dc.contributor.author | FITRIYANI, ,Firyal Fatinah | |
dc.date.accessioned | 2023-05-30T02:59:04Z | |
dc.date.available | 2023-05-30T02:59:04Z | |
dc.date.issued | 2023-03-17 | |
dc.identifier.nim | 190210102032 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/116584 | |
dc.description.abstract | Model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan media kahoot merupakan salah satu model yang melibatkan siswa secara aktif saat pelajaran fisika. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan hasil belajar antara kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan media aplikasi kahoot dengan kelas yang menggunakan model yang diajarkan disekolah, melalui penerapan model ini siswa lebih aktif selama proses pembelajaran sehingga hasil belajar yang didapatkan juga meningkat setelah menggunakan model kooperatif tipe STAD berbantuan kahoot. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang dilakukan di SMAN 3 Jember, kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 34 siswa dan kelas XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 34 siswa. Sumber data berasal dari penilaian oleh pengamat, pretest, posttest. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berpengaruh signifikan sebesar 0,017 terhadap hasil belajar fisika siswa SMA. Aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran melalui penerapan model berbantuan media aplikasi kahoot mendapatkan presentase kriteria sangat aktif yakni pertemuan pertama yaitu 84,35% dan pada pertemuan kedua didapatkan rata-rata sebesar 92,47%, sehingga setiap pertemuan siswa bereparan aktif selama proses pembelajaran. | en_US |
dc.description.sponsorship | Drs. Subiki, M.Kes.
Lailatul Nuraini S.Pd., M.Pd. | en_US |
dc.publisher | FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN | en_US |
dc.subject | model kooperatif tipe STAD | en_US |
dc.subject | kahoot | en_US |
dc.subject | hasil belajar fisika | en_US |
dc.title | Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Berbantuan Media Aplikasi Kahoot Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Sma | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | PENDIDIKAN FISIKA | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Drs. Subiki, M.Kes. | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Lailatul Nuraini S.Pd., M.Pd. | en_US |
dc.identifier.finalization | Finalisasi tanggal 30 Mei 2023_M.Arif Tarchimansyah | en_US |