PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VII SEMESTER GENAP SMP NEGERI 2 JEMBER TAHUN AJARAN 2011/2012
Abstract
G
uru dan siswa adalah dua pihak yang berperan besar dalam mencapai
keberhasilan proses belajar mengajar yaitu mencapai ketuntasan prestasi belajar siswa.
Ada
banyak faktor yang mempengaruhi keberhasilan proses belajar mengajar.
Penelitian ini menekankan pada dua faktor, yait
u motivasi belajar dan perhatian orang
tua yang masing-masing memberi kontribusi terhadap pencapaian prestasi belajar
siswa. Untuk itu diperlukan perumusan masalah
dalam penelitian tersebut, yaitu: 1)
Apakah ada pengaruh signifikan dari variabel motivasi belajar (X
) dan variabel
perhatian orang tua (X
) terhadap prestasi belajar siswa (Y) pada mata pelajaran IPS
kelas VII di SMP Negeri 2 Jember semester genap tahun ajaran 2011/2012? dan 2)
Variabel manakah yang dominan diantara kedua variabel motivasi belajar (X
2
) dan
variabel perhatian orang tua (X
) terhadap variabel prestasi belajar siswa (Y) pada
mata pelajaran IPS kelas VII di SMP Negeri 2 Jember semester genap tahun ajaran
2011/2012?.
2
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh signifikan
antara variabel motivasi belajar (X
1
) dan perhatian orang tua (X
) terhadap prestasi
belajar siswa (Y) mata pelajaran IPS kelas VII di SMP Negeri 2 Jember semester
genap tahun ajaran 2011/2012 dan serta variabel yang dominan diantara variabel
m
otivasi belajar (X
1
) dan perhatian orang tua (X
2
2
) terhadap prestasi belajar siswa (Y)
mata pelajaran IPS kelas VII di SMP Negeri 2 Jember semester genap tahun ajaran
2011/2012.
Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Jember sebagai lokasi
penelitian da
n siswa kelas VII sebagai responden. Penentuan responden dilakukan
dengan menggunakan metode populasi dan selanjutnya dengan penggunaan metode
porporsional random sampling
untuk pengambilan sampel. Pengumpulan data
dilakukan dengan metode kuesioner sebagai
metode utama, metode wawancara,
metode observasi dan metode dokumentasi.
Uji validitas dan reliabilitas digunakan
untuk menguji kuesioner. Analisis data hanya dilakukan menggunakan analisis
inferensial dengan uji F, uji t dan analisis varians garis regre
si.
Hasil analisis pengolahan data diperoleh persamaan garis regresi berganda yaitu
Ŷ
= 57,609 + 0,804X
1
+ 0,303X
2
+e
.
Selanjutnya, hasil perhitungan secara simultan (uji
F)
yakni variabel motivasi belajar (X
i
1
)
dan variabel perhatian orang tua (X
) terhadap
prestasi belajar (Y)
yaitu nilai F
hitung
sebesar 14,0288 > F
tabel
1
2
1
sebesar 3,14 dengan tingkat
α = 0,05 > sig. f = 0,000.
Hal ini berarti bahwa variabel motivasi belajar (X
)
dan variabel perhatian orang tua (X
) berpengaruh secara signifikan terhadap variabel
prestasi belajar (Y).
2
H
asil perhitungan secara parsial (uji t) yakni untuk variabel motivasi belajar (X
)
terhadap prestasi belajar (Y) yaitu nilai t
hitung
xvi
= 3,687 > t
= 1,998 dan α = 0,05 > sig
= 0,000 dan serta untuk nilai variabel perhatian orang tua (X
tabel
2
) yaitu nilai t
= 2,282
> t
= 1,998 dan α = 0,05 > sig =
0,000. Hal ini berarti menunjukkan bahwa variabel
motivasi belajar (X
tabel
) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar
(Y). Sedangkan, hasil perhitungan secara parsial (uji t) yakni variabel perhatian orang
tua (X
2
1
) terhadap prestasi belajar
(Y) yaitu t
hitung
= 2,282 > t
= 1,998 dan α = 0,05 >
sig = 0,000. Hal ini berarti menunjukkan bahwa variabel perhatian orang tua (X
tabel
)
mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar (Y).
Hasil perhitungan secara parsial di atas masing-masing variabel bebas (X)
memiliki proporsi sumbangan terhadap variabel terikat (Y). Maka, untuk variabel
bebas yang memiliki pengaruh dominan ditentukan dengan cara menghitung proporsi
sumbangan dari masing-masing variabel bebas (X) terhadap variabel terikat(Y).
Kemudian,
membandingkannya mana variabel yang paling dominan. Oleh karena itu,
diketahui proporsi sumbangan variabel bebas motivasi belajar (X
) terhadap variabel
terikat (Y) adalah r
1y
x β
1x
1
x 100% = ………%, maka 0,498 x 0,410 x 100% = 20,42%.
Sedangkan, proporsi sumbangan variabel bebas perhatian orang tua (X
) terhadap
variabel terikat (Y) adalah r
1y
x β
x 100% = ………%, maka 0,396 x 0,254 x 100% =
10,06%. Jadi, dapat diketahui bahwa va
riabel motivasi belajar (X
1x
) mempunyai
sumbangan terbesar dari perhatian orang tua (X
) yang berpengaruh terhadap prestasi
belajar (Y) yaitu jumlah sumbangan variabel motivasi belajar (X
2
) sebesar 20,42%
adalah lebih besar dibandingkan dengan variabel per
hatian orang tua (X
1
), yaitu
sebesar 10,06%.
Hal di atas dibuktikan bahwa
hipotesis yang menyatakan “variabel manakah yang
dominan diantara kedua variabel motivasi belajar (X
) dan variabel perhatian orang tua
(X
2
1
) terhadap variabel prestasi belajar siswa
(Y) mata pelajaran IPS kelas VII di SMP
Negeri 2 Jember semester genap tahun ajaran 2011/2012”, dinyatakan diterima.
Sedangkan, sisa proporsi sumbangan variabel lainnya yakni sebesar 69,52% adalah
faktor di luar variabel dalam penelitian ini.
Berdasarkan
uraian diatas bahwa motivasi belajar dan perhatian orang tua
terhadap belajar siswa sangat penting diperhatikan untuk meningkatkan prestasi belajar
siswa pada mata pelajaran IPS kelas VII semester genap tahun ajaran 2011/2012. Oleh
sebab itu,
diharapkan pihak sekolah, guru dan orang tua perlu kesediaan memberikan
perhatian sebagai dukungan terhadap motivasi belajar dan perhatian orang tua guna
meningkatkan prestasi belajar siswa.