dc.contributor.author | MEIDIA, Alya Rosa | |
dc.date.accessioned | 2023-05-31T01:58:29Z | |
dc.date.available | 2023-05-31T01:58:29Z | |
dc.date.issued | 2022-07-25 | |
dc.identifier.citation | Universitas Jember | en_US |
dc.identifier.citation | Universitas Jember | |
dc.identifier.citation | Universitas Jember | |
dc.identifier.citation | Universitas Jember | |
dc.identifier.citation | Universitas Jember | |
dc.identifier.citation | Universitas Jember | |
dc.identifier.citation | Universitas Jember | |
dc.identifier.citation | Universitas Jember | |
dc.identifier.citation | Universitas Jember | |
dc.identifier.citation | Universitas Jember | |
dc.identifier.citation | Universitas Jember | |
dc.identifier.citation | Universitas Jember | |
dc.identifier.citation | Universitas Jember | |
dc.identifier.citation | Universitas Jember | |
dc.identifier.citation | Universitas Jember | |
dc.identifier.citation | Universitas Jember | |
dc.identifier.nim | 180210102024 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/116609 | |
dc.description.abstract | Pada abad ke-21, pendidikan menjadi kebutuhan yang penting terutama
dalam mencetak generasi yang berkualitas dimana siswa dilatih agar memiliki
keterampilan 4C yaitu berpikir kritis (critical thinking), kreatif dan inovatif
(creative and innovative), kolaborasi (collaboration), dan komunikasi
(communication). Pembelajaran merupakan salah satu cara yang dapat diupayakan
untuk mengembangkan keterampilan dan pengetahuan yang dimiliki oleh siswa.
Namun permasalahan yang sering dijumpai adalah rendahnya hasil belajar siswa
yang disertai dengan minimnya keaktifan siswa tersebut selama proses
pembelajaran. Hal tersebut terjadi karena kegiatan pembelajaran yang masih
berpusat pada guru dan salah satu faktor rendahnya hasil belajar adalah kurang
maksimalnya penggunaan media sehingga pembelajaran kurang bervariasi.
Mengingat pentingnya pelajaran fisika maka perlu adanya terobosan baru yang
efektif dan menyenangkan untuk meningkatkan hasil belajar dan minat siswa
dengan bantuan media pembelajaran. Oleh sebab itu, E-Modul fisika berbasis
collaborative creativity learning sangat mendukung untuk digunakan pada
pembelajaran masa kini karena siswa lebih tertarik belajar dengan menggunakan
animasi.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan
E-Modul fisika berbasis collaborative creativity learning terhadap hasil belajar
fisika siswa SMA dan mendeskripsikan minat belajar siswa setelah menggunakan
E-Modul fisika berbasis collaborative creativity learning. Jenis penelitian ini
yaitu penelitian eksperimen dengan desain penelitian post test only control group.
Tempat penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 4 Jember. Sampel penelitian ditentukan setelah dilakukan uji homogenitas terhadap populasi yang ditentukan
dengan cara cluster random sampling. Sampel yang digunakan yakni kelas X IPA
2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 1 sebagai kelas kontrol. Teknik
pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, observasi, angket, dan dokumentasi.
Sedangkan teknik analisis data hasil belajar siswa menggunakan uji
Nonparametric Mann-Whitney U dengan bantuan SPSS 26.
Hasil analisis menunjukkan bahwa data hasil belajar siswa pada ranah
kognitif diperoleh hasil uji normalitas nilai post test siswa dengan sig. (2-tailed)
kelas eksperimen 0,000 dan kelas kontrol 0,010 berarti berarti pada kedua kelas
tersebut nilai hasil belajarnya tidak terdistribusi normal. Maka langkah
selanjutnya untuk melakukan uji hipotesis dapat dilakukan dengan uji Mann-
Whitney U dengan hasil yang diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,001 < 0,05.
Sehingga dapat disimpulkan bahwa
diterima dan ditolak. Sedangkan data
yang diperoleh dari angket minat belajar siswa terhadap penggunaan E-Modul
fisika berbasis collaborative creativity learning yang terdiri dari 4 indikator
(perasaan senang, ketertarikan, perhatian, dan keterlibatan) dengan masing-
masing 5 pernyataan diperoleh skor rata-rata sebesar 82%, interval tersebut
termasuk ke dalam kategori baik.
Berdasarkan hasil analisis data yang telah diperoleh, maka dapat ditarik
kesimpulan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan E-Modul fisika
berbasis collaborative creativity learning terhadap hasil belajar siswa di SMA
Negeri 4 Jember. Penggunaan E-Modul fisika berbasis collaborative creativity
learning dikategorikan baik dengan nilai skor rata-rata sebesar 82% diperoleh dari
minat belajar siswa setelah menggunakan E-Modul fisika berbasis collaborative
creativity learning. | en_US |
dc.description.sponsorship | Drs. Subiki, M.Kes | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Universitas Jember | en_US |
dc.subject | Modul Fisika | en_US |
dc.subject | Collaborative Creative Learning | en_US |
dc.title | Pengaruh E-modul Fisika Berbasis Collaborative Creativity Learning terhadap Hasil Belajar dan Minat Siswa Sma pada Pokok Bahasan Momentum Dan Impuls | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Pendidikan Fisika | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Drs. Subiki, M.Kes | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Dr. Drs. Sri Handono Budi Prastowo, M.Si | en_US |
dc.identifier.finalization | Finalisasi tanggal 31 Mei 2023_M.Arif Tarchimansyah | en_US |