dc.contributor.author | Firdaus, Dita Riskiana | |
dc.date.accessioned | 2023-05-16T08:07:41Z | |
dc.date.available | 2023-05-16T08:07:41Z | |
dc.date.issued | 2023-02-24 | |
dc.identifier.nim | 190210104027 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/116185 | |
dc.description | Finalisasi unggah file repositori tanggal 16 Mei 2023_Kurnadi | en_US |
dc.description.abstract | Ilmu pengetahuan Alam (IPA) merupakan suatu ilmu yang menganut fakta
berdasarkan sistem penemuan, dan dalam konsep IPA juga melakukan eksperimen dengan
tujuan memecahkan suatu persoalan dan menemukan suatu temuan terbaru dan juga berupa
solusi untuk dapat memecahkan solusi tersebut atau biasa disebut dengan kemampuan
problem solving. Sehingga dalam mempelajari ilmu IPA sangat erat kaitannya dengan
problem solving, apalagi mengingat dari beberapa survei kemampuan problem solving
siswa di Indonesia masih tergolong rendah. Selain itu, mengikuti perkembangan informasi,
Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) secara resmi mengesahkan agenda 2030 dengan 17
tujuan pembangunan berkelanjutan atau “Global Goals for Sustainable Development”
(SDGs) yang membutuhkan bantuan berbagai macam pihak diantaranya dunia pendidikan.
Maka berdasarkan pernyataan diatas, dapat diwujudukan dengan melakukan
penelitian yang bertujuan untuk dapat menghasilkan bahan ajar yang selain meningkatkan
kemampuan problem solving tetapi juga dapat mendukung SDGs salah satunya dengan
menambahkan muatan Education for Sustainable Development. Ttujuan pada penelitian ini
yakni mendeskripsikan validitas, kepraktisan, dan keefektifan e-modul pada materi sistem
pencernaan manusia untuk meningkatkan kemampuan scientific explanation siswa SMP.
Jenis penelitian ini yaitu penelitian pengembangan dengan model ADDIE melalui tahapantahapan sebagai berikut: (1) analyze,, (2) design, (3) develop, (4) implement, dan 5)
evaluate.
Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu
instrumen lembar validasi, instrumen lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran,
instrumen tes, dan instrumen lembar angket respon siswa. Teknik analisis data dilakukan
dengan teknik persentase untuk dapat mengetahui kepraktisan e-modul yang
dikembangkan, teknik persentase untuk mengetahui validitas e-modul yang dikembangkan,
teknik persentase untuk mengetahui kemampuan problem solving siswa melalui tes dan
diukur menggunakan N-gain, dan teknik persentase untuk mengetahui respon siswa setelah
menggunakan e-modul yang dikembangkan. Dengan demikian data yang diperoleh yaitu
validitas, keterlaksanaan pembelajaran, data pre-test dan postest, dan respon siswa.
Hasil yang diperoleh dari pengembangan e-modul yaitu, dari perhitungan
hasil validasi ketiga validator menunjukkan validitas sebesar 91,72% dengan kategori
sangat valid. Kemudian, dilakukan uji coba produk e-modul dari hasil pengembangan di
SMPN 5 Jember kelas VIII B sebanyak tiga kali pertemuan untuk mengetahui produk hasil
pengembangan dapat dikatakan praktis dan efektif. Hasil kepraktisan dari keterlaksanaan
pembelajaran dengan menggunakan e-modul dilakukan oleh tiga orang observer
memperoleh rata-rata 89,97% dengan kriteria sangat baik sehingga dapat dikatakan
terlaksana dengan sangat baik. Hasil keefektifan produk e-modul dilihat dari hasil nilai pretest dan postest yang menggunakan indikator kemampuan problem solving menunjukkan
nilai N-gain sebesar 0.45 yang termasuk dalam kategori sedang, dan memperoleh respon
siswa sebesar 92,49 % yang termasuk kategori sangat positif. Dengan demikian hasil
pembelajaran dengan menggunakan e-modul pada materi sistem pencernaan termasuk
bahan ajar yang efektif dalam pembelajaran.
Kesimpulan dari penelitian ini yaitu validitas e-modul materi struktur dan fungsi
tumbuhan yang dikembangkan termasuk dalam kategori valid, sehingga dapat
digunakan sebagai bahan ajar. Keterlaksanaan pembelajaran menggunakan e-modul ini
dapat terlaksana dengan baik sesuai dengan kegiatan pembelajaran yang
telah direncanakan oleh guru, dengan demikian e-modul termasuk dalam kategori
praktis. Peningkatan kemampuan problem solving setelah menggunakan e-modul
menunjukkan kriteria N-gain sedang, dengan demikian e-modul ini dapat memenuhi
kriteria efektif dan layak digunakan sebagai bahan ajar yakni pada pokok bahasan struktur
dan fungsi tumbuhan dalam pembelajaran IPA di SMP. | en_US |
dc.description.sponsorship | Dosen Pembimbing Utama : Pramudya Dwi Aristya Putra, S. Pd., M. Pd., Ph.D.
Dosen Pembimbing Anggota : Aris Singgih Budiarso, S. Pd., M. Pd. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | Education for Sustainable Development (ESD) | en_US |
dc.subject | Problem Solving | en_US |
dc.subject | Pengembangan E-Modul | en_US |
dc.title | Pengembangan E-Modul Berbasis Education For Sustainable Development (ESD) untuk Meningkatkan Kemampuan Problem Solving Siswa SMP Pada Materi Struktur dan Fungsi Tumbuhan | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Pendidikan IPA | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Pramudya Dwi Aristya Putra, S.Pd., M.Pd., Ph.D | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Aris Singgih Budiarso, S.Pd., M.Pd | en_US |
dc.identifier.validator | Kacung.8-Mei-2023 | en_US |