Show simple item record

dc.contributor.authorUmi Saroh
dc.date.accessioned2013-09-23T05:26:01Z
dc.date.available2013-09-23T05:26:01Z
dc.date.issued2013-09-23
dc.identifier.nimNIM080210204055
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/1159
dc.description.abstractMenurunnya aktivitas dan nilai hasil belajar matematika di sekolah disebabkan oleh beberapa faktor antara lain: model pembelajaran yang diterapkan di sekolah masih kurang efektif, sehingga pemahaman terhadap konsep-konsep matematika sulit dipahami oleh siswa. Salah satu cara untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika, guru harus berperan aktif untuk menerapkan beberapa model pembelajaran yang sesuai dan diharapkan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Pada penelitian ini maka rumusan masalah yang harus diselesaikan yaitu: a. bagaimanakah peningkatan aktivitas belajar siswa dalam menyelesaikan soal cerita menggunakan pendekatan pemecahan masalah matematika model Polya pokok bahasan uang pada siswa kelas III SDN Sumbersari 01 Jember Tahun Pelajaran 2011/2012? b. bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa dalam menyelesaikan soal cerita menggunakan pendekatan pemecahan masalah matematika model Polya pokok bahasan uang pada siswa kelas III SDN Sumbersari 01 Jember Tahun Pelajaran 2011/2012? Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika melalui pembelajaran model Polya pada siswa kelas III SDN Sumbersari 01 Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2011/2012. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas III-A dengan jumlah 52 siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Desain yang dipakai dalam penelitian ini adalah model penelitian Kemmis dan McTaggrat dengan tahap penelitian tindakan yang meliputi perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflection). Penelitian ini terdiri dari 2 Sikus, dimana dalam setiap siklus terdiri dari 3 pertemuan. Pertemuan yang ketiga digunakan untuk tes. Adapun metode untuk meraih data menggunakan dokumentasi, wawancara, observasi, tes, Kesimpulan akhir dari penelitian ini adalah penerapan pembelajaran pemecahan masalah model Polya dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas III SDN Sumbersari 01 Jember pada pokok bahasan uang bentuk soal cerita. Hal ini terbukti dari: (1) persentase keaktivan siswa pada Siklus I yaitu: aktivitas belajar siswa pada Siklus I adalah 60,3%, pada Siklus II adalah 71,3% dari data di atas jelas terlihat adanya peningkatan aktivitas belajar siswa dari siklus 1 ke siklus 2. (2) siswa mengalami peningkatan hasil belajar, hal ini dapat terlihat pada tingkat ketuntasan belajar siswa sebelum tindakan secara klasikal sebesar 61,5%,. Tindakan siklus I tingkat ketuntasan hasil belajar dengan menggunakan model Polya menjadi 71,2%. Peningkatan hasil belajar siswa terlihat setelah tindakan siklus II dengan persentase sebesar 90,4%. Adapun saran dalam penelitian ini adalah dalam membelajarkan soal cerita, ada baiknya dimulai dengan memberikan masalah yang terkait dengan kehidupan sehari-hari siswa agar siswa memiliki kesiapan dalam pembelajaran, Untuk mengajarkan/mengenalkan pemecahan masalah pada siswa SD khususnya terkait dengan pokok bahasan uang bentuk soal cerita menggunakan 4 tahap model Polya, pada tahap keempat mengecek kembali tidak harus dituliskan kata “jadi” tetapi dengan cara mencocokan hasil yang diperoleh dengan soal yang berkaitan.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210204055;
dc.subjectMODEL POLYAen_US
dc.titlePENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN PEMECAHAN MASALAH MODEL POLYA POKOK BAHASAN UANG DI KELAS III SDN SUMBERSARI 01 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011/2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record