Show simple item record

dc.contributor.authorHODAY, Ifa
dc.date.accessioned2023-05-30T01:54:11Z
dc.date.available2023-05-30T01:54:11Z
dc.date.issued2023-04-06
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/116562
dc.description.abstractLatar belakang dalam penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran yang masih menggunakan model konvensional sehingga mengakibatkan terjadinya beberapa permasalahan diantaranya rendahnya keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif STAD terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperimen atau eksperimen semu dengan desain penelitian pretest-posttest control group desain. Lokasi penelitian dilaksanakan di MA. Miftahul Ulum Kalisat pada semester genap dengan materi pelajaran “Dinamika Atmosfer dan Dampaknya Terhadap Kehidupan”. Hasil penelitian menunjukkan model pembelajaran kooperatif STAD berpengaruh signifikan terhadap keterampilan berpikir krtitis dan hasil belajar siswa yang dibuktikan dengan hasil uji independent T-test yaitu nilai sig. keterampilan berpikir kritis sebesar 0,002 (<0,05) dan nilai sig. hasil belajar siswa sebesar 0,023 (<0,05). Model pembelajaran ini juga mampu meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil beajar siswa yang dibuktikan dengan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol.en_US
dc.description.sponsorshipProf. Dr. Sri Astutik, M.Si. Bejo Apriyanto, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectmodel pembelajaran STADen_US
dc.subjectketerampilan berpikir kritisen_US
dc.subjecthasil belajaren_US
dc.titlePengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Student Team Achievement Division (STAD) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa SMA/MAen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.finalizationFinalisasi tanggal 30 Mei 2023_M.Arif Tarchimansyahen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record