Show simple item record

dc.contributor.authorSURYANI, Mitra Budi
dc.date.accessioned2023-04-14T04:20:09Z
dc.date.available2023-04-14T04:20:09Z
dc.date.issued2009-12-29
dc.identifier.nim060210101140en_US
dc.identifier.urihttps://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/115358
dc.description.abstractPembelajaran yang masih dipandang sebagai suatu alat yang hanya dapat mentransfer pengetahuan dari guru ke siswa, kurang efektif jika diterapkan pada pelajaran-pelajaran yang membutuhkan pemahaman tinggi seperti m atem atika. Hal ini dapat dilmtahiri dari banyaknya kegagalan/lregalahan yang dialami siswa dalam menyelesaikan suatu permasalahan Kondisi seperti ini terlihat di kelas VHtA MTs. Baitul Arqom Balung, dimana lebih dari 90% siswa yang belum tuntas dalam belajar matematika. Untuk itu diperlukan suatu pembelajaran yang dapat melibatkan siswa secara akti£ yaitu dengan pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian im merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan menggunakan dua siklus^ yang dilaksanakan dalam H Icyli pCTtemnan (17 Oktober 2010-13 November 2010) . Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui penerapan pem belajaran STAD, kecenderungan kesalahan siswa setelah pembelajaran STAD, dan keefektifan pembelajaran STAD dalam mengurangi kesalahan siswa. Subjek penelitian adalah siswa kelas VHIA MTs. Baitul Arqom Balung tahun fyaran 2010/2011, sejumlah 35 siswa (26 siswa perempuan dan 9 siswa laki-laki). Berikut kesimpulan yang diperoleh selama pembelajaran STAD pada siswa kelas VHIA MTs. Baitul Arqom Balung. a. Penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi persamaan garis lurus siswa kelas VHIA MTs. Baitul Arqom Balung tahun ajaran 2010/2011 dapat terlaksana dengan lancar, meskipun terdapat beberapa kendala Kendalakendala yang teijadi selama pembelajaran dapat diatasi dengan baik. Kecenderungan kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soalsoal persamaan garis lunis yaitu kesalahan teknik. Kesalahan teknik yang muncul ini berupa siswa m elakukan kesalahan dalam melakukan perhitungan, serta kesalahan yang disebabkan karena siswa tidak menyelesaikan perhitungan, atau siswa tidak menjawab soal yang diberikan. Persentase kealahan yang dilakukan siswa peda tes akhir I adalah 33,67% untuk kesalahan penggunaan data, 48,82% untuk kesalahan penggunaan teorema/definisi, 56,57% untuk kesalahan teknik, dan 46,13% untuk kesalahan lain. Pada tes akhir n , persentase kesalahan siswa mengalami penurunan, yaitu kesalahan penggunaan data menjadi 9,35% , kesalahan penggunaan definisi/teorema menjadi 35,58% , kesalahan teknik m ay adi 36,88% , dan kesalahan lain m ay adi 32,21% . c. Efektivitas pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk mengurangi kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal-soal persamaan garis lurus dapat diketahui dari penurunan persentase kesalahan dalam menyelesaikan soal-soal persamaan garis lurus. Pada siklus I, persentase jumlah kesalahan siswa pada tes akhir I mengalami penurunan sebesar 39,29% dari tes pendahuluan. Sedangkan pada siklus H, persentase jumlah kesalahan siswa pada tes akhir n juga mengalami penurunan yaitu sebesar 57,08% dari tes pendahuluan atau menurun 17,79% dari tes akhir L Dengan demikian, pembelajaran kooperatif tipe STAD cukup efektif untuk mengurangi kesalahan siswa kelas VIDA MTs. Baitul Arqom Balung dalam menyelesaikan soal-soal persamaan garis lunis tahun ajaran 2010/2011.en_US
dc.description.sponsorshipDosen Pembimbing Utama : Drs. Toto Bara Setiawan, M.Si Dosen Pembimbing Anggota : Drs. Suharto, M.Kesen_US
dc.publisherFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectMATEMATIKAen_US
dc.titleMengurangi Kesalahan Menyelesaikan Soal-Soal Persamaan Garis Lurus Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad pada Siswa Kelas VIIIA MTs. Baitul Arqoom Balung Tahun Ajaran 2010/2011en_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.prodiPendidikan Matematikaen_US
dc.identifier.pembimbing1Drs. Toto Bara Setiawan, M.Sien_US
dc.identifier.pembimbing2Drs. Suharto, M.Kesen_US
dc.identifier.validatorTaufiken_US
dc.identifier.finalizationTaufiken_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record