dc.contributor.author | ILMA, Putri Nafidatul | |
dc.date.accessioned | 2023-05-11T06:29:20Z | |
dc.date.available | 2023-05-11T06:29:20Z | |
dc.date.issued | 2022-09-22 | |
dc.identifier.nim | 180210205064 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/116086 | |
dc.description | Finalisasi unggah file repositori tanggal 11 Mei 2023_Kurnadi | en_US |
dc.description.abstract | Efektivitas proses pembelajaran memiliki posisi yang utama. Guru dalam
proses belajar dituntut untuk dapat membangun interaksi dengan peserta didik guna
mempermudah tercapainya pesan ajar. Pembelajaran yang efektif dapat dibangun
dengan baik oleh pendidik namun di TK/RA yang berada di desa kandangan
kecamatan pesanggaran, peneliti menemukan proses pembelajaran terlihat tidak
efektif dikarenakan peserta didik tidak mendengarkan instruksi guru dengan baik
tetapi lebih banyak berbincang dengan teman sebangkunya, pesan yang disampaikan
oleh pendidik melalui kegiatan bercerita juga tidak dapat diterima dengan baik oleh
peserta didik hal tersebut terlihat saat peserta didik merasa kesulitan dalam
menjelaskan kembali pesan yang disampaikan oleh pendidik, serta perintah yang
diberikan oleh pendidik kepada peserta didik tidak dapat diterima dengan baik
sehingga kondisi kelas yang ramai akan tetap ramai walaupun pendidik sudah
memberikan intruksi untuk diam, tidak terjalinnya sebuah interaksi yang baik dengan
peserta didik seperti guru setelah selesai memberikan materi atau sebuah pesan
pembelajaran pendidik tidak memberikan kesempatan anak didik memberikan respon
mereka terhadap apa yang sudah pendidik sampaikan, cara penyampaian guru yang
terlihat kurang komunikatif, komunikasi yang cenderung hanya satu arah sehingga
terlihat hanya guru yang lebih aktif dan komunikasi yang dilakukan guru kepada para
anak tidak memiliki dorongan yang kuat untuk membawa peserta didik
mendengarkan penjelasan serta arahan dari guru.
Penelitian ini memiliki rumusan masalah apakah terdapat hubungan antara
gaya komunikasi guru dengan efektivitas proses pembelajaran di lembaga TK/RA
Desa Kandangan Kecamatan Pesanggaran Kabupaten Banyuwangi?. Tujuan dari
penelitian ini yakni untuk mengetahui ada atau tidakny hubungan antara gaya komunikasi guru dengan efektivitas proses pembelajaran di TK/RA Desa Kandangan
Kecamatan Pesanggaran Kabupaten Banyuwangi.
Subjek penelitian ini adalah guru TK/RA di Desa Kandangan Kecamatan
Pesanggaran Kabupaten Banyuwangi dengan jumlah 18 orang responden. Jenis
penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian
studi korelasional. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan
dokumentasi. Adapun teknik analisis dalam penelitian ini adalah korelasi Spearman
Rank Test.
Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh hasil analisis korelasi Spearman
Rank Test dengan nilai Sig.2-tailed sebesar 0,042 yang berarti H1 diterima atau
menunjukkan adanya hubungan antara gaya komunikasi guru dengan efektivitas
proses pembelajaran di lembaga TK/RA desa Kandangan.
Saran yang dapat diberikan yaitu Kepada pendidik hendaknya lebih
memperbaiki komunikasi kepada peserta didik sehingga akan menciptakan kondisi
kelas yang nyaman, interaktif dan juga dapat menciptakan efektivitas dalam proses
pembelajaran yang lebih maksimal. Bagi kepala sekolah mendukung pendidik untuk
dapat membangun komunikasi yang baik dengan peserta didik, sehingga dapat
menciptakan kondisi lingkungan yang baik. Bagi peneliti lain. diharapkan dapat
meneliti dan menambahkan aspek serta faktor lain mengenai efektivitas proses
pembelajaran yang dapat dipengaruhi oleh gaya komunikasi guru. | en_US |
dc.description.sponsorship | Pembimbing 1 : Luh Putu Indah Budyawati, S. Pd., M.Pd
Pembimbing II : Laily Nur Aisiyah, S. Pd., M.Pd | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | KOMUNIKASI GURU | en_US |
dc.subject | EFEKTIVITAS PROSES PEMBELAJARAN | en_US |
dc.subject | HUBUNGAN | en_US |
dc.title | Hubungan Antara Gaya Komunikasi Guru dengan Efektivitas Proses Pembelajaran di TK/RA Desa Kandangan Kecamatan Pesanggaran Kabupaten Banyuwangi Tahun Ajaran 2022/2023 | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Luh Putu Indah Budyawati, S.Pd., M.Pd | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Laily Nur Aisiyah, S.Pd., M.Pd | en_US |
dc.identifier.validator | Kacung-10 Februari 2023 | en_US |