• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SEJARAH MELALUI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAME TOURNAMENT (TGT) PADA SISWA KELAS X - A SMA NURIS JEMBER SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2012/2013

    Thumbnail
    View/Open
    Moh. Fathur Rozi - 070210302090_1.pdf (447.2Kb)
    Date
    2013-12-20
    Author
    MOH. FATHUR ROZI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi yang dilakukan pada tanggal 26-30 Januari 2013 yang dilakukan di SMA Nuris Jember, dapat diketahui pembelajaran sejarah di SMA Nuris Jember, khususnya kelas X-A masih belum mencapai hasil yang memuaskan, hal ini dikarenakan beberapa faktor dan faktor yang paling menentukan adalah penggunaan metode pembelajaran yang belum maksimal dan bervariasi sehingga aktivitas dan hasil Belajar rendah dikarenakan kurangnya motivasi belajar siswa dalam pembelajaran sejarah. Dari latar belakang tersebut dapat dikemukakan rumusan masalah yaitu ” (1)Apakah penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournamen (TGT) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Sejarah siswa kelas X-A semester Genap SMA Nuris Jember tahun pelajaran 2012-2013, (2) Apakah penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe Tipe Team Game Tournamen (TGT) kelas X-A semester Genap SMA Nuris Jember tahun pelajaran 2012-2013 dapat Meningkatkan hasil belajar sejarah. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X-A SMA Nuris Jember dengan menerapkan metode pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament (TGT )pada pembelajaran sejarah. Tujuan penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah metode pembelajaran kooperatif tipe Tipe Team Game Tournamen (TGT) dapat meningkatkan aktivitas belajar sejarah kelas X-A semester Genap SMA Nuris Jember tahun pelajaran 2012-2013. (2) Meningkatkan hasil belajar sejarah melalui penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe Tipe Team Game Tournamen (TGT) kelas X-A semester Genap SMA Nuris Jember tahun pelajaran 2012-2013. aktivitas siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X-ASMA Nuris Jember tahun pelajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah “penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research)”. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif yaitu mendeskripsikan secara kualitatif dan kuantitatif data hasil penelitian ini yaitu aktivitas belajar untuk menegetahui peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa antara pembelajaran pada siklus I dan Siklus II. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Sebelumnya nilai aktivitas belajar siswa yaitu 39,54%, pada siklus 1 aktivitas belajar siswa dapat dikategorikan sangat aktif ditunjukkan dengan aktivitas belajar siswa berdasarkan beberapa aspek yaitu mendengarkan uraian (penjelasan dari guru), diskusi kelompok dan disertai permainan di dalam pembelajaran yang mencapai rata-rata nilai aktivitas 60,21%. Pada siklus 2 aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan dan kategori aktivitas belajar adalah sangat aktif yaitu 80,46% dari rata-rata nilai aspek-aspek aktivitas belajar yang telah ditentukan. Sedangakan peningkatan hasil belajar siswa yang dinilai dari pemberian tugas serta dilakukannya post tes dan pre tes dari siklus 1 yang mencapai rata-rata nilai kelas sebesar 45,16%dan pada siklus 2 mencapai 80,64%. Sehingga dapat dikatakan telah mengalami peningkatan yang signifikan yang ditunjukkan dengan meningkatnya nilai aktivitas dari sebelum tindakan sampai pelaksanaan siklus dengan menggunakan metode metode pembelajaran kooperatif tipe Tipe Team Game Tournamen (TGT) Jadi pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan metode metode pembelajaran kooperatif tipe Tipe Team Game Tournamen (TGT) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di kelas X-A SMA Nuris Jember semester genap tahun pelajaran 2012/2013
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/11699
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository