Show simple item record

dc.contributor.authorPANGESTUTI, ARUM MBAJENG
dc.date.accessioned2023-04-18T03:28:14Z
dc.date.available2023-04-18T03:28:14Z
dc.date.issued2023-01-18
dc.identifier.nim190210104057en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/115587
dc.description.abstractPendidikan abad 21 tidak dapat terlepas dari teknologi digital dan menuntut siswa memiliki keterampilan dalam mengkritisi permasalahan dan tantangan yang akan datang. Pembelajaran IPA berperan konkret dalam memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi serta dapat mengembangkan keterampilan berpikir kritis karena di dalam pembelajaran IPA memuat proses yang dapat membangun minat dan meningkatkan kemampuan siswa dalam menghadapi tantangan zaman. Keterampilan berpikir kritis merupakan keterampilan untuk melakukan berbagai analisis, penilaian, dan pengambilan keputusan yang mengarah pada tindakan yang rasional dan logis. Seseorang dengan keterampilan berpikir kritisnya mampu menganalisis situasi berdasarkan fakta dan bukti sehingga memperoleh jawaban yang bijak dalam menyikapi permasalahan yang ada. Keterampilan berpikir kritis siswa di Indonesia masih tergolong dalam kategori rendah. Permasalahan ini dapat terjadi karena pembelajaran masih menggunakan bahan ajar yang belum memfasilitasi siswa untuk melatih keterampilan berpikir kritis dan tidak berbasis teknologi. Solusi alternatif yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan mengembangkan buku ajar elektronik (E-book) berbasis multirepresentasi dinamis. E-book berisi penjelasan materi kalor dan perpindahannya yang disajikan ulang dengan pendekatan multirepresentasi secara dinamis dan dilengkapi dengan video pembelajaran yang membantu siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran secara efektif. E-book dapat digunakan secara fleksibel tanpa batasan ruang dan waktu. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) yang bertujuan untuk menghasilkan suatu produk berupa bahan ajar IPA yaitu E-book kalor dan perpindahan berbasis multirepresentasi dinamis untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa SMP kelas VII yang valid, praktis, dan efektif. Proses pengembangan produk menggunakan model ADDIE yang memiliki 5 tahapan yaitu analyze (analisis), design (perancangan), develop (pengembangan), implement (implementasi), dan evaluate (evaluasi). Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis validitas dengan menggunakan lembar validasi, analisis kepraktisan dengan menggunakan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, angket respon guru, dan angket respon siswa, serta analisis keefektifan menggunakan skor n-gain dari soal pretest dan posttest setelah menggunakan E-book. Uji coba dilaksanakan di kelas VII E SMP Negeri 10 Jember yang terdiri dari 32 siswa. Hasil penelitian pengembangan E-book kalor dan perpindahan berbasis multirepresentasi dinamis didapatkan validasi E-book sebesar 89% dengan kategori sangat valid. Pengamatan observer berdasarkan keterlaksanaan pembelajaran menggunakan E-book kalor dan perpindahan berbasis multirepresentasi dinamis yaitu sebesar 94,84% dengan kriteria sangat praktis. Hasil angket respon guru yang diperoleh dari guru IPA berdasarkan pengamatannya terhadap pembelajaran dengan menggunakan E-book diperoleh rata-rata nilai sebesar 93,75% dengan kriteria sangat praktis. Angket respon siswa yang diperoleh dari respon 32 siswa kelas VII E terhadap pembelajaran menggunakan E-book yaitu sebesar 94,25% dengan kriteria sangat praktis. Keefektifan E-book diperoleh nilai n-gain sebesar 0,65 dengan kategori peningkatan sedang. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa produk pengembangan E-book kalor dan perpindahan berbasis multirepresentasi dinamis untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa SMP kelas VII telah valid, praktis, dan efektif sehingga layak digunakan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa.en_US
dc.description.sponsorshipProf. Dr. I Ketut Mahardika, M.Si. Nur Ahmad, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.titlePengembangan E-book Kalor dan Perpindahan Berbasis Multirepresentasi Dinamis untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP Kelas VIIen_US
dc.typeSkripsien_US
dc.identifier.prodiPendidikan IPAen_US
dc.identifier.pembimbing1Prof. Dr. I Ketut Mahardika, M.Si.en_US
dc.identifier.pembimbing2Nur Ahmad, S.Pd., M.Pd.en_US
dc.identifier.finalizationFinalisasi tanggal 18 April 2023_M.Arif Tarchimansyahen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record