• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PERMAINAN KARTU KWARTET KOMPETENSI DASAR AKTIVITAS EKONOMI DAN SUMBER DAYA ALAM KELAS IV DI SDN HARJOMULYO 03 KECAMATAN SILO KABUPETEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011/2012

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi_Triana Indrasti_001.pdf (786.2Kb)
    Date
    2013-09-23
    Author
    Triana Indrasti
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Rendahnya nilai hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Harjomulyo03 disebabkan karena metode pembelajaran yang diterapkan di sekolah masih bersifat konvensional atau kurang bervariasi. Oleh karena itu pemahaman terhadap konsep IPS sulit dicerna dan juga berakibat pada hasil belajar siswa yang rendah yaitu sebesar 39,02%. Sehingga rumusan masalah yang timbul yaitu: (1) bagaimanakah penerapan media permainan Kartu kwartet dalam pembelajaran IPS yang dapat meningkatkan hasil belajar IPS kelas IV di SDN Harjomulyo 03 Kecamatan Silo Kabupaten Jember tahun pelajaran 2011/2012? (2) bagaimanakah peningkatan prosentase ketuntasan hasil belajar Siswa kelas IV SDN Harjomulyo 03 Kecamatan Silo Kabupaten Jember dalam pembelajaran IPS Pada Pokok bahasan Aktivitas ekonomi dan Sumber Daya Alam melalui Permainan Kartu Kwartet? Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Mendiskripsikan penerapan media permainan kartu kwartet yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV di SDN Harjomulyo 03 Kecamatan Silo Kabupaten Jember pada pokok Bahasan Aktivitas Ekonomi dan Sumber Daya Alam. (2) Meningkatkan prosentase ketuntasan hasil belajar siswa kelas IV SDN Harjomulyo 03 Kecamatan Silo Kabupaten Jember pada pokok Bahasan Aktivitas Ekonomi dan Sumber Daya Alam. Permainan kartu kwartet merupakan variasi pembelajaran yang dilakukan secara santai dan menyenangkan dengan melibatkan siswa secara aktif yang mengandung kreatifitas dan imajinasi, strategi ini dipadukan dengan diskusi sehingga siswa dapat secara aktif mencari keterkaitan dengan lingkungan tempat tinggal.Pengambilan data dalam penelitian ini, dilaksanakan di SDN Harjomulyo 03Jember, dimulai pada tanggal 24 Oktober 2011 sampai tanggal 5 November 2011. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV dengan jumlah siswa 27 anak, terdiri dari 14 laki-laki dan 13 perempuan. Jenis penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif dengan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan berupa analisis jawaban siswa terhadap tes awal, tes akhir siklus I, dan tes akhir sklus II, analisis aktivitas siswa selama proses pembelajaran IPS, dan jawaban siswa terhadap wawancara yang dilakukan peneliti. Hasil analisis aktivitas belajar IPS siswa kelas IV SDN Harjomulyo 03 selama proses penerapan pembelajaran melalui media permainan kartu kwartet yaitu sebesar 16,8%. Persentase keaktifan siswa secara klasikal pada siklus I dan siklus II adalah sebesar 66,66 % dan 81,06 % yang termasuk dalam kategori sangat aktif, sedangkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Harjomulyo 03 Jember selama proses pembelajaran melalui media permainan kartu kwartet sangat signifikan jika dibandingkan dengan hasil belajar sebelum tindakan (prasiklus). Persentase hasil belajar yang diperoleh dari tahap prasiklus sebesar 37,03% menjadi 70,37% pada siklus I yang menunjukkan peningkatan sebesar 33,34%. Persentase hasil belajar pada siklus II yang diperoleh dengan memperbaiki hasil refleksi dari siklus I adalah sebesar 92,59% yang menunjukkan peningkatan sebesar 22,22%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan pembelajaran melalui media permainan kartu kwartet dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Harjomulyo 03 tahun pelajaran 2011/2012, sehingga diharapkan guru dapat menerapkan pembelajaran melalui permainan kartu kwartet. Saran dari penelitian ini adalah pembelajaran melalui permainan kartu kwartet dapat digunakan sebagai variasi pembelajaran IPS untuk meningkatkan hasil belajar.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/1156
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository