dc.contributor.author | Wildana, Afinda Abdi | |
dc.date.accessioned | 2023-05-16T08:05:55Z | |
dc.date.available | 2023-05-16T08:05:55Z | |
dc.date.issued | 2023-04-05 | |
dc.identifier.nim | 190210104038 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/116184 | |
dc.description | Finalisasi unggah file repositori tanggal 16 Mei 2023_Kurnadi | en_US |
dc.description.abstract | IPA dibangun atas dasar produk ilmiah, proses ilmiah dan sikap ilmiah.
Pembelajaran IPA ialah kegiatan belajar mengajar yang terjadi antara guru dan
siswa yang mempelajari tentang suatu fenomena untuk menghasilkan produk
melalui proses ilmiah. Pembelajaran sendiri diartikan sebagai proses hubungan
yang melibatkan komponen pendidik, siswa, dan sumber belajar yang berlangsung
dalam lingkungan belajar. Pembelajaran IPA yang menerapkan konsep literasi sains
dapat menciptakan siswa berkualitas di era modern ini.
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan validitas, kepraktisan, keefektifan
modul berbasis STEM dalam bentuk flipbook digital pada materi sistem pencernaan
manusia untuk meningkatkan literasi sains siswa SMP. Dalam hal ini menggunakan
jenis penelitian pengembangan (R&D). Penelitian yang dilakukan menerapkan
model pengembangan ADDIE yang terdiri atas tahap analisis (analyze),
perancangan (design), pengembangan (develop), implementasi (implement), dan
evaluasi (evaluate).
Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu
instrumen lembar validasi, instrumen lembar observasi keterlaksanaan
pembelajaran, instrumen tes, dan instrumen lembar angket respon siswa. Teknik
analisis data dilakukan dengan teknik persentase untuk mengetahui validitas modul
flipbook digital yang dikembangkan, teknik persentase untuk mengetahui
kepraktisan modul flipbook digital yang dikembangkan, teknik persentase untuk
mengetahui kemampuan literais sains siswa melalui tes dan diukur menggunakan
rumus N-gain, serta teknik persentase untuk mengetahui respon siswa setelah
menggunakan modul flipbook digital yang dikembangkan. Dengan demikian data yang diperoleh yaitu validitas, keterlaksanaan pembelajaran, nilai pre-test dan
postest, dan hasil respon siswa.
Hasil yang diperoleh dari pengembangan modul flipbook digital yaitu, dari
perhitungan hasil validasi ketiga validator sebesar 88,37% termasuk dalam kriteria
sangat valid. Setelah itu dilakukan uji coba produk dari hasil pengembangan di
SMPN 6 Jember kelas VIII F sebanyak tiga kali pertemuan untuk mengetahui
produk hasil pengembangan dapat dikatakan praktis dan efektif. Hasil kepraktisan
dari keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan modul flipbook digital
sebesar 91.90% termasuk dalam kriteria sangat baik sehingga dapat dikatakan
terlaksana dengan sangat baik. Hasil keefektifan produk modul flipbook digital
dilihat dari hasil nilai pre-test dan post-test mengukur kemampuan literasi sains
menunjukkan peningkatan dengan nilai N-gain sebesar 0,64 yang termasuk dalam
kriteria sedang. Dengan demikian hasil pembelajaran dengan menggunakan modul
berbasis STEM dalam bentuk flipbook digital pada materi sistem pencernaan
termasuk efektif dalam pembelajaran.
Kesimpulan dari penelitian ini yaitu validitas modul berbasis STEM dalam
bentuk flipbook digital pada materi sistem pencernaan manusia untuk
meningkatkan literasi sains siswa SMP termasuk dalam kriteria sangat valid yang
artinya produk dapat digunakan untuk proses kegiatan pembelajaran.
Keterlaksanaan pembelajaran menggunakan modul berbasis STEM dalam bentuk
flipbook digital pada materi sistem pencernaan manusia termasuk dalam kriteria
sangat baik sehingga produk disebut praktis dapat digunakan sebagai bahan ajar
pada proses pembelajaran pada materi sistem pencernaan manusia. Keefektifan
modul berbasis STEM dalam bentuk flipbook digital dalam kriteria N-gain sedang.
Hasil respon siswa menunjukkan respon sangat positif, artinya mendapat respon
baik dari siswa serta produk yang dikembangkan termasuk efektif dan layak
digunakan untuk proses kegiatan pembelajaran. | en_US |
dc.description.sponsorship | Dosen Pembimbing Utama : Pramudya Dwi Aristya P, S.Pd., M.Pd. Ph.D.
Dosen Pembimbing Anggota : Aris Singgih Budiarso, S.Pd., M.Pd. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | Literasi Sains | en_US |
dc.subject | Sistem Pencernaan Manusia | en_US |
dc.subject | STEM | en_US |
dc.subject | Modul Flipbook Digital | en_US |
dc.title | Pengembangan Modul Berbasis STEM dalam Bentuk Flipbook Digital pada Materi Sistem Pencernaan Manusia untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa SMP | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Pendidikan IPA | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Pramudya Dwi Aristya Putra, S.Pd., M.Pd., Ph.D. | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Aris Singgih Budiarso, S.Pd., M.Pd. | en_US |
dc.identifier.validator | Kacung.8-Mei-2023 | en_US |