Show simple item record

dc.contributor.authorSARI, Senda Novita
dc.date.accessioned2023-06-14T23:00:18Z
dc.date.available2023-06-14T23:00:18Z
dc.date.issued2023-01-17
dc.identifier.nim180210103122en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/116920
dc.descriptionFinalisasi oleh Taufik Tgl 15 Juni 2023en_US
dc.description.abstractIndonesia menjadi salah satu negara penghasil kopi terbesar di duniayang menduduki peringkat 4 setelah Brazil, Colombia, dan Vietnam. Salah satu daerah penghasil kopi di Indonesia adalah Kabupaten Jember, Jawa Timur. Namun sayangnya pendidikan di daerah perkebunan dikatakan memiliki kualitas pendidikan yang rendah dimana fasilitas, sarana dan prasarana yang ada kurang mendukung serta umumnya masih menerapkan pembelajaran yang berfokus pada guru atau pembelajaran konvensional yang menyebabkan hasil pembelajaran tidak optimal. Oleh sebab itu guru diharapkan bisa menciptakan kegiatan pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas siswa. Salah satunya dengan pembelajaran kolaboratif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran kolaboratif sharing level dan jumping task terhadap kemampuan berpikir metakognitif dan penguasaan konsep biologi siswa di sekolah kawasan perkebunan kopi. Metode penelitian dengan menggunakan quasi experiment, dengan menentukan kelasekperimen dan kelas kontrol. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-postest control group design. Penerapan pembalajaran kolaboratif sharing level dan jumping task mengikut sertakan siswa dalam proses pembelajaran yang aktif, sehingga dapat meningkatkan kemampuan berpikir metakognitif dan penguasaan konsep biologi siswa. Hasil penelitian yang dilakukan di MA Al- hidayah menunjukan bahwa pembelajaran kolaboratif sharing level dan jumping task dapat meningkatkan kemampuan berpikir metakognitif dan penguasaan konsep biologi. Hasil analisi uji ANACOVA terhadap kemampuan berpikir metakognitif siswa dan penguasaan konsep biologi menunjukan nilai signifikansi 0,000 atau < 0,05 Sehingga dapat diartikan bahwa penerapan pembelajaran kolaboratif sharing level dan jumping task berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan berpikir metakognitif dan pemahaman konsep biologi siswa.en_US
dc.description.sponsorshipProf. Dr. Suratno, M.Si. Dr. Bea Hana Siswati, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectPEMBELAJARAN KOLABORATIFen_US
dc.subjectSHARING LEVEL dan JUMPING TASKen_US
dc.titleAnalisis Kemampuan Berpikir Metakognitif dan Penguasaan Konsep Biologi Siswa di Sekolah Kawasan Perkebunan Kopi dengan Pembelajaran Kolaboratif Sharing Level dan Jumping Tasken_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPensisikan Biologien_US
dc.identifier.pembimbing1Prof. Dr. Suratno, M.Si.en_US
dc.identifier.pembimbing2Dr. Bea Hana Siswati, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.validatorTaufiken_US
dc.identifier.finalizationTaufiken_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record