• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENENTUAN STRATEGI PEMASARAN PADA PERUSAHAAN KERUPUK RAMBAK “MAKMUR JAYA†DI JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    66_01.pdf (62.43Kb)
    Date
    2013-12-20
    Author
    AGUSTIONO
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Perkembangan dunia usaha dewasa ini terjadi sangat pesat. Hal ini dapat dilihat dengan semakin banyaknya perusahaan yang berdiri, sehingga dunia usaha telah menjadi ajang persaingan yang ketat. Salah satunya adalah Perusahaan Kerupuk Rambak “Makmur Jaya†Jember yang bergerak dalam usaha produksi kerupuk rambak dan kerupuk bawang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan strategi pemasaran yang tepat pada Perusahaan Kerupuk Rambak “Makmur Jaya†di Jember. Seperti yang telah disebutkan, untuk dapat menentukan strategi perusahaan yang tepat perusahaan harus mengetahui letak kekuatan, kelemahan, peluang serta ancaman yang dihadapi oleh Perusahaan Kerupuk Rambak “Makmur Jaya†. Oleh karena itu, dalam penyusunan penelitian ini metode yang digunakan adalah metode analisis SWOT (Strenght, weakness, Opportunity dan Threats) yaitu pendekatan yang digunakan untuk menganalisis lingkungan internal dan eksternal Perusahaan Kerupuk Rambak “Makmur Jaya†Jember. Analisis faktor-faktor internal perusahaan akan mengetahui adanya kekuatan dan kelemahan yang terdapat pada perusahaan. Selain itu perusahaan juga harus menganalisa faktor-faktor dari luar perusahaan, dengan tujuan untuk mengetahui peluang atau kesempatan bagi perusahaan serta mengetahui pula ancaman atau tekanan dari pihak-pihak yang bersaing dengan perusahaan. Salah satu instrumen yang dapat digunakan untuk menganalisis faktor-faktor kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman dengan tujuan untuk menghasilkan strategi pemasaran perusahaan adalah analisis SWOT. Jika para penentu strategi pemasaran perusahaan mampu melakukan mengoperasionalkan analisis SWOT dengan tepat, biasanya akan membuahkan strategi sesuai dengan yang diharapkan. Berdasarkan hasil perhitungan kedua faktor strategi internal dan eksternal akan diketahui kekuatan dan kelemahan ada pada sumbu (X) dengan nilai +2 sedangkan peluang dan ancaman berada pada sumbu (Y) dengan nilai +1. Dapat ditarik kesimpulan bahwa menurut analisis SWOT Perusahaan Kerupuk Rambak “Makmur Jaya†Jember berada pada posisi kuadran I yaitu kuadran yang mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif, maksudnya perusahaan harus lebih giat dalam mengatasi perkembangan pasar dalam rangka meningkatkan pertumbuhan penjualan. Berdasarkan hasil analisis pada penelitian ini , maka strategi pemasaran yang tepat pada Perusahaan Kerupuk Rambak “Makmur Jaya†Jember sebagai berikut : 1. Meningkatkan Kualitas Produk, 2. Mendistribusikan Produk ke Wilayah Baru, 3. Menambah Varian Produk, 4. Mengidentifikasikan Pesaing Baru, 5. Mengembangkan Kualitas SDM, 6. Meningkatkan Promosi Penjualan.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/11549
    Collections
    • UT-Faculty of Economic and Business [12446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository