• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Rekonstruksi di Amerika Serikat bagian Selatan Tahun 1865-1877

    Thumbnail
    View/Open
    Catur Nilasari - 080210302006_1.pdf (194.6Kb)
    Date
    2013-12-20
    Author
    Catur Nilasari
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Latar belakang pemilihan masalah ini, yaitu perbedaan pandangan yang terlihat sulit disatukan antara negara bagian Utara dan negara bagian Selatan mengenai masalah perbudakan menjadi pemicu meletusnya Perang Saudara dan berakibat hancurnya wilayah yang mengalami kekalahan perang. Ketika Perang Saudara berakhir, pemerintah berupaya untuk mengembalikan kondisi negara dengan mengembalikan keutuhan Union dan memberikan persamaan hak bagi orang kulit hitam. Namun, persamaan hak bagi orang kulit hitam tidak sepenuhnya berhasil. Pasca rekonstruksi orang kulit hitam masih mendapatkan diskriminasi ras. Hal ini bertolak belakang dengan Declaration of Independence yang menyatakan bahwa Amerika Serikat sangat menjunjung tinggi demokrasi dan Ham. Selain itu, proses rekonstruksi juga berpengaruh terhadap perkembangan negara Amerika Serikat selanjutnya, baik dalam hal ekonomi ataupun politik. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah : (1) kondisi di Amerika Serikat bagian Selatan pasca Perang Saudara tahun 1861-1865; (2) Pelaksanaan rekonstruksi di Amerika Serikat bagian Selatan tahun 1865-1877; Pengaruh rekonstruksi di Amerika Serikat bagian Selatan pasca tahun 1877. Sedangkan tujuan yang ingin dicapai oleh penulis adalah ingin mengkaji secara mendalam mengenai : (1) Kondisi di Amerika Serikat bagian Selatan pasca Perang Saudara tahun 1865-1877; (2) Pelaksanaan rekonstruksi di Amerika Serikat bagian Selatan tahun 1865-1877; (3) Mengkaji pengaruh rekonstruksi di Amerika Serikat bagian Selatan pasca tahun 1877. Adapun Manfaat dari penelitian ini antara lain: 1) bagi penulis, Penelitian ini bermanfaat untuk menambah wawasan dan pengetahuan mengenai rekonstruksi di Amerika bagian Selatan tahun 1865-1877; 2) bagi pembaca khususnya mahasiswa program studi Pendidikan Sejarah dapat menambah wawasan untuk mata kuliah sejarah Amerika; 3) bagi Almamater FKIP Universitas Jember, penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi dalam rangka pengembangan ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan sejarah dan bermanfaat untuk sumber belajar. Metode penelitian yang digunakan oleh penulis ialah metode sejarah dengan pendekatan sosiologi politik, yang dilakukan melalui empat tahapan, yaitu heuristik atau pengumpulan sumber, kritik, interpretasi dan historiografi. Hasil dari pembahasan yaitu rekonstruksi yang berlangsung pada tahun 1865-1877 bermula dari kondisi negara yang mengalami kehancuran pasca Perang Saudara. Pemerintah segera berupaya memulihkan kondisi negara melalui program rekonstruksi. Akhirnya, pemerintah berhasil menyatukan kembali keutuhan Union dan memberikan persamaan hak bagi mantan budak. Kesimpulan yang dapat diambil dalam rekonstruksi di Amerika Serikat bagian Selatan tahun 1865-1877 pemerintah berhasil menyatukan kembali keutuhan Union yang sempat terpecah belah akibat perang dan memberikan kebebasan bagi para budak meskipun masih terdapat diskriminasi di beberapa negara bagian Selatan yang belum bisa menerima keberadaan para mantan budak, serta memulihkan kondisi ekonomi negara. Selain itu, setelah beberapa tahun pasca rekonstruksi Amerika Serikat menjadi negara terkemuka di dunia, baik dalam bidang ekonomi, politik ataupun pendidikan. Berdasakan hasil penelitian ini, maka saran yang hendak penulis kemukakan yaitu: 1) Sebagai warga negara, hendaknya saling menghargai berbagai macan ras atau etnis yang ada dalam suatu negara tersebut atau menghilangkan diskriminasi antar ras; 2) Bagi mahasiswa program studi pendidikan sejarah, hendaknya meningkatkan penguasaan materi sejarah sebagai bekal calon guru sejarah yang akan terjun di masyarakat; 3) Bagi almamater, hendaknya meningkatkan lebih banyak literatur terutama tentang sejarah Amerika agar penelitian dapat terus berkembang sebagai wujud Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu dharma penelitian.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/11630
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15423]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository