ANALISIS PENGARUH GENDER DAN KEMAMPUAN KOGNITIF TERHADAP FINANCIAL LITERACY MAHASISWA (Studi Empiris Pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi Universitas Jember)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh perbedaan
gender dan kemampuan kognitif terhadap financial literacy mahasiswa Jurusan
Akuntansi Universitas Jember. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa
Jurusan Akuntansi Universitas Jember. Dari mahasiswa aktif Jurusan Akuntansi
tahun ajaran 2006-2012 adalah sebanyak 1109 mahasiswa diambil sampel sebanyak
92 mahasiswa.
Berdasarkan hasil uji F diketahui bahwa gender dan kemampuan kognitif
secara bersama-sama berpengaruh nyata terhadap literasi keuangan mahasiswa
Jurusan Akuntansi Universitas Jember. Hasil uji t menunjukkan bahwa gender tidak
berpengaruh signifikan terhadap literasi keuangan mahasiswa Jurusan Akuntansi
Universitas Jember, sedangkan kemampuan kognitif berpengaruh signifikan terhadap
literasi keuangan mahasiswa Jurusan Akuntansi Universitas Jember,
Dari hasil analisis diperoleh nilai R2 sebesar 0,475. Hal ini berarti gender dan
kemampuan kognitif memiliki kontribusi atau sumbangan terhadap naik turunnya
literasi keuangan mahasiswa Jurusan Akuntansi Universitas Jember sebesar 47,50%
sedangkan sisanya yaitu 52,50% dipengaruhi oleh faktor lain di luar model
penelitian ini.