Show simple item record

dc.contributor.authorARISMAWATI, Ana
dc.date.accessioned2023-05-03T02:39:06Z
dc.date.available2023-05-03T02:39:06Z
dc.date.issued2023-01-05
dc.identifier.nim180210205058en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/115736
dc.description.abstractPerkembangan kognitif anak usia dini merupakan cara berfikir anak usia dini dalam memahami lingkungan sekitar sehingga pengetahuan yang ada di sekitarnya membuat mereka dapat memperoleh berbagai pengetahuan tentang dirinya sendiri, orang lain, hewan dan tumbuhan serta berbagai benda. Penelitian ini ingin mengetahui pengaruh keikutsertaan pembelajaran daring pada perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun di TK Muslimat NU 51 Tamansari Wuluhan. Penelitian menggunakan jenis penelitian kuantitatif ex post facto. Subjek penelitiannya adalah seluruh wali murid anak usia 5-6 tahun. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu program SPSS 16 yang dilakukan dengan cara membandingkan, jika nilai x2 hitung ≤ x2 tabel maka Ho diterima dan jika x2 hitung > x2 tabel maka Ho. Dan jika signifikansi ≥ 0,05 maka Ho diterima dan jika signifikansi < 0,05 maka Ho ditolak. Hasil penelitiannya menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh keikutsertaan pembelajaran daring terhadap anak usia 5-6 tahun, karena perolehan nilai signifikan 0,075 ≥ 0,05 maka Ho diterima sedangkan Ha ditolak. Hal ini disebabkan karena pembelajaran hanya menggunakan whatsapp group dalam penyampaian penugasan hanya melalui voice note dan pesan teks saja tanpa penjelasan dari LKA, kurangnya peran orang tua dalam menjadi fasilitator, komunikator, orang tua tidak peduli akan tugas anaknya yang diberikan gurunya dan keterbatasan orang tua tentang teknologi.en_US
dc.description.sponsorshipDr. Nanik Yuliati, M.Pd Reski Yulina Widiastuti, S.Pd., M.Pden_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectPEMBELAJARANen_US
dc.subjectKOGNITIFen_US
dc.subjectDARINGen_US
dc.titlePengaruh Keikutsertaan Pembelajaran Daring terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun di TK Muslimat NU 51 Tamansari Wuluhanen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dinien_US
dc.identifier.pembimbing1Dr Nanik Yuliati.,M.Pden_US
dc.identifier.pembimbing2Reski Yulina Widiastuti, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.validatorFinalisasi tanggal 3 Mei 2023_M.Arif Tarchimansyahen_US
dc.identifier.finalizationFinalisasi tanggal 3 Mei 2023_M.Arif Tarchimansyahen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record