dc.contributor.author | HASANAH, Miftahul | |
dc.date.accessioned | 2023-04-13T06:33:30Z | |
dc.date.available | 2023-04-13T06:33:30Z | |
dc.date.issued | 2022-11-03 | |
dc.identifier.nim | 180210104078 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/115290 | |
dc.description | Finalisasi repositori 13 April 2023_Kurnadi | en_US |
dc.description.abstract | Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) merupakan serangkian kajian ilmu yang
mepelajari fenomena yang memuat fakta , konsep, serta hukum yang telah di uji
keasliannya. Pembelajaran IPA memberikan kesempatan kepada peserta didik
untuk menyusun konsepnya sendiri, dalam proses penyusunan konsep
memberikan pengalaman mengekplorasi alam secara ilmiah. Ilmu pengetahuan
berkembang pesat pada abad 21. Abad 21 telah memasuki era society 5.0 dengan
pengetahuan menjadi elemen utamanya. Berbekal pengetahuan saja tidak cukup
untuk mencapai era society 5.0. Diperlukan keselarasan antara pengetahuan dan
keterampilan melalui pembiasaan dalam pembelajaran untuk memperoleh
sumber daya manusia yang unggul serta berkualitas.
Keterampilan harus dimiliki oleh siswa untuk mengimbangi kemajuan
teknologi yang pesat serta menuntut peserta didik untuk beradaptasi serta
mengikuti perubahan yang ada. Peningkatan keterampilan argumentasi ilmiah
dapat didukung dengan penggunaan salah satu model pembelajaran. Model
pembelajaran tersebut memiliki latar belakang masalah yakni dengan ProblemBased Learning. Masalah nyata menjadi awal pembelajaran Problem-Based
Learning, sehingga memotivasi siswa dalam menghimpun informasi dan data
untuk proses pemecahan masalah. Premis ini sangat sejalan dengan bidang
argumentasi ilmiah, disertai dengan masalah kontroversial dalam memecahkan
masalah yang perlu dipelajari.
Model pembelajaran ini memiliki beberapa tahapan atau sintaks dalam
proses memecahkan masalah yang menjadi persoalan, dalam sintak masiv ini
siswa ditunjuk untuk memilih klaim yang menurut peserta didik benar dilanjutkan
dengan mencari data yang, dimana data berupa bukti atau fakta spesifik untuk mendukung klaim tersebut sehingga klaim yang dikemukakan lebih kuat. Siswa
dilanjutkan untuk membuat alasan untuk membenarkan suatu fakta dengan
pengetahuan terkait keterhubungan antara klaim dengan data yang dipaparkan.
Penelitian ini bermaksud untuk menguji cobakan sebuah model
pembelajaran yang berpadu dengan isu yang kontroversi untuk melihat
pengaruhnya terhadap keterampilan argumentasi ilmiah siswa SMP. Pendekatan
penelitian menggunakan penelitian kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan
ialah quasi experiment. Tempat pelaksanaan penelitian di SMP Negeri 7 Jember.
Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII A dan VII F yang merupakan kelas
kontrol dan kelas eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah Post-test
Only Control Design. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data
berupa soal posttest yang dilaksanakan pada akhir pembelajaran. Metode analisis
kemampuan argumentasi ilmiah menggunakan uji normalitas dan uji independent
sample t-test dengan bantuan SPSS 22.
Data yang diperoleh adalah nilai post-test kemampuan argumentasi ilmiah
siswa. Nilai rata-rata keterampilan argumentasi ilmiah siswa kelas eksperimen
sebesar 79.94, sedangkan nilai rata-rata keterampilan argumentasi ilmiah siswa
kelas kontrol sebesar 62.82. Hasil dari analisis menggunakan uji normalitas
diperoleh nilai signifikasi Sign. (2-tailed) pada tabel yaitu 0,111 sehingga data
dapat dikatakan terdistribusi normal. Hasil uji Indepensent Sample t-Test nilai
signifikasi Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 sehingga 0,000 < 0,05. H0 ditolak yang
artinya nilai rata- rata argumentasi ilmiah siswa kelas kontrol dan kelas
eksperimen tidak sama, dan Ha diterima yang artinya nilai rata- rata argumentasi
ilmiah siswa kelas kontrol dan kelas eksperimen memiliki perbedaan. Kesimpulan
yang dapat diambil yaitu penggunaan problem-based learning berbasis
controversial issues pada pembelajaran IPA berpengaruh signifikansi terhadap
keterampilan argumentasi ilmiah siswa SMP. | en_US |
dc.description.sponsorship | Dosen Pembimbing Utama Dr. Supeno, S.Pd., M.Si.
Dosen Pembimbing Anggota Ulin Nuha, S.Pd., M.Pd.
:
: | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan | en_US |
dc.subject | PROBLEM-BASED LEARNING | en_US |
dc.subject | CONTROVERSIAL ISSUES | en_US |
dc.subject | KETERAMPILAN ARGUMENTASI | en_US |
dc.title | Pengaruh Model Problem-Based Learning Berbasis Controversial Issues Pada Pembelajaran IPA Terhadap Keterampilan Argumentasi Ilmiah Siswa SMP | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.prodi | Pendidikan IPA | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Dr. Supeno, S.Pd., M.Si. | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Ulin Nuha, S.Pd., M.Pd. | en_US |
dc.identifier.validator | Kacung-12 Januari 2023 | en_US |