Model Kompetensi Pekerja Sosial Medis Di Rumah Sakit Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pelayanan Kesehatan
Abstract
Profesi Pekerja Sosial Medis saat ini semakin menduduki posisi yang strategis, hal itu disebabkan oleh perubahan paradigma berpikir masyarakat yang semakin menuntut pelayanan kesehatan secara prima dan terintegrasi. Penelitian ini secara umum bertujuan memenuhi kebutuhan stakeholder yakni pengguna lulusan Jurusan IKS FISIP Universitas Jember dengan upaya memperbaiki kurikulum pendidikan IKS FISIP Universitas Jember melalui : a) tersusunnya mata kuliah yang memiliki kompetensi pekerja sosial medis, b) Tersusunnya silabus/RPP pada mata kuliah Pekerja Sosial Medis, c) Tersusunnya materi ajar berdasarkan silabus dan SAP. Metode yang dipergunakan pada penelitian ini, meliputi : a) Colecting data dilakukan dengan melalui data primer (observasi, wawancara dan diskusi dengan stafpengajar dan mahasiswa) & data sekunder, Informan primer penelitian ini adalah staf pengajar dan mahasiswa di tiga fakultas ditiga Universitas (UI, Unej dan UMM), Analisis data dilakukan dengan mempergunakan analisis data deskriptif kualitatif dengan tahapan : Menyiapkan instrumen penelitian, Uji coba instrumen, Diskusi temuan lapangan, Analisis data dan Uji kredibilitas. Mata kuliah yang terkait dengan masalah kesehatan di Jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial (IKS), FISIP Universitas Indonesia diberi nama Masalah-Masalah Kesehatan, penekannannya terletak pada keterkaitan, kemampuan menjelaskan, identifikasi, analisis dan menentukan alternatif pemecahan masalah kesehatan dengan kesejahteraan sosial (pendekatan makro). Mata kuliah yang terkiat dengan masalah kesehatan di Jurusan IKS FISIP UMM bernama Ilmu Kesehatan Masyarakat yang menekankan pada analisis perilaku individu, kelompok dan masyarakat yang terkait dengan masalah kesehatan serta bagaimana intervensi oleh pekerja sosial dilakukan (pendekatan mikro). Di Jurusan IKS FISIP Universitas Jember diberi nama Pekerja Sosial Medis menekankan pada aspek penyelesaian masalah sosial yang dihadapi oleh pasien di industri jasa layanan kesehatan (RS,Puskesmas, dll) serta problema kesehatan pada tataran masyarakat luas.
Collections
- LRR-Hibah Bersaing [348]