animate CC terhadap hasil belajar siswa menggunakan pretest dan posttest
diperoleh perbedaan antara nilai pretest dan posttest. Hasil analisis data
menggunakan uji paired sample T-test diperoleh nilai sig. (2-tailed) 0,000 ≤ 0,05.
Berdasarkan pada dasar pengambilan keputusan dapat disimpulkan bahwa 𝐻0
ditolak dan 𝐻𝑎 diterima, artinya ada pengaruh signifikan Penerapan media
pembelajaran interaktif berbasis Adobe Animate CC terhadap hasil belajar fisika.
Adanya pengaruh signifikan penerapan media pembelajaran interaktif berbasis
Adobe Animate CC terhadap hasil belajar fisika karena media Adobe Animate CC
dapat membantu siswa dalam memperoleh informasi dari guru dan Adobe Animate
CC dapat menjadi salah satu sumber belajar sehingga hasil belajar siswa menjadi
meningkat daripada sebelumnya.
Hasil penelitian terkait respon siswa setelah penggunaan media
pembelajaran interaktif berbasis Adobe Animate CC menggunakan angket respon
di kelas eksperimen. Berdasarkan hasil data diperoleh presentase rata-rata respon
sebesar 84,3% dengan kriteria sangat positif. Hasil tersebut membuktikan
ketertarikan dan kemudahan siswa dalam menggunakan media pembelajaran
interaktif berbasis Adobe Animate CC. Presentase rata-rata respon dengan kriteria
sangat positif didapatkan karena siswa dapat aktif terlibat dalam pembelajaran yang
dilakukan dengan bantuan penerapan media pembelajaran Adobe Animate CC
sehingga siswa mudah menerima materi yang diajarkan oleh guru.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan media pembelajaran
interaktif berbasis Adobe Animate CC berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar
fisika siswa SMAN 1 Sine. Respon siswa SMAN 1 Sine setelah penggunaan media
pembelajaran interaktif berbasis Adobe Animate CC masuk dalam kategori sangat
positif. Hasil tersebut membuktikan ketertarikan dan kemudahan siswa dalam
menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Animate CC. | en_US |
dc.description.sponsorship | Dosen Pembimbing Utama : Drs. Alex Harijanto, M.Si
Dosen Pembimbing Anggota : Lailatul Nuraini, S.Pd., M.Pd | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN | en_US |
dc.subject | MEDIA PEMBELAJARAN | en_US |
dc.subject | ADOBE ANIMATE CC | en_US |
dc.subject | HASIL BELAJAR FISIKA | en_US |
dc.title | Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Adobe Animate CC Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa SMA | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | PENDIDIKAN FISIKA | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Drs. Alex Harijanto, M.Si | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Lailatul Nuraini, S.Pd., M.Pd | en_US |
dc.identifier.validator | validasi_repo_iswahyudi_Juni_2023_8 | en_US |