Show simple item record

dc.contributor.authorMUNIR, Misbahul
dc.date.accessioned2023-05-10T07:25:25Z
dc.date.available2023-05-10T07:25:25Z
dc.date.issued2023-01-16
dc.date.submitted
dc.identifier.nim200220101003en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/116029
dc.descriptionFinalisasi unggah file repositori tanggal 10 Mei 2023_Kurnadien_US
dc.description.abstractKegiatan pembelajaran diperlukan peningkatan mutu pendidikan untuk kualitas sumber daya manusia yang baik dan bermutu. Hal itu diperlukan pembaharuan secara berkelanjutan dalam bidang pendidikan demi terwujudnya generasi yang berpendidikan. Tujuan penelitian ini antara lain: 1) mendeskripsikan proses pengembangan perangkat pembelajaran matematika berbasis hybrid-caring community yang valid, praktis, dan efektif; 2) mendeskripsikan hasil pengembangan perangkat pembelajaran Matematika berbasis hybrid-caring community yang valid, praktis, dan efektif; serta 3) menganalisis pengaruh yang signifikan perangkat pembelajaran matematika berbasis hybrid-caring community terhadap kemampuan koneksi matematika. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian pengembangan dilanjutkan dengan penelitian eksperimen. Pada tahap awal, peneliti menggunakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan 4D Thiagarajan dan tahap selanjutnya menggunakan penelitian eksperimen. Pada tahap pengembangan, perangkat pembelajaran pada penelitian ini dikembangkan menggunakan model pengembangan 4D Thiagarajan Semmel & Semmel. Model pengembangan ini terdiri dari 4 tahap yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop), dan tahap penyebaran (disseminate). Pada tahap pendefinisian kegiatan observasi yang dilakukan untuk menganalisis pengalaman belajar peserta didik, sistem pembelajaran, bahan ajar sampai menetapkan tujuan pembelajaran. Pada tahap perancangan, peneliti menyusun rancangan perangkat pembelajaran yang terdiri dari RPP, LKPD, dan THB (draft 1). Tahap berikutnya adalah tahap pengembangan perangkat pembelajaran. Hasil pada tahap perancangan berupa draft 1 perangkat pembelajaran divalidasi oleh tiga validator yaitu dua dosen ahli Program studi Pendidikan Matematika Universitas Jember dan satu guru matematika MTsN 1 Jember. Adapun hasil penilaian dari validator terhadap RPP, LKPD, dan THB berturut-turut adalah 4,95; 4,95; 4,85 dan memenuhi kriteria valid. Setelah memenuhi kriteria valid, perangkat pembelajaran diujicobakan untuk mengetahui tingkat kepraktisan dan keefektifannya. Berdasarkan hasil analisis data hasil observasi, didapatkan koefisien keterlaksanaan perangkat pembelajaran adalah 4,85 dengan kategori tinggi dan memenuhi kriteria praktis. Selain itu, dilaksanakan juga observasi aktivitas peserta didik selama pembelajaran, menganalisis angket respon peserta didik, dan menganalisis nilai THB untuk menilai tingkat keefektifan perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan. Berdasarkan hasil analisis data, didapatkan persentase aktivitas peserta didik, respon peserta didik, dan ketuntasan peserta didik berturut-turut adalah 95%, 88,52%, 81% mencapai nilai ketuntasan, sehingga disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran berbasis hybird-caring community memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Tahap terakhir adalah penyebaran perangkat pembelajaran ke tempat penelitian yaitu di MTsN 1 Jember, Group Whatsapp dari Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Matematika MTs Kabupaten Jember dan situs https://ayoguruberbagi.kemdikbud.go.id/rpp/rppsistem-persamaan-Linear-dua-variabel-spldv-4/. Perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan kemudian digunakan untuk penelitian eksperimen di MTsN 1 Jember dengan populasi peserta didik kelas VIII dengan sampel penelitian dari dua kelas. Kelas VIII.B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.A sebagai kelas kontrol. Sebelum melaksanakan kegiatan pembelajaran, diberikan pretest pada kelas eksperimen dan kontrol. Setelah itu, dilaksanakan KBM pada materi SPLDV dilaksanakan posttest guna mengetahui apakah ada pengaruh perangkat pembelajaran berbasis hybird-caring community terhadap kemampuan koneksi matematika. Uji pengaruh menggunakan analisis statistik parametrik independent sample t-test karena data hasil tes berdistribusi normal. Berdasarkan hasil t-test disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan perangkat pembelajaran matematika berbasis hybird-caring community terhadap kemampuan koneksi matematika pada kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar 0,003(𝑆𝑖𝑔. 2 − 𝑡𝑎𝑖𝑙𝑒𝑑 < 0,05).en_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing Utama : Dr. Dian Kurniati, S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing Anggota : Dr. Didik Sugeng Pambudi, M.S.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectPEMBELAJARAN MATEMATIKAen_US
dc.subjectHYBRID-CARING COMMUNITYen_US
dc.subjectKEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIKAen_US
dc.titlePengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Hybrid-Caring Community Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel dan Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Koneksi Matematikaen_US
dc.typeTesisen_US
dc.identifier.prodiMagister Pendidikan Matematikaen_US
dc.identifier.pembimbing1Dr.Dian Kurniati, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.pembimbing2Dr. Drs.Didik Sugeng Pambudi, M.S.en_US
dc.identifier.validatorKacung-8 Februari 2023en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record