dc.contributor.author | FITROH, Ima | |
dc.date.accessioned | 2023-04-13T02:35:39Z | |
dc.date.available | 2023-04-13T02:35:39Z | |
dc.date.issued | 2021-04-13 | |
dc.identifier.nim | 170210102086 | en_US |
dc.identifier.uri | https://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/115208 | |
dc.description.abstract | Salah satu landasan dikembangkannya kurikulum 2013 adalah menciptakan
peserta didik agar memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi sehingga dapat
mendorong proses berpikir peserta didik dalam pemecahan masalah. Berdasarkan
hasil PISA yang diperoleh Indonesia pada tahun 2018 mengalami penurunan
dibandingkan dengan hasil PISA tahun 2015 serta hasil UN tahun 2018
menunjukkan bahwa kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik masih
rendah. Salah satu bagian yang terpenting dalam pembelajaran fisika adalah
menyelesaikan soal. Sedangkan dalam menyelesaikan soal-soal fisika diperlukan
kemampuan berpikir yang lebih tinggi. Soal HOTS dapat digunakan untuk
mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi dalam memecahkan masalah berbasis
kontekstual. Oleh karena itu, perlunya mengembangkan instrumen tes higher order
thinking skill (hots) untuk mengukur kemampuan menyelesaikan soal-soal fisika.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kevalidan, reliabilitas, analisis
butir soal tes higher order thinking skill (hots) dan menganalisis kemampuan siswa
dalam menyelesaikan soal-soal fisika pada materi suhu dan kalor. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.publisher | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember | en_US |
dc.subject | Higher Order Thinking Skill | en_US |
dc.title | Pengembangan Instrumen Tes Higher Order Thinking Skill (Hots) Untuk Mengukur Kemampuan Menyelesaikan Soal-Soal Fisika Pada Materi Suhu dan Kalor | en_US |
dc.type | Skripsi | en_US |
dc.identifier.pembimbing1 | Maryani | en_US |
dc.identifier.pembimbing2 | Trapsilo Prihandono | en_US |
dc.identifier.validator | taufik | en_US |
dc.identifier.finalization | taufik | en_US |