Show simple item record

dc.contributor.authorWASIAH, Maroatul
dc.date.accessioned2023-06-12T21:59:36Z
dc.date.available2023-06-12T21:59:36Z
dc.date.issued2023-02-24
dc.identifier.nim190210205021en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/116810
dc.descriptionFinalisasi repositori 13 Juni 2023_Kurnadien_US
dc.description.abstractPerkembangan pada anak usia dini yang perlu dikembangkan salah satunya adalah perkembangan bahasa. Bahasa merupkan salah satu sarana yang digunakan dalam berkomunikasi dengan mengekspresikan gagasan ataupun keinginan. Lingkup dari perkembangan bahasa salah satunya adalah kemampuan keaksaraan awal, dimana kemampuan ini adalah cakupan pengetahuan terhadap keterkaitan simbol dan bunyi huruf, mencontoh penulisan simbol huruf, dan mengartikan kata dalam cerita. Berdasarkan hasil pengamatan awallyang telah dilakukan di PAUD Terpadu Al Furqan Kabupaten Jember pada kelompok A6. Pada awal semester gasal kemampuan keaksaraan awal anak belum berkembang secara optimal. Hal tersebut terlihat ketika anak kesulitan dalam mengenal, menulis, dan mengucapkan huruf A-Z secara mandiri, membuat coretan bermakna serta menirukan tulisan. Seiring berjalannya waktu kemampuan keaksaraan awal anak kelompok A6 berkembang sesuai harapan yakni perkembangan tersebut terlihat pada akhir semester gasal. Terdapat 9 dari 12 anak kelompok A6 yang memiliki perkembangan kemampuan keaksaraan awal sangat baik dan sesuai dengan capaian perkembangan. Menurut penuturan yang disampaikan oleh guru kelompok A6, dijelaskan bahwa perkembangan kemampuan keaksaraan awal anak kelompok A6 berkembang sangat baik, karena adanya kegiatan jurnal pagi yang dilakukan setiap hari oleh anak. Rumusan masalah dalam penelitiannini adalah apakah terdapat hubungan antara kegiatan jurnal pagi dengannkemampuan keaksaraan awal anak kelompok A6 di PAUD Terpadu Al Furqan Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2022/2023?. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kegiatan jurnal pagi dengan kemampuan keaksaraan awal anak kelompok A6 di PAUD Terpadu Al Furqan Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2022/2023.en_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing Utama : Dr. Nanik Yuliati, M.Pd. Dosen Pembimbing Anggota : Reski Yulina Widiastusi, S,Pd., M.Pd.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectJurnal Pagien_US
dc.subjectPerkembangan pada anak usia dinien_US
dc.subjectPerkembangan Bahasaen_US
dc.titleHubungan Antara Kegiatan Jurnal Pagi dengan Kemampuan Keaksaraan Awal Anak Kelompok A6 di PAUD Terpadu Al Furqan Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2022/2023en_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Guru PAUDen_US
dc.identifier.pembimbing1Dr. Nanik Yuliati, M.Pden_US
dc.identifier.pembimbing2Reski Yulina Widiastuti, S.Pden_US
dc.identifier.validatorratnaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record