dc.contributor.author | DAMAYANTI, Putri Sovi | |
dc.date.accessioned | 2023-05-08T02:48:16Z | |
dc.date.available | 2023-05-08T02:48:16Z | |
dc.date.issued | 2023-01 | |
dc.identifier.nim | 180210102066 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/115892 | |
dc.description | Finalisasi unggah file repositori tanggal 8 Mei 2023_Kurnadi | en_US |
dc.description.abstract | Pembelajaran abad XXI menuntut peserta didik memiliki keterampilan 4C,
salah satunya critical thinking. Karakteristik dan kecakapan 4C yang ada pada
pembelajaran abad XXI juga ada dalam kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2017.
Majunya perkembangan teknologi pada abad XXI ini menuntut semua orang untuk
dapat berpikir kritis agar dapat menentukan keputusan dengan cepat dan tepat
sesuai fakta yang rasional. Namun kenyataannya, keterampilan berpikir kritis dan
hasil belajar siswa pada K-13 ini masih tergolong rendah. Hal ini disebabkan siswa
yang cenderung pasif pada beberapa mata pelajaran yang membutuhkan pemikiran
matematis, dikarenakan merasa mata pelajaran tersebut sukar, sehingga ditakuti dan
menjadikan siswa kurang berani untuk berekspresi, salah satunya ialah mata
pelajaran fisika. Selain itu, hal ini dapat mempengaruhi hasil belajar fisika siswa.
Tuntutan siswa untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil
belajarnya menyebabkan diperlukannya suatu inovasi pembelajaran baru, media
card short dapat menjadi salah satu alternatif media pembelajaran yang dapat
meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar fisika siswa. Media
card short memiliki beberapa kelebihan yang dapat menunjang hal tersebut,
diantaranya siswa menjadi lebih aktif, mampu mengkategorikan kartu dengan tepat,
mereview materi, menjawab pertanyaan, memberikan argument, mengajarkan dan
menemukan karakter, klasifikasi, konsep, dan fakta tentang objek. Selain itu, media
card short dalam penggunaannya sangat mudah, praktis, dan dapat dipelajari setaip
saat dan dapat membuat suasana pembelajaran lebih menyenangkan. Tujuan dari
penelitian ini adalah mengkaji pengaruh media card short dalam pembelajaran
elastisitas bahan terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar fisika siswa
SMA.
Penelitian ini merupakan penelitian true eksperiment yang dilaksanakan di
SMA Negeri 2 Situbondo pada semester ganjil tahun ajaran 2022/2023. Teknik
pengambilan sampel menggunakan purposive sampling melalui uji homogenitas
sebelumnya, dan didapatkan bahwa kelas XI MIPA 3 sebagai kelas kontrol dan
kelas XI MIPA 4 sebagai kelas eksperimen. Penelitian ini menggunakan desain
post-test only control design. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan
tes. Tes dilakukan dengan post-test keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar.
Analisis data diawali dengan uji normalitas sebelum uji t-test dengan menggunakan
bantuan SPSS 25.
Hasil penelitian keterampilan berpikir kritis fisika siswa dari uji t-test
menggunakan uji independent sample t-test didapatkan bahwa Asymp. Sig. (2-
tailed) sebesar 0,007. Melalui data tersebut hasil signifikansi pada kelas kontrol dan
kelas eksperimen ≤ 0,05, maka Ha diterima dan H0 ditolak. Hal ini berarti bahwa
nilai rata-rata keterampilan berpikir kritis fisika siswa terdapat perbedaan secara
signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian hasil belajar
fisika siswa dari uji t-test menggunakan uji Mann-Whitney U didapatkan bahwa
Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,596. Melalui data tersebut hasil signifikansi pada
kelas kontrol dan kelas eksperimen 0,05, maka H0 diterima dan Ha ditolak. Hal
ini berarti bahwa nilai rata-rata hasil belajar fisika siswa terdapat perbedaan antara
kelas eksperimen dan kelas kontrol.
Kesimpulan dari penelitian ini ialah adanya pengaruh media card short dalam
pembelajaran elastisitas bahan terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil
belajar fisika siswa SMA. | en_US |
dc.description.sponsorship | Dosen Pembimbing Utama : Prof. Dr. Sutarto, M.Pd
Dosen Pembimbing Anggota : Drs. Bambang Supriadi, M.Sc | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | Hasil Belajar | en_US |
dc.subject | Keterampilan Berpikir Kritis | en_US |
dc.subject | Media Card Short | en_US |
dc.subject | Elastisitas | en_US |
dc.title | Pengaruh Media Card Short dalam Pembelajaran Elastisitas Bahan Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Fisika Siswa SMA | en_US |
dc.title.alternative | The Effect of Card Short Media in Learning Material Elasticity on Critical Thinking Skills and Physics Learning Outcomes for High School Students | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Pendidikan Fisika | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Prof. Dr. Sutarto, M.Pd | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Drs. Bambang Supriadi, M.Sc | en_US |
dc.identifier.validator | ratna_8 Februari 2023 | en_US |