dc.contributor.author | HARIYANTO, Nanang Dwi | |
dc.date.accessioned | 2023-04-13T06:59:09Z | |
dc.date.available | 2023-04-13T06:59:09Z | |
dc.date.issued | 2010-03-20 | |
dc.identifier.nim | 040210101127 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/115327 | |
dc.description.abstract | Pembelajaran berbasis proyek adalah pendekatan yang memperkenankan
siswa untuk bekeija secara mandiri maupun kelompok dalam mengkonstruksi
(membentuk) pembelajarannya, dan mengkulminasikannya dalam produk nyata.
Siswa diberikan tugas yang kompleks, lengkap, tetapi realistik/autentik dan kemudian
diberikan bantuan secukupnya agar mereka dapat menyelesaikan tugas mereka
(bukan diajar sedikit demi sedikit komponen-komponen suatu tugas kompleks yang
pada suatu hari diharapkan akan terwujud menjadi suatu kemampuan untuk
menyelesaikan tugas kompleks tersebut). Prinsip ini digunakan untuk menunjang
pemberian tugas kompleks di kelas seperti proyek, simulasi, penyelidikan
masyarakat, menulis untuk disajikan kepada forum pendengar yang sesungguhnya,
dan tugas-tugas autentik lainnya. Istilah situated learning digunakan untuk
menggambarkan pembelajaran yang teijadi di dalam kehidupan nyata, tugas-tugas
otentik/asli atau yang sebenarnya
Pengambilan data dimulai pada hari Rabu tanggal 28 Mei 2009 di SMPN 1
Siliragung Banyuwangi dengan subyek penelitian siswa kelas VIII E tahun ajaran
2008/2009. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK).
Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, metode
wawancara, metode tes.
Fase-fase Pembelajaran berbasis Proyek dapat terlaksana dengan baik. Selama
pembelajaran berlangsung siswa berpartisipasi dalam kegiatan belajar mengajar,
seperti bertanya dalam diskusi, menjawab pertanyaan guru, menjawab pertanyaan
siswa lain selama diskusi, dan bekeija kelompok. Pada waktu investigasi terhadap
proyek, siswa sangat antusias dan bersemangat dalam pembelajaran ini. | en_US |
dc.description.sponsorship | Drs. Toto' Bara Setiawan, MSi
Drs. Soeharto, MKes | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | MATEMATIKA | en_US |
dc.subject | HASIL BELAJAR | en_US |
dc.title | Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa pada Sub Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar pada Siswa Kelas VII1E Semester II SMPN I Siliragung Tahun Ajaran 2008/2009 | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Pendidikan Matematika | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Drs. Soeharto, MKes | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Drs. Toto' Bara Setiawan, M.Si | en_US |
dc.identifier.validator | taufik | en_US |
dc.identifier.finalization | taufik | en_US |