dc.contributor.author | ABD, Rohim | |
dc.date.accessioned | 2023-05-02T03:45:11Z | |
dc.date.available | 2023-05-02T03:45:11Z | |
dc.date.issued | 2023-03-16 | |
dc.identifier.nim | 180210201024 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/115691 | |
dc.description.abstract | Penelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk mengetahui, mendeskripsikan dan
menggambarkan bagaimana Model pengajaran hadap masalah dalam pendidikan
etika lingkungan di Komunitas PEDILIRA desa Rowo Indah, konsep pendidikan
hadap masalah merupakan konsep pendidikan atau pembelajaran yang dicetuskan
oleh Paulo Freire, yang mana konsep belajar yang dicetuskan Paulo Freire ini
adalah konsep belajar secara demokratis dan pembebasan dengan mengedepankan
masalah yang ada di lingkungan sekitarnya, Karang Taruna PEDILIRA yang ada
di desa Rowo Indah memiliki peran besar terhadap penyelesaian masalah
lingkungan yang ada di desa tersebut, Karang Taruna PEDILIRA juga aktif dalam
kegiatan etika lingkungan, dan memiliki kegiatan pembelajaran hadap masalah
terkait etika kepada lingkungan untuk membelajarkan anggotanya sebagai
program pemberdayaan untuk pemudanya, sehingga dalam penelitian ini,
memiliki fokus kepada penerapan model pembelajaran hadap masalah dengan
target pencapaian penelitian untuk melihat penerapan operasional dan orientasi
pembelajaran hadap masalah sebagai pembelajaran yang membebaskan dan
mampu menciptakan individu yang mempunyai kesadaran transitif dalam belajar,
kemudian output yang berupa penanggulangan dan solusi masalah yang berupa
solusi akhir (kemampuan pemuda untuk melakukan reduce, reuse atau recycle )
untuk meminimalisir masalah sampah dan kotoran yang di buang di pinggiran
bantaran sungai di desa Rowo Indah dan yang terakhir adalah outcome sebagai
hasil dari pendidikan yaitu berupa kesadaran pemuda akan pentingnya menjaga
lingkungan.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah Bagaimana penerapan model
pembelajaran hadap masalah studi pada pendidikan etika lingkungan Karang
Taruna PEDILIRA Desa Rowo Indah Kecamatan Ajung Kabupaten Jember,
kemudian tujuan penelitian ini ditetapkan untuk mengetahui dan mendeskripsikan
penerapan model pembelajaran hadap masalah dalam proses pendidikan etika
lingkungan Karang Taruna PEDILIRA Desa Rowo Indah Kecamatan Ajung
Kabupaten Jember.
Pendekatan yang digunakann pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif
karena tujuan yang ingin didapat dalam penelitian ini bersifat penggambaran
fenomena sosial pembelajaran, dan untuk pemilihan tempat penelitian dilakukan
secara sengaja dengan menerapkan pendekatan purposive area yaitu peneliti
memperhatikan tempat dengan kriteria keaktifan Pemuda Karang Taruna
PEDILIRA dan fenomena permasalahan lingkungan yang dihadapi, sehingga
tempat yang diambil dalam penelitian ini berada di Desa Rowo Indah kecamatan
Ajung kabupaten Jember, kemudian Pemilihan informan dilakukan dengan teknik
purposive sampling dengan kriteria pemilihan sesuai jabatan internal Karang
Taruna PEDILIRA, teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi Semi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi, teknik keabsahan data
dilakukan dengan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan dan
triangulasi, dan analisis data dilaksanakan dengan bentuk reduksi data, penyajian
data dan verifikasi data.
Hasil penelitian di dapatkan bahwasanya penerapan model pembelajaran
hadap masalah di Karang Taruna PEDILIRA dengan topik pendidikan etika
lingkungan terkait masalah terbatasnya tempat pembuangan sampah dan
kebiasaan masyarakat untuk membuang sampah disungai menghasilkan sebuah
pembelajaran yang efektif untuk memberikan kesadaran akan pentingnya sebuah
etika lingkungan, karena terlaksananya pendidikan yang dilakukan terkonsep
pembelajaran yang membebaskan dan terstimulusnya kesadaran transitif pemuda
berkat proses pemecahan masalah secara dialogis. | en_US |
dc.description.sponsorship | Deditiani Tri Indrianti S.Pd., M.Sc.
Frimha Purnamawati S.Ps., M.Pd | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | KONSEP PENDIDIKAN | en_US |
dc.subject | HADAP MASALAH | en_US |
dc.subject | PAULO FREIRE | en_US |
dc.title | Penerapan Model Pembelajaran Hadap Masalah dalam Proses Pendidikan Etika Lingkungan: Studi pada Karang Taruna Pedilira Desa Rowo Indah | en_US |
dc.identifier.prodi | Pendidikan Luar Sekolah | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Deditiani Tri Indrianti S.Pd., M.Sc. CIQaR | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Frimha Purnamawati S.Pd., M.Pd. | en_US |
dc.identifier.validator | Finalisasi tanggal 2 Mei 2023_M.Arif Tarchimansyah | en_US |
dc.identifier.finalization | Finalisasi tanggal 2 Mei 2023_M.Arif Tarchimansyah | en_US |