dc.contributor.author | MUBAROKHAH, Nur Lailatull | |
dc.date.accessioned | 2023-05-03T07:43:03Z | |
dc.date.available | 2023-05-03T07:43:03Z | |
dc.date.issued | 2023-01-18 | |
dc.identifier.nim | 190210102029 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/115798 | |
dc.description.abstract | Peran guru sangat diperlukan dalam menggunakan model, media, dan
strategi pembelajaran yang menarik dan bervariasi untuk menjadikan suasana kelas
hidup dan menumbuhkan semangat peserta didik. Berdasarkan hasil wawancara
guru fisika di SMAN 1 Prambon diperoleh informasi bahwa dalam pembelajaran
fisika menggunakan metode ceramah dan latihan soal saja. Selain itu, kegiatan
praktikum fisika jarang dilakukan karena alat yang dimiliki terbatas, dan
ketidaksiapan guru dalam menggunakan laboratorium yang sudah ada. Model
pembelajaran learning cycle 7E ini siswa dapat berperan aktif dalam pembelajaran.
Keterbatasan alat laboratorium dapat diatasi dengan menggunakan media PhET
Simulation.
Tujuan penelitian ini ada tiga, pertama adalah mengkaji pengaruh penerapan
model learning cycle 7E berbasis PhET Simulation terhadap hasil belajar fisika
pokok bahasan elastisitas dan hukum hooke siswa SMA. Tujuan kedua adalah
mengkaji pengaruh penerapan model learning cycle 7E berbasis PhET Simulation
terhadap keterampilan proses sains siswa pokok bahasan elastisitas dan hukum
hooke. Tujuan ketiga yaitu mendeskripsikan respon siswa setelah penggunaan
model learning cycle 7E berbasis PhET Simulation pokok bahasan elastisitas dan
hukum hooke.
Jenis penelitian ini adalah True experimental yang dilakukan pada semester
ganjil di SMAN 1 Prambon. Desain penelitian ini yaitu pretest-posttest control
group design. Sampel ditentukan menggunakan uji homogenitas dengan
menggunakan cluster random sampling dan diperoleh hasil yaitu kelas XI-MIPA 3
sebagai kelas eksperimen dan kelas XI-MIPA 4 sebagai kelas kontrol. Data hasil belajar siswa diperoleh dari tes berupa pretest dan posttest pada kedua kelas.Sedangkan data keterampilan proses sains diperoleh dari lembar observasi dari
kedua kelas. Data respon siswa diperoleh dari nilai angket respon siswa pada kelas
eksperimen. Metode analisis data menggunakan uji Independent Sample T-Test
untuk data yang terdistribusi normal dan uji Mann-Whitney U-Test untuk data yang
tidak terdistribusi normal dengan bantuan SPSS 23.
Hasil penelitian mengenai pengaruh penerapan model learning cycle 7E
berbasis PhET Simulation terhadap hasil belajar menggunakan pretest dan posttest
diperoleh perbedaan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Nilai rata-rata hasil
belajar posttest kelas eksperimen lebih tingi daripada kelas kontrol yaitu sebesar 70
> 47. Hasil analisis data hasil belajar siswa menggunakan uji Independent Sample
T-Test diperoleh nilai sig. (2-tailed) 0,000 ≤ 0,05. Berdasarkan pada dasar
pengambilan keputusan dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima,
artinya ada pengaruh signifikan model pembelajaran learning cycle 7E berbasis
PhET Simulation terhadap hasil belajar fisika siswa.
Hasil penelitian mengenai pengaruh penerapan model learning cycle 7E
berbasis PhET Simulation terhadap keterampilan proses sains dengan
menggunakan lembar observasi. Nilai presentase rata-rata pada kelas eksperimen
sebesar 74,68% sedangkan pada kelas kontrol sebesar 59,52%. Hasil analisis data
keterampilan proses sains menggunakan uji Mann-Whitney U-Test diperoleh nilai
Sig. (2-tailed) sebesar 0,004 ≤ 0,05, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Oleh
karena itu, disimpulkan bahwa ada pengaruh signifikan model pembelajaran
learning cycle 7E berbasis PhET Simulation terhadap keterampilan proses sains.
Hasil penelitian terkait respon siswa setelah penggunaan model learning
cycle 7E berbasis PhET Simulation menggunakan angket respon di kelas
eksperimen. Berdasarkan hasil data diperoleh presentase rata-rata respon sebesar
82,06% dengan kriteria sangat baik. Hasil tersebut membuktikan ketertarikan dan
kemudahan siswa dalam menggunakan PhET Simulation untuk kegiatan praktikum
yang dapat meningkatkan antusian belajar dalam pembelajaran fisika. | en_US |
dc.description.sponsorship | Dosen Pembimbing Utama: Drs. Subiki, M.Kes.
Dosen Pembimbing Anggota: Dr. Sri Handono Budi Prastowo, M.Si. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | PHET SIMULATION | en_US |
dc.subject | MODEL LEARNING CYCLE 7E | en_US |
dc.subject | KETERAMPILAN PROSES SAINS | en_US |
dc.subject | HASIL BELAJAR | en_US |
dc.title | Pengaruh Penerapan Model Learning Cycle 7E Berbasis Phet Simulation terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Fisika Siswa Sma Pokok Bahasan Elastisitas dan Hukum Hooke | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Pendidikan Fisika | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Drs. Subiki, M.Kes. | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Dr. Sri Handono Budi Prastowo, M.Si. | en_US |
dc.identifier.validator | Finalisasi tanggal 3 Mei 2023_M.Arif Tarchimansyah | en_US |
dc.identifier.finalization | Finalisasi tanggal 3 Mei 2023_M.Arif Tarchimansyah | en_US |