dc.contributor.author | Maulidya, Devi Yuniarti | |
dc.date.accessioned | 2023-05-17T08:25:21Z | |
dc.date.available | 2023-05-17T08:25:21Z | |
dc.date.issued | 2018-04-05 | |
dc.identifier.nim | 190210103104 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/116214 | |
dc.description | Finalisasi unggah file repositori tanggal 17 Mei 2023_Kurnadi | en_US |
dc.description.abstract | Kemampuan berpikir sistem merupakan salah satu jenis kemampuan yang
sangat penting bagi siswa abad 21. Kemampuan berpikir sistem dapat membantu
siswa dalam proses mengatur pikiran mereka dengan cara yang bermakna.
Kemampuan berpikir sistem juga diperlukan oleh siswa dalam proses
pembelajaran, salah satu contohnya yaitu Biologi. Oleh sebab itu, perlu adanya
indikator pendukung dalam proses pembelajaran Biologi, seperti dengan
penggunaan media ajar yang sesuai dengan kebutuhan. Hal tersebut bertujuan untuk
mempermudah pencapaian tujuan pembelajaran yang efektif dan efisien.
Berdasarkan observasi yang dilakukan oleh peneliti di salah satu sekolah
kawasan pertanian industrial Jember bahwa pembelajaran ekosistem dapat
dilakukan dengan melakukan pengamatan atau praktikum secara langsung.
Kegiatan tersebut dilakukan oleh siswa yang hanya mengamati ekosistem di seputar
lingkungan sekolah saja. Oleh karena itu, perlu adanya penggunaan jenis media ajar
untuk mendukung proses pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan
berpikir sistem pada siswa dalam pembelajaran Biologi. Salah satu inovasi untuk
mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan menggunakan media ajar diorama
pada mata pelajaran Biologi khususnya materi ekosistem. Tujuan dari penggunaan
media ajar diorama yaitu siswa dapat memperjelas gambaran materi yang sulit
ditebak dan dapat meningkatkan pengetahuan serta pengalaman yang lebih nyata
atau konkret.
Tujuan penelitian ini, yaitu untuk mengetahui proses pengembangan media
ajar diorama, untuk menghasilkan media diorama yang valid dan layak digunakan,
serta untuk mengetahui hasil uji coba terbatas pengembangan media ajar diorama
dalam materi ekosistem terhadap kemampuan berpikir sistem pada siswa. Jenis
penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Research and Development/R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang
terdiri dari 5 tahap yaitu Analysis (analisis), Design (desain), Development
(pengembangan), Implementation (implementasi), dan Evaluation (evaluasi).
Validitas pengembangan media ajar diorama ditentukan berdasarkan face validity
dan content validity yang diperoleh dari penilaian tiga para ahli dengan
menggunakan skala likert 5 point.
Hasil validitas pengembangan media ajar diorama dalam penelitian ini
memiliki nilai inter-rater agreement dari tiga para ahli sebesar 95,5% sehingga
dapat dinyatakan bahwa produk pengembangan tersebut valid dan layak digunakan
dalam proses pembelajaran. Pengambilan data pada penelitian dengan cara
melakukan uji skala terbatas terhadap penggunaan media ajar diorama yang telah
dikembangkan dalam materi ekosistem pada kelas X-2 SMAN Jenggawah dengan
jumlah sampel 16 siswa. Kemudian, hasil data uji skala terbatas tersebut dilakukan
analisis melalui uji paired sampel t-test dengan hasil sig. (2-tailed) <0,001 artinya
terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pretest dan posttest berpikir sistem.
Hasil nilai d (Cohen’s effect size) yaitu sebesar 5.359 yang menunjukkan bahwa
besar pengaruh dari pengembangan media ajar diorama termasuk dalam kriteria
effect size tinggi. Oleh sebab itu, dapat disimpulkan bahwa pengembangan media
ajar diorama memiliki pengaruh positif untuk mengasah kemampuan berpikir
sistem pada siswa dalam materi ekosistem. | en_US |
dc.description.sponsorship | Pembimbing Utama Bevo Wahono, S.Pd., M.Pd. Ph.D.
Pembimbing Anggota Dr. Bea Hana Siswati, S.Pd., M. Pd. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | Media Ajar Diorama | en_US |
dc.subject | Kawasan Pertanian Industrial Jembe | en_US |
dc.subject | Materi Ekosistem | en_US |
dc.title | Pengembangan Media Ajar Diorama Materi Ekosistem untuk Mengasah Kemampuan Berpikir Sistem pada Siswa SMA di Kawasan Pertanian Industrial Jember | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Pendidikan Biologi | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Bevo Wahono, S.Pd., M.Pd. Ph.D. | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Dr. Bea Hana Siswati, S.Pd., M. Pd. | en_US |
dc.identifier.validator | kacung-11-Mei-2023 | en_US |