Show simple item record

dc.contributor.authorKHOIRIYAH, Rena Maftu Hatul
dc.date.accessioned2023-06-09T07:55:37Z
dc.date.available2023-06-09T07:55:37Z
dc.date.issued2023-01-16
dc.identifier.nim190210102036en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/116750
dc.descriptionFinalisasi oleh Taufik Tgl 9 Juni 2023en_US
dc.description.abstractFisika dianggap mata pelajaran yang sulit dan kurang menarik. Banyaknya rumus-rumus dalam menyelesaikan masalah fisika membuat siswa bingung untuk menentukan rumus yang akan digunakan dalam menyelesaikan soal. Selain itu, tidak sedikit pula siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi yang diajarkan dan tidak bisa memahami konsep-konsep fisika dengan baik, serta lemahnya kemampuan siswa pada perhitungan matematis. Hal inilah yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal-soal fisika. Terdapat berbagai cara yang bisa digunakan oleh guru untuk menangani permasalahan tersebut misalnya menerapkan model pembelajaran tertentu. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan adalah model pembelajaran project based learning. Tujuan penelitian ini adalah mengkaji pengaruh signifikan penerapan model project based learning terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi dalam menganalisis konsep teori kinetik gas dan mengkaji pengaruh signifikan model project based learning terhadap aktivitas belajar fisika siswa dalam menganalisis konsep teori kinetik gas. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan perlakuan penerapan model pembelajaran project based learning pada kelas eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 5 Jember. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA dengan sampel penelitian adalah kelas XI MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 4 sebagai kelas kontrol. Design penelitian ini adalah posttest only control group design dengan metode pengumpulan data penelitian ini adalah wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Adapun materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori kinetik gas. Penelitian ini melakukan uji normalitas data menggunakan pengujian one-sample Kolmogorov-smirnov. Pada data keterampilan berpikir tingkat tinggi diperoleh nilai signifikansi 0,000 yang nilainya lebih kecil dari 0,05 sehingga data tidak terdistribusi normal, maka dilanjutkan dengan melakukan uji Non-parametric test mann whiteney U dan diperoleh hasil bahwa data terdistribusi normal. Adapun hasil uji one-sample Kolmogorov-smirnov data aktivitas belajar fisika siswa diperoleh nilai signifikansi 0,000 yang nilainya lebih kecil dari 0,05 sehingga data yang diperoleh tidak terdistribusi normal. Oleh karena itu, pengujian dilanjutkan dengan uji Non-parametric test mann whiteney U dan diperoleh hasil bahwa data terdistribusi normal. Maka dari itu, pengujian data dapat dilanjutkan dengan melakukan uji hipotesis menggunakan independent sample t-test. Hasil uji independent sample t-test data keterampilan berpikir tingkat tinggi pada indikator C4-prosedural, C4-metakognitif, C5-konseptual, C5-Prosedural, dan C5 metakognitif menghasilkan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 sehingga menunjukkan ada perbedaan hasil antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada indikator C4-konseptual, C6-konseptual, C6-prosedural, dan C6-metakognitif diperoleh nilai signifikansi lebih besar dari 0,05 sehingga menunjukkan tidak ada perbedaan hasil antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil uji independent sample t-test data aktivitas belajar fisika siswa diperoleh nilai signifikansi 0,013 dan 0,000 pada indikator menjawab pertanyaan dan menyampaikan pendapat yang menunjukkan ada perbedaan hasil aktivitas belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sedangkan pada indikator bertanya, ketepatan dalam mengerjakan tugas, dan ketepatan dalam mengumpulkan tugas diperoleh nilai signifikansi lebih besar dari 0,05 sehingga tidak ada perbedaan hasil antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan analisis data yang dilakukan, maka dapat diperoleh kesimpulan bahwa model project based learning berpengaruh positif secara signifikan terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa dalam menganalisis konsep teori kinetik gas dan model project based learning berpengaruh positif secara signifikan terhadap aktivitas belajar fisika siswa dalam menganalisis konsep teori kinetik gas.en_US
dc.description.sponsorshipDr. Sudarti, M.Kes. Lailatul Nuraini, S.Pd., M.Pd., CIQnR., M.C.E.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKANen_US
dc.subjectMODEL PROJECT BASED LEARNINGen_US
dc.subjectPEMBELAJARAN TEORI KINETIK GASen_US
dc.subjectKETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGIen_US
dc.titlePengaruh Model Project Based Learning dalam Pembelajaran Teori Kinetik Gas Terhadap Keterapilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa di SMAN 5 Jemberen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPENDIDIKAN FISIKAen_US
dc.identifier.pembimbing1Dr. Sudarti, M.Kes.en_US
dc.identifier.pembimbing2Lailatul Nuraini, S.Pd., M.Pd., CIQnR., M.C.E.en_US
dc.identifier.validatorTaufiken_US
dc.identifier.finalizationTaufiken_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record