dc.contributor.author | SYIFAK, Mohamad | |
dc.date.accessioned | 2023-05-04T03:48:14Z | |
dc.date.available | 2023-05-04T03:48:14Z | |
dc.date.issued | 2023-03-13 | |
dc.identifier.nim | 190210102061 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/115834 | |
dc.description.abstract | Pembelajaran merupakan proses pendidikan yang memberikan kesempatan
kepada siswa untuk mengembangkan dan meningkatkan kemampuan dari segala
aspek, baik dalam sikap, pengetahuan dan keterampilan. Berdasarkan data
pusmenjar pada tahun 2019 hasil ujian nasional pada mata pelajaran fisika sebesar
46,47. Perubahan model pembelajaran diperlukan untuk meningkatkan hasil belajar
siswa. Contextual teaching and learning (CTL) adalah salah satu model yang sesuai
dengan permasalahan tersebut karena guru menghadirkan dunia nyata kedalam
kelas serta mendorong siswa membuat hubungan dan keterkaitan antara
pengetahuan yang dimiliki dengan penerapan dan fungsinya dalam kehidupan
sehari-hari sehingga siswa diharapkan lebih memahami materi yang dipelajari.
Tujuan dari penelitian ini yaitu mengkaji pengaruh model pembelajaran contextual
teaching and learning (CTL) berbantuan media e-learning google classroom
terhadap hasil belajar fisika siswa SMA serta mendeskripsikan respon siswa setelah
pembelajaran dengan model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL)
berbantuan media e-learning google classroom.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen menggunakan true
experimental design yang dilaksanakan di SMAN 11 Kota Jambi dengan sampel
kelas XI IPA 2 dan XI IPA 4 semester ganjil tahun 2022/2023. Penentuan sampel
menggunakan random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini
menggunakan post-test only control grup design dengan soal sebanyak 10 butir.
Pengumpulan data pendukung dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara
dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dengan uji hipotesis.
Hasil belajar yang diukur dalam penelitian ini yaitu pada ranah kognitif.
Nilai ranah kognitif diperoleh berdasarkan hasil tes (post-test) kelas eksperimen yang diberi perlakuan berupa penggunaan model pembelajaran contextual teaching
and learning (CTL) dengan berbantuan media e-learning google classroom
memiliki nilai rata-rata hasil belajar yang lebih baik dari pada kelas kontrol yaitu
nilai ranah kognitif 87,7 dan untuk kelas kontrol nilai ranah kognitif 80,5. Hasil
pengujian dengan menggunakan uji Mann Whiteney U Test diperoleh nilai Asymp.
Sig. (2-tailed) sebesar 0,024, nilai tersebut kurang dari 0,05 yang artinya H0 ditolak
dan Ha diterima sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran
contextual teaching and learning (CTL) berbantuan media e-learning google
classroom terhadap hasil belajar fisika siswa SMA.
Aspek yang dinilai pada angket respon siswa terdiri dari 10 indikator dengan
presentase nilai yang berbeda, meliputi pemahaman materi 87%, rasa tidak jenuh
76%, rasa tidak sulit 80%, rasa ingin tahu 83%, rasa tidak menekan 82%,
ketertarikan 82%, rasa senang 84%, rasa percaya diri 81%, menanggapi pertanyaan
84%, dan kepuasan 82%. Model pembelajaran contextual teaching and learning
(CTL) berbantuan e-learning google classroom dapat menjadi alternatif untuk guru
dalam mengajar dikelas karena siswa menganalisis peristiwa yang ada disekitar
tempat tinggal untuk dikaitkan dengan materi pembelajaran disekolah membuat
siswa lebih aktif dan semangat dalam belajar sehingga dapat meningkatkan hasil
belajar.
Berdasarkan hasil data yang diperoleh disimpulkan model pembelajaran
contextual teaching and learning (CTL) berbantuan media e-learning google
classroom berpengaruh pada hasil belajar siswa fisika SMAN 11 Kota Jambi pada
materi suhu dan kalor. Model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL)
berbantuan media e-learning google classroom memperoleh respon yang positif
dari siswa SMAN 11 Kota Jambi. | en_US |
dc.description.sponsorship | Drs. Subiki, M.Kes
Lailatul Nuraini, S.Pd., M.Pd | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Mohamad Syifak | en_US |
dc.subject | HASIL BELAJAR FISIKA SMA | en_US |
dc.subject | GOOGLE CLASSROOM | en_US |
dc.title | Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbantuan Media E-Learning Google Classroom terhadap Hasil Belajar Fisika Materi Suhu dan Kalor pada Siswa SMAN 11 Kota Jambi | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Pendidikan Fisika | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Drs. Subiki, M. Kes | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Lailatul Nuraini, S.Pd., M.Pd | en_US |
dc.identifier.finalization | Finalisasi tanggal 4 Mei 2023_M.Arif Tarchimansyah | en_US |