dc.contributor.author | MITASARI | |
dc.date.accessioned | 2023-06-14T22:46:53Z | |
dc.date.available | 2023-06-14T22:46:53Z | |
dc.date.issued | 2023-04-12 | |
dc.identifier.nim | 190210303015 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/116913 | |
dc.description | validasi_repo_firli_juni_2023_13
Finalisasi repositori 14 Juni 2023_Kurnadi | en_US |
dc.description.abstract | Pembelajaran abad ke-21 ditandai dengan terintegrasinya konsep digital dengan desain kurikulum pembelajaran. Penerapan kurikulum merdeka pada awal tahun 2022 oleh Kemendikbud memiliki sistem pembelajaran yang berbasis teknologi, khususnya pada penggunaan media pembelajaraan. Mengingat mata pelajaran geografi yang memiliki sebagian besar materinya abstrak yang tidak dapat dijangkau oleh panca indera. Namun pada kenyataannya media pembelajaran yang digunakan oleh pendidik masih terbatas dan kurang menarik sehingga menyebabkan proses pembelajaran cenderung monoton. Oleh karena itu, diperlukan suatu media pembelajaran interaktif yang inovatif, terbaru dan relevan
dengan kurikulum agar dapat meningkatkan minat dan ketertarikan siswa dalam memahami materi geografi yang bersifat abstrak, salah satunya adalah sub materi tenaga endogen. Media pembelajaran interaktif yang dikembangkan pada penelitian ini adalah Lectora Inspire yang dikemas secara menarik dalam bentuk smartphone berbasis android. Lectora Inspire merupakan perangkat lunak berbasis
authoring tool yang dikembangkan oleh Trivantis Corporation. Media pembelajaran yang dihasilkan dari Lectora Inspire kemudian dikemas dalam versi android, agar memudahkan siswa dalam mengakses media pembelajaran di masingmasing smartphone siswa. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui validitas dan respon siswa terhadap penggunaan media pembelajaran interaktif Lectora Inspire berbasis android pada sub materi tenaga endogen untuk siswa SMA.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan berdasarkan model pengembangn 4-D untuk mengembangkan suatu produk media pembelajaran yang kemudian di uji kevalidan dan kepraktisan produk tersebut. Model 4-D yang dikembangkan oleh Thiagarajan terdiri dari empat tahapan, yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop) dan penyebaran (disseminate). Pelaksanaan penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Jember pada kelas X semester genap tahun ajaran 2022/2023. Sampel pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X.3, dengan penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling atas dasar pertimbangan hasil nilai ratarata nilai formatif mata pelajaran geografi di bawah nilai KKM yaitu 76. Uji validitas media dilakukan oleh tiga validator dengan mengisi lembar angket validasi berupa skor penilaian pada setiap indikator dan memberikan tanggapan apabila terdapat kritik serta saran. Uji kepraktisan media dilakukan dengan memberikan
lembar angket respon siswa setelah dilakukan tahap uji coba media pembelajaran.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa media pembelajaran interaktif
Lectora Inspire berbasis android pada sub materi tenaga endogen untuk siswa SMA telah memenuhi kriteria valid dengan derajat kevalidan sebesar 0,85, sehingga termasuk dalam tingkat kevalidan “Sangat Tinggi” pada interval 0,80 < |α| ≤ 1,00. Selain itu media pembelajaran tersebut telah memenuhi kriteria praktis dengan persentase nilai rata-rata angket respon siswa pada uji coba skala kecil sebesar
86,6% dan uji coba skala besar sebesar 85,53%, hasil tersebut menunjukkan bahwa tingkat praktis media pembelajaran berada dalam kategori “Baik” pada interval 80% < P ≤ 95%.
Berdasarkan data yang diperoleh hasil penelitian dan analisis yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa penelitian pengembangan media pembelajaran telah memenuhi kriteria valid dan praktis. Oleh karena itu, media pembelajaran interaktif Lectora Inspire berbasis android layak digunakan dalam proses
pembelajaran pada materi geografi khususnya sub materi tenaga endogen. | en_US |
dc.description.sponsorship | Dosen Pembimbing Utama : Prof. Dr. Sri Astutik, M.Si
Dosen Pembimbing Anggota : Elan Artono Nurdin, S.Pd., M.Pd | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | Media Pembelajaran | en_US |
dc.subject | Pembelajaran Interaktif | en_US |
dc.subject | Pembelajaran Geografi | en_US |
dc.subject | Teknologi Informasi | en_US |
dc.title | Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Lectora Inspire Berbasis Android pada Sub Materi Tenaga Endogen Untuk Siswa SMA | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Pendidikan Geografi | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Prof. Dr. Sri Astutik, M.Si. | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Elan Artono Nurdin, S.Pd., M.Pd. | en_US |
dc.identifier.validator | validasi_repo_firli_juni_2023_13 | en_US |